3 Produk Untuk Cegah Jerawat Meradang, Dijamin Mulus!


  • 3 Produk Untuk Cegah Jerawat Meradang, Dijamin Mulus!
    (Penyebab & Produk Untuk Mengatasi Jerawat Meradang. Foto: Dok. GMint/iStock)

    Siapa di antara kamu yang tidak tampil percaya diri dengan jerawat meradang? Memang munculnya jerawat meradang di kulit wajah sangat mengganggu penampilan. Well, masalah kulit satu ini sebenarnya cukup umum terjadi, khususnya pada remaja.




    Selain akibat pori-pori yang tersumbat, jerawat meradang juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dalam kulit. Beberapa tanda yang menunjukkan kamu memiliki jerawat meradang adalah, kemerahan, nyeri, gatal, dan juga pembengkakan. Lantas, apa penyebab jerawat meradang dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak baik-baik.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dan Gatal)


    Penyebab Jerawat Meradang

    Jerawat Meradang

    (Beberapa Penyebab Munculnya Jerawat Meradang. Foto: Dok. Aleksandr Rybalko/iStock)

    Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit wajah juga melepaskan sel-sel kulit mati setiap harinya. Biasanya, sel-sel kulit mati hinggap di permukaan kulit melalui pori-pori, kemudian akan rontok dengan sendirinya.


    Namun, proses ini berjalan lebih cepat pada orang yang mudah berjerawat. Akibatnya, sel-sel kulit mati akan menumpuk di pori-pori dan menghalangi jalan keluar. Kondisi ini diperparah karena ketika sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori, sel-sel tersebut akan bercampur dengan minyak alami kulit dan menyebabkan penyumbantan pada pori-pori.


    Minyak alami dan sel-sel kulit mati akan terus menumpuk, khususnya pada kamu yang memiliki jerawat meradang. Akibatnya, pori-pori akan kekurangan oksigen dan dapat memicu pertumbuhan bakteri yang disebut Propionibacterium acnes. Bakteri inilah yang menyebabkan peradangan jerawat.


    Propionibacterium acnes bersama dengan penumpukan minyak alami wajah dan sel-sel kulit mati menembus hingga ke permukaan kulit. Sementara, sistem kekebalan tubuh melawan bakteri tersebut dan mengakibatkan peradangan.


    (Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah)


    Cara Mengatasi Jerawat Meradang

    Jerawat Meradang

    (Jaga Kebersihan Wajah Untuk Cegah Jerawat Meradang. Foto: Dok. LightFieldStudios/iStock)

    Untuk mengatasi jerawat meradang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan rutin melakukan beberapa cara berikut ini, kamu dapat mencegah munculnya jerawat meradang di wajah.

    - Mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare

    - Jangan biasakan memencet jerawat karena dapat menyebabkan infeksi

    - Jangan menggunakan pasta gigi pada jerawat

    - Sebelum beraktivitas, wajib menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

    - Gunakanlah produk makeup bebas minyak supaya pori-pori tidak tersumbat

    - Bersihkan wajah dan makeup dengan baik sebelum tidur


    Rekomendasi Produk Untuk Mencegah Jerawat Meradang

    Jerawat Meradang

    (Produk Yang Ampuh Atasi Jerawat Meradang. Foto: Dok. paulynn/iStock)

    Selain rutin melakukan beberapa cara di atas, kamu dapat menggunakan beberapa produk yang dirancang khusus untuk mengatasi jerawat meradang. Penasaran apa saja? Tenang, sebab kali ini Her World sudah merangkumnya untuk kamu.


    1. Retinoid

    Retinoid telah digunakan sebagai obat untuk semua masalah kulit sejak tahun 1971. Produk ini mampu membuka pori-pori, supaya rangkain skincare dan obat jerawat lain yang kamu punya dapat meresap dengan sempurna. Retinoid juga membantu mencegah munculnya jerawat dan penyumbatan pori-pori. Tak hanya itu, penggunaan retinoid juga mencegah pembentukan bekas jerawat.


    Retinoid biasanya dijual dalam bentuk gel, krim, atau salep, sesuai dengan resep dokter. Satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan retinoid adalah kuit kamu akan mengalami kemerahan, pengelupasan kulit, atau jerawat yang semakin parah pada saat pertama kali kamu menggunakannya. Namun tenang saja, kamu dapat meminimalisir efek samping itu dengan mencampurnya dengan pelembap dan membiarkan kulit kamu terbiasa dengan retinoid.


    2. Tea Tree Oil

    Jerawat Meradang

    (Tea Tree Oil Mengandung Antiperadangan & Antimikroba. Foto: Dok. Anna Solovei/iStock)

    Tea tree oil sudah cukup populer karena memiliki kandungan antiperadangan dan antimikrobanya yang mampu mengobati jerawat meradang. Dengan dua kandungan tersebut, tea tree oil dapat menenangkan kemerahan, pembengkakan, serta peradangan yang terjadi pada jerawat.


    Tea tree oil juga membantu mengontrol produksi minyak, menghilangkan bakteri, dan mengurangi tumbuhnya bekas jerawat. Jadi, untuk kamu yang mengingkan kulit bersih dan glowing, tea tree oil adalah solusi untuk kamu. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tetap harus berhati-hati ya, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.


    3. Bakuchiol

    Bakuchiol adalah salah satu alternatif selain retinoid, untuk membantu mengatasi jerawat meradang. Bakuchiol dibuat dari ekstrak biji dan daun dari tumbuhan yang disebut babchi.


    Sama seperti retinoid, produk ini memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan. Berasal dari senyawa tumbuhan, bakuchiol lebih aman dibandingkan retinoid, khususnya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif maupun ibu hamil dan menyusui.


    (Baca Juga: 10 Skincare Lokal Untuk Kulit Berjerawat, Bikin Glowing!)


    Nah, itu dia penyebab jerawat meradang dan beberapa produk yang bisa bantu kamu mencegah munculnya jerawat meradang. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below