5 Tips Mengelola Keuangan Dengan Efektif, Penasaran?


  • 5 Tips Mengelola Keuangan Dengan Efektif, Penasaran?
    Tips mengelola uang untuk kamu coba. (Foto: Dok. Dephumi/123RF)

    Uang jadi hal yang esensial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semakin dewasa, tentu kebutuhanmu juga semakin banyak (dan tak bisa dipungkiri ada yang menguras kantong). Mungkin dari beberapa produk skincare yang kamu beli tiga bulan sekali atau membeli kebutuhan sehari-hari, kamu juga sedang merencanakan perjalanan keliling dunia di hari ulang tahun nanti bersama orang tersayang.


    Jadi pengelolaan keuangan yang baik dan efektif pun harus kamu lakukan sehingga kebutuhanmu bisa terpenuhi selagi bisa memastikan keinginanmu juga bisa kamu miliki. Dengan aset kekayaan yang kamu miliki, penting untuk temukan cara mengelola keuanganmu dengan efektif dan Her World sudah merangkum caranya untukmu.




    (Baca Juga: Ini 6 Cara Menabung Saham Yang Mudah Dipahami)




    1. Dedikasikan satu akun untuk jadi tabunganmu


     BRI, Bank BRI, Investasi BRI, BRI Prioritas

    (Satu akun khusus untuk menabung. Foto: Dok. Wiphop Sathawirawong/iStock)


    Tak ada salahnya membuka satu akun baru dan mendedikasikannya khusus sebagai tempatmu menabung. Jauhkan akun tersebut dari layanan mobile banking dan berbagai virtual account lainnya sehingga akun itu tak punya tugas lain selain menyimpan semua uang yang kamu sisihkan dengan aman. Lalu, setelah itu, secara rutin setiap bulan, menabung sesuai dengan pendapatan dan pengeluaranmu.


    2. Rencanakan keuanganmu


     BRI, Bank BRI, Investasi BRI, BRI Prioritas

    (Kartu kredit BRI Prioritas. Foto: Dok. BRI)


    Mungkin motivasimu untuk menabung akan semakin kuat ketika kamu punya rencana ke depannya. Mulai dari kebutuhan apa saja yang kamu rasa penting, lalu bagaimana mengelola danamu sehingga proses menabungmu bisa lebih cepat dan efektif untuk bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.


    Jika kamu bingung untuk membuat perencanaan keuangan, layanan eksklusif seperti BRI Prioritas bisa jadi untuk berkonsultasi tentang perencanaan keuangan yang bisa bantu kamu dalam mengembangkan, melindungi, dan meneruskan dana serta kekayaan yang kamu miliki.


    3. Atur pengeluaranmu dengan membuat daftar belanja


     BRI, Investasi BRI, BRI Prioritas

    (Daftar belanjaan dibuat biar tak kalap. Foto: Dok. ipopba/123RF)


    Tak jarang semakin banyak yang ingin kamu tabung, semakin banyak juga godaanmu untuk membeli. Entah tas baru dengan model yang kamu inginkan hingga satu set perhiasan yang membuatmu ingin memilikinya, tanpa sadar tabunganmu mulai terancam. Mungkin akan lebih efektif, baik dalam waktu maupun keuangan, saat kamu bisa mengatur pengeluaranmu, salah satunya dengan membuat daftar belanjaan.


    Dengan membuat daftar belanjaan, kamu lebih mudah untuk fokus pada apa yang butuh dan harus dibeli, serta jauh dari rasa impulsif dalam membeli barang yang hanya mengundang rasa penasaran tapi jauh dari kebutuhan.


    4. Manfaatkan diskon


    Memang saat menabung dengan cepat dan efektif harus sedikit memperketat pengeluaranmu. Namun, bukan berarti kamu tak boleh relaksasi atau merayakan prestasi di pekerjaanmu, jadi manfaatkan diskon selagi ditawarkan padamu. Mulai dari makan di restoran favorit hingga staycation dengan memaksimalkan fasilitas hotel, manfaatkan penawaran diskon.


    Contoh dengan kartu Debit BRI Prioritas, kamu bisa mendapatkan ragam penawaran menarik dari restoran-restoran seperti Salad Stop dan Yongdaeri, serta berbagai penawaran menarik untuk kamu staycation di hotel-hotel seperti Alila SCBD Jakarta, Four Seasons Hotel Jakarta, dan Intercontinental Jakarta Pondok Indah.


    5. Investasi


    Kamu bisa coba lakukan investasi untuk bisa mendapatkan pemasukan tambahan sehingga pengelolaan danamu akan jadi lebih baik. Selain bisa mengamankan kondisi finansialmu di masa depan, investasi pun bisa membantu lawan inflasi. Namun, kamu tetap harus memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kapasitas dan kebutuhanmu.


    Dalam hal ini, BRI menyediakan berbagai produk investasi bagi nasabah prioritasnya. Mulai dari Reksa Dana, Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Saving Bonds Ritel (SBR), serta berbagai produk lainnya. Jadi, kamu pun bisa memilih produk investasi yang tepat dan cocok untukmu.


    (Baca Juga: Bahagia Tanpa Kuras Kantong, 6 Tips Menabung Untuk Menikah)


    Itulah beberapa tips mengelola keuangan yang efektif untuk kamu coba. Jika kamu tertarik untuk mengetahui berbagai cara untuk mengelola kekayaanmu, BRI bisa jadi solusi yang kamu butuhkan. Tak sulit untuk mendaftar dan jadi nasabah BRI Prioritas. Tentu dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti dokumen diri berupa KTP (bagi Warga Negara Indonesia), serta Paspor/KITAS (bagi Warga Negara Asing).


    Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi kartu seharga 20 ribu rupiah setiap bulan dan wajib membuka Tabungan BRI BritAma dengan minimal saldo lima juta rupiah. Plus, total dana kelolaan harus mencapai minimal 500 juta rupiah yang meliputi produk simpanan BRI (Tabungan, Giro & Deposito), Investasi BRI, dan Bancassurance BRI.


    Dengan menjadi nasabah BRI Prioritas, kamu akan didampingi oleh Priority Banking Officer yang tersertifikasi dan berpengalaman yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan, melindungi, dan meneruskan dana serta kekayaan yang kamu miliki.


    Untuk informasi lebih lengkap atau ingin mendaftar, kamu cukup datang ke Kantor Cabang BRI, menghubungi BRI Premium Call Center (021) 5758899 / 0800 1017 017, atau mengakses laman resmi BRI di sini. Semoga bermanfaat!



    Tags: bri, bri prioritas



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below