Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dan Gatal


  • Cara Mengatasi Jerawat Meradang Dan Gatal
    Cara mengatasi wajah yang meradang dan gatal untuk membuat keseharianmu semakin nyaman dan percaya diri. (Foto: Dok. /freepik)

    Jerawat meradang membuatmu tidak percaya diri? Jerawat yang meradang tentunya membuat penampilan kamu terganggu. Dilansir dari beberapa sumber, biasanya jerawat yang meradang terdiri dari pembengkakan, kemerahan hingga pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, minyak dan sel kulit mati.


    Perlu kamu ketahui bahwa bakteri atau dapat disebut Propionibacterium Acnes juga dapat menyebabkan peradangan jerawat. Jerawat non-inflamasi atau disebut komedonal, lebih dekat ke permukaan kulit dan tidak memiliki basis bakteri. Tak hanya di wajah, jerawat yang meradang dan gatal juga dapat timbul di bagian area leher, dada, bahu, punggung hingga lengan bagian atas.




    Namun, jerawat yang meradang juga dapat menimbulkan rasa gatal yang luar biasa sehingga bisa membuatmu semakin tidak merasa nyaman. Oleh karena itu, kamu perlu mengatasi jerawat meradang hingga gatal dengan berbagai macam cara yang ampuh untuk menghilangkannya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat yang meradang dan gatal. 


    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)

    Hindari Menyentuh atau Memencet Jerawat

    (Cara mengatasi jerawat yang meradang dan gatal, kamu tidak boleh menyentuh atau memencet jerawat pada wajahmu. Foto: Dok. /Freepik)

    Cara mengatasi jerawat yang meradang dan gatal, kamu tidak boleh menyentuh atau memencet jerawat pada wajahmu. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan risiko kerusakan pada kulit wajahmu. Jika kamu terus memencet jerawatmu. Maka, wajahmu akan timbul bekas jerawat yang sulit dihilangkan.


    Lindungi Wajahmu dari Paparan Sinar Matahari

    Tak heran jika kulit wajahmu terasa gatal dan terus timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajahmu semakin sensitif. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan tabir surya agar kulit wajahmu semakin terlindungi.


    (Baca Juga: Benarkah Air Mawar Mampu Mengobati Jerawat?)


    Menggunakan Produk Kulit Anti Jamur

    Jerawat yang gatal pada tubuhmu juga dapat disebabkan oleh fungal acne. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan sampo anti ketombe karena jika kamu sering menggunakan sampo tersebut. Maka, jerawat pada tubuhmu dapat cepat hilang dan juga meringankan rasa gatal.


    Yogurt dan Oatmeal

    (Kamu bisa menenangkan rasa gatal akibat jerawat yang meradang secara alami dengan menggunakan yogurt dan oatmeal. Foto: Dok. /Freepik)

    Kamu bisa menenangkan rasa gatal akibat jerawat yang meradang secara alami dengan menggunakan yogurt. Selain yogurt, oatmeal juga bisa menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Kamu bisa menggunakan yogurt dan oatmeal dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan dioleskan ke area wajah yang berjerawat selama 20 hingga 30 menit karena akan memberikan sensasi dingin pada wajahmu.


    Menggunakan Aloe Vera

    Lidah buaya sering digunakan untuk produk kecantikan sehingga lidah buaya cocok untuk kamu gunakan sebagai penghilang jerawat dan gatal. Kamu dapat mengaplikasikan lidah buaya ke area jerawat. Lidah buaya juga memberikan sensasi cooling untuk meredakan jerawat yang gatal. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan lidah buaya atau aloe vera secara online.


    Maka dari itu, kamu perlu mengatasi wajahmu dari berbagai cara di atas agar jerawat yang meradang dan gatal pada kulitmu bisa langsung menghilang.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below