Bye Kulit Kusam, Ketahui 5 Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi


  • Bye Kulit Kusam, Ketahui 5 Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi
    (Kenali 5 Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi. Foto: Dok. SunnyVMD/iStock)

    Kulit tampak kusam meski sudah rajin menggunakan skincare? Itulah tanda wajah butuh eksfoliasi. Kulit kamu membutuhkan regenerasi sekitar 28-48 hari. Setiap kali kulit meregenerasi, akan ada sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulitmu. Seiring berjalannya waktu, sel kulit mati yang tertinggal akan bercampur dengan minyak alami, makeup, dan sunscreen.




    Ketika sudah terlalu banyak sel kulit mati yang hinggap di wajah, akan ada berbagai tanda wajah butuh eksfoliasi. Nah, sebelum melakukan eksfoliasi, mari kenali lima tanda wajah butuh eksfoliasi berikut ini.


    (Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Wajah Dengan Benar)


    1. Kulit tampak kusam

    Tanda wajah butuh eksfoliasi yang pertama adalah kulitmu akan tampak kusam. Kulit yang sehat adalah kulit yang glowing dan mulus. Lain halnya dengan kulit yang belum dieksfoliasi, kulitmu akan terlihat kusam.


    Ketika kamu merasa kulit kamu tidak glowing, itu adalah tanda kamu membutuhkan kulit yang lebih halus. Kamu bisa menggunakan eksfoliasi fisik maupun kimiawi, sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Setelah eksfoliasi, dijamin kulitmu akan terlihat lebih glowing dan mulus.


    2. Pori-pori tersumbat

    Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi

    (Segera Bersihkan Pori-pori Yang Tersumbat. Foto: Dok. mi-viri/iStock)

    Tahukah kamu bahwa mencuci wajah dengan sabun saja tidak cukup? Kamu membutuhkan usaha ekstra untuk menghempaskan semua kotoran dan minyak di kulitmu, dengan eksfoliasi. Ketika kamu merasa kulit kamu sangat berminyak dan makeup-mu terasa tidak mulus, ini adalah tanda wajah butuh eksfoliasi. Eksfoliasi mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam.


    3. Produk skincare tidak menyerap

    Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi

    (Skincare Terserap Maksimal Dengan Eksfoliasi. Foto: Dok. Jovana Stojanovic/iStock)

    Mungkin kamu pernah merasa skincare-mu tidak menyerap dan hanya menempel saja pada lapisan kulit terluar. Nah, ini dia tanda wajah butuh eksfoliasi berikutnya. Ketika sel-sel kulit mati sudah terangkat dengan eksfoliasi, kulit akan mampu menyerap skincare-mu dan kamu akan memperoleh manfaat skincare dengan lebih maksimal.


    4. Tekstur kulit kasar dan beruntusan

    Tanda Wajah Butuh Eksfoliasi

    (Dapatkan Kulit Wajah Lembut Dengan Menggunakan Toner. Foto: Dok. PORNCHAI SODA/iStock)

    Kulit wajah yang kasar dan tidak rata juga merupakan salah satu tanda wajah butuh eksfoliasi. Eksfoliasi membantu membersihkan wajah dari minyak dan kulit mati yang menumpuk di kulitmu.


    Kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang lembut, seperti toner dengan kandungan AHA/BHA. Kandugan AHA pada produk eksfoliasi membantu menyamarkan kerutan di kulit. Sedangkan BHA berfungsi untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.


    5. Noda bekas jerawat tidak hilang

    Muncul noda bekas jerawat yang tidak hilang-hilang? Itu adalah sinyal yang diberikan oleh wajah untuk segera melakukan eksfoliasi. Ketika kamu rutin melakukan eksfoliasi, maka dijamin wajamu akan terbebas dari bekas jerawat dan kulit wajahmu akan lebih cerah.


    (Baca Juga: Eksfoliasi Wajah Alami Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah)


    Nah, itulah beberapa tanda wajah butuh eksfoliasi yang wajib kamu tahu. Sedikit tips, gunakanlah produk eksfoliasi yang cocok untuk kulitmu, supaya kulit terhindar dari iritasi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below