Eksfoliasi Wajah Alami Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah


  • Eksfoliasi Wajah Alami Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah
    (Eksfoliasi wajah alami. Foto: Dok.Bogdan Kurylo/iStock)

    Memiliki wajah yang bersih dan cerah adalah dambaan bagi setiap orang. Jika kamu menginginkan hal tersebut, salah satu langkah perawatan kulit yang bisa dicoba adalah eksfoliasi. Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.


    Eksfoliasi wajah perlu dilakukan secara rutin agar wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Kamu tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan eksfoliasi wajah, sebab eksfoliasi wajah alami bisa dilakukan dengan bahan yang ada di rumah. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk eksfoliasi wajah. 




    1. Minyak Zaitun dan Gula Pasir 

    eksfoliasi wajah alami

    (Campuran dari minyak zaitun dan gula pasir dapat dijadikan sebagai eksfoliasi wajah alami. Foto: Dok.joannawnuk/iStock)

    Eksfoliasi alami yang pertama yakni dengan campuran bahan gula pasir dan minyak zaitun. Keduanya dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. 


    Kamu cukup menyiapkan setengah cangkir gula pasir yang ditambah dengan dua sendok teh minyak zaitun. Kemudian campur kedua bahan tersebut dan aduk sampai merata. Jika sudah, oleskan pada wajah dan pijat secara lembut agar kedua bahan tersebut bisa mengangkat sel kulit mati yang ada pada wajah. 


    Namun kamu disarankan agar melakukannya secara hati-hati sebab butiran gula yang kasar dapat melukai kulit wajahmu. 


    2. Madu dan Oatmeal

    eksfoliasi wajah alami

    (Madu dan oatmeal dapat dijadikan sebagai eksfoliasi wajah alami. Foto: Dok.Anna-Ok/iStock)


    Selain untuk dikonsumsi, madu dan oatmeal juga berfungsi sebagai eksfoliasi wajah alami. Sebab menurut beberapa penelitian, manfaat madu untuk kulit berasal dari zat antibakteri dan zat antiradang yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Tak hanya itu, madu juga berperan untuk mengeksfoliasi sekaligus melembapkan kulit secara alami. Sedangkan, manfaat oatmeal berasal dari senyawa fenol yang berperan sebagai antioksidan. Oatmeal juga mengandung senyawa antiradang untuk menenangkan kulit.  


    Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggiling oatmeal hingga lembut, kemudian hangatkan madu selama beberapa saat. Campurkan oat dan madu dalam sebuah wadah, aduk hingga rata. Jika sudah, oleskan masker oatmeal dan madu pada wajah yang sudah dibersihkan sambil memijat wajah selama 60 detik. Lalu, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. 


    (Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


    3. Brown sugar, minyak kelapa, dan lemon

    eksfoliasi wajah alami
    (Brown sugar, minyak kelapa, dan lemon bisa bermanfaat untuk eksfoliasi wajah alami. Foto: [email protected]/Instagram)


    Jika ada brown sugar, minyak kelapa, dan lemon maka kamu bisa membuat eksfoliasi alami sendiri di rumah. Butiran brown sugar cenderung lebih halus daripada gula pasir. Gula pasir memiliki tekstur yang lebih kasar di kulit wajah sehingga dianggap rentan menyebabkan kulit merah, iritasi, hingga luka bila digunakan sebagai scrub alami. Maka dari itu, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan brown sugar. Selain brown sugar, kamu juga memerlukan buah lemon yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah.


    Sedangkan, manfaat minyak kelapa dapat membantu menutrisi kulit sekaligus memperbaiki fungsi lapisan kulit berkat kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya. Kamu juga bisa mengganti minyak kelapa dengan minyak jojoba atau minyak almond untuk memperoleh manfaat yang sama.  


    Cara membuat scrub ini yaitu, campurkan minyak kelapa dan air perasan lemon dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan brown sugar,aduk hingga rata sampai teksturnya mengental. Lalu oleskan scrub wajah alami ini pada wajah yang sudah dibersihkan sambil memijatnya dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu, gunakan kain waslap basah untuk menghilangkan sisa-sisa scrub. Setelah menggunakan scrub ini, kamu bisa mengoleskan pelembap agar menjaga kelembapan wajah. 


    4. Lidah Buaya dan Oatmeal

    eksfoliasi wajah alami

    (Eksfoliasi wajah alami bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya dan oatmeal. Foto: Dok.svehlik/iStock)


    Selain madu, oatmeal juga dapat dikombinasikan dengan lidah buaya sebagai eksfoliasi alami. Lidah buaya atau juga dikenal dengan aloe vera merupakan bahan scrub alami yang ampuh membersihkan pori-pori pada wajah.


    Cara membuatnya yakni campurkan dua sendok makan oatmeal dan dua sendok makan daging atau gel lidah buaya. Aduk sampai merata. Kemudian oleskan ke wajah dan pijat secara perlahan kemudian diamkan sampai 15 menit, setelah itu bilas sampai bersih.


    (Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit)


    5. Kopi dan Brown sugar

    eksfoliasi wajah alami

    (Kopi dan brown sugar menjadi bahan yang mudah ditemukan sebagai eksfoliasi wajah alami. Foto: Dok.Leisan Rakhimova/iStock)


    Kamu bisa menggunakan bubuk kopi sebagai bahan pengelupas yang bagus. Ampasnya yang tidak larut dalam air, sehingga ampuh dalam menggosok sel kulit mati. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa zat dalam kopi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Asam caffeic dan antioksidan dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang juga membantu melindungi wajah dari kuman. 


    Cara membuat eksfoliasi wajah alami dari kopi yaitu, campurkan seperempat cangkir bubuk kopi segar dengan seperempat cangkir brown sugar, dan sari lemon secukupnya untuk konsistensi yang diinginkan. Kemudian gosok campuran tersebut ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Biarkan scrub menempel di kulit selama beberapa menit, lalu bilas. Lalukan langkah tersebut beberapa kali dalam seminggu agar mendapat hasil maksimal. 


    Itulah eksfoliasi wajah alami dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Eksfoliasi alami bisa kamu lakukan selama satu sampai dua kali setiap minggu. Sebab, jika kamu melakukan eksfoliasi berlebihan justru akan membuat minyak alami pada wajah hilang. Ketika wajah kehilangan minyak alaminya, jerawat mungkin saja timbul dan menyebabkan kulit teriritasi. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below