Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram


  • Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram
    Kacamata yang buram bisa menganggu penglihatan. (Foto: Dok. Anna Khomutova/Pexels)

    Kita yang mempunyai kondisi kekurangan mata minus membutuhkan kacamata untuk melihat dengan baik. Meski kita bisa memilih memakai soft lens, kebanyakan orang tetap lebih memilih kacamata. Alasannya bisa karena takut untuk memasang soft lens langsung ke mata, tidak nyaman, ataupun malas dan tidak bisa menjaga soft lens tetap bersih. 


    Kacamata pun bisa menjadi kotor, atau buram jika kita tidak merawatnya. Tentu kacamata yang buram juga membuat kita tidak nyaman karena tidak bening dan bernoda. Kita bisa mengetahui cara membersihkan kacamata yang buram melalui cara di bawah ini. Ingatlah kita tidak boleh asal saat membersihkan kacamata dan harus berhati-hati.




    1. Menggunakan kain lembut

    Saat kita membeli kacamata, pasti sudah termasuk kain pembersih juga. Kain ini adalah kain khusus untuk permukaan lensa kacamata, karena memang jenis kaca bermacam-macam. Kain ini juga disebut microfiber khusus untuk kacamata. Gunakan kain ini untuk membersihkan kacamata buram kita. Jika kain tersebut hilang dan tidak bisa kita gunakan, gunakan kain lembut yang lain seperti katun.

    Kita harus menghindari penggunaan tekstil yang kasar untuk kacamata. Tisu pasti sering digunakan jika tidak ada kain pembersih, tapi kita lebih baik menghindarinya karena akan menyebabkan goresan halus nantinya pada kacamata. Ingatlah selalu juga untuk menggunakan kain yang bersih, tapi bukan yang dicuci dengan pelembut pakaian karena bisa meninggalkan noda pada lensa itu.


    cara membersihkan kacamata yang buram

    (Kain lembut khusus lensa kacamata. Foto: Dok. Charday Penn/iStock)


    2. Menggunakan cairan khusus pembersih lensa

    Cairan ini memang khusus untuk kacamata karena dibuat agar tidak merusak lensa kacamata kita. Cairan khusus ini biasanya dijual di botol semprot agar kita mudah membersihkannya. Caranya ktia hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut secukupnya, lalu dilanjutkan dengan menggosoknya menggunakan kain lembut yang khusus juga sampai kacamata kita tidak buram dan kembali bersih.


    (Baca Juga: 10 Fakta Tentang Mata dan Kesehatan)


    3. Menggunakan alternatif sabun

    Cairan khusus pembersih lensa tidak otomatis kita dapatkan saat membeli kacamata karena barang tersebut dijual terspisah. Tapi, kita bisa menggunakan alternatif sabun yang kita bikin sendiri. Cairan pembersih itu bisa dibuat dari sabun cuci piring yang dicampur dengan air hangat. Kita gunakan hanya satu sendok sabun cuci piring dan dicampur. Oleskan cairan sabun tersebut ke seluruh permukaan lensa menggunakan jari kita saja. Setelah itu, bilas kacamata kita dengan air hangat. Cairan sabun ini bisa membantu mengembalikan kecerahan lensa kacamata.


    cara membersihkan kacamata yang buram

    (Campuran sabun cuci piring dan air hangat untuk membersihkan kacamata. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    4. Lakukan gerakan melingkar

    Perhatikan bagaimana gerakan untuk membersihkan lensa kacamata. Lensa memang rentan, untuk itu kita harus berhati-hati. Saat membersihkan lensa dengan sabun yang sebelumnya dijelaskan, putar jari kita membentuk gerakan melingkar di atas lensa saat membersihkannya. Terapkan juga gerakan ini saat kacamata tersebut dibilas di air hangat. 


    (Baca Juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    Saat mengeringkan dengan menggosoknya memakai kain lembut juga gunakan gerakan melingkar ini. Ingatlah untuk menggosoknya lembut dan tidak menggunakan sekuat tenaga karena tentunya hal itu dapat merusak lensa yang rentan.


    5. Menggunakan pasta gigi

    Kacamata yang buram salah satunya terjadi karena ada goresan, halus ataupun kasar. Goresan tentunya susah dikembalikan layaknya baru saat kita membeli kacamata, tapi pasta gigi bisa meminimalisir kondisi goresan tersebut. Pasta gigi cukup aman untuk membersihkan permukaan lensa yang tergores.

    Caranya kita hanya perlu mengaplikasikan pasta gigi secukupnya langsung ke permukaan lensa yang terdapat goresan. Untuk menggosoknya, kita bisa menggunakan jari atau lap, yang paling penting ingat untuk melakukan gerakan melingkar. Gosok pasta gigi secara perlahan dan lembut sampai merata hingga goresan tampak sedikit lebih pudar atau buyar. Setelah itu, bilas kembali kacamata menggunakan air hangat seperti saat membersihkannya dengan sabun cuci piring.


    cara membersihkan kacamata yang buram

    (Pasta gigi bisa membantu membuat goresan pudar. Foto: Dok. Benjamin Child/Unsplash)


    Inilah beberapa cara dan juga bahannya yang dibutuhkan untuk membersihkan kacamata buram. Tentu kita harus apik dalam menyimpan kacamata kita sendiri. Goresan dapat membuat kacamata buram, begitu juga saat bergesekkan dengan benda lain atau saat terjatuh. Jika buramnya sudah terlalu parah pun akan mengharuskan kita membeli baru yang berarti kantong juga akan terkuras. Maka dari itu, rawat kacamata kita dengan benar mulai sekarang ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below