Simak 3 Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching, Anti Rusak!


  • Simak 3 Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching, Anti Rusak!
    Cara mewarnai rambut tanpa bleaching yang bisa kita coba. (Foto: Dok. ValuaVitaly/iStock)

    Bleaching sering kali menjadi salah satu alasan yang menghentikan seseorang untuk mewarnai rambutnya. Hal ini dikarenakan bleaching memiliki risiko tinggi untuk membuat kutikula rambut menjadi rusak.Kutikula adalah bagian dari rambut yang melindungi batang rambut. Agar pigmen dari warna cat rambut bisa masuk, kutikula harus dilunturkan dan dibuka terlebih dahulu.


    Proses inilah yang dinamakan sebagai bleaching rambut. Singkatnya, bleaching adalah proses oksidasi untuk melunturkan warna rambut asli sebelum mengaplikasikan cat warna pada rambut. 




    Proses bleaching bukan merupakan proses yang sederhana, loh! Agar melunturkan kutikula rambut, bahan untuk bleaching rambut mengandung bahan kimia yang sangat keras, seperti persulfat, hidrogen peroksida, dan zat alkali.


    Zat hidrogen peroksida dalam produk bleaching juga berfungsi untuk memutihkan batang helai rambut dan menghilangkan melanin pada tiap batangnya. Semakin terang warna yang ingin dihasilkan oleh seseorang, semakin tinggi juga tingkat bleaching yang dilakukan pada rambut. 


    (Baca Juga: Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah)


    Risiko yang ditimbulkan dari proses bleaching ini juga tinggi, beberapa di antaranya adalah menyebabkan luka bakar di kulit kepala, rambut menjadi kering dan rusak, menimbulkan alergi pada kulit kepala, merontokan rambut, hingga menimbulkan risiko penyakit kanker seperti limfoma, leukimia, atau kanker kandung kemih. Biasanya, risiko penyakit kanker ini timbul jika menggunakan produk bleaching yang tidak aman untuk rambut. 


    Alih-alih melakukan bleaching rambut yang risikonya tinggi, ada beberapa cara mewarnai rambut tanpa bleaching yang bisa kita coba. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Hindari Keramas Sebelum Mengecat Rambut


    mewarnai rambut tanpa bleaching

    (Sampo akan menyebabkan cat rambut susah menempel di batang rambut. Foto: Dok. Yagi-Studio/iStock)


    Jika ingin mewarnai rambut dalam kondisi yang sebersih mungkin agar bahan pewarna bisa menyerap dengan optimal sehingga melakukan keramas sebelum mewarnainya, ternyata hal itu salah!

    Keramas dengan sampo sebelum mewarnai rambut justru akan membuat krim cat rambut sulit meresap ke dalam batang rambut. Untuk mewarnai rambut tanpa melewati proses bleaching, sebaiknya tidak perlu keramas sebelum mewarnai rambut.


    Namun, jika rambut sudah terlalu kotor dan lepek, sebaiknya keramas terlebih dahulu dan melakukan proses pewarnaan rambut dua hingga tiga hari kemudian. 


    Hal ini dikarenakan kandungan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala rambut bisa efektif melindungi rambut dari paparan bahan kimia yang ada di dalam produk cat rambut. Maka dari itu, minyak alami ini bisa mencegah terjadinya kerusakan akibat mewarnai rambut.


    2. Hati-Hati Memilih Produk Cat Rambut


    mewarnai rambut tanpa bleaching

    (Kerusakan akibat kualitas produk cat rambut yang buruk. Foto: Dok. whanjeed/iStock)


    Bagus atau tidak dan meresap atau tidak warna yang dihasilkan setelah proses mengecat rambut selesai sebagian besar dipengaruhi oleh kualitas produk cat rambut yang kita gunakan. Agar hasil warna rambut yang didapatkan lebih optimal, kita sangat disarankan untuk memilih produk cat rambut yang berkualitas bagus.


    Meskipun banyak produk cat rambut yang sangat murah, bahan yang digunakan terkadang tidak aman dan tidak memiliki sertifikasi yang sesuai atau bahkan belum diuji sama sekali keamanannya. Maka dari itu, alangkah baiknya kita rela mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk produk cat rambut yang berkualitas dan teruji aman untuk rambut.


    Produk cat rambut dengan kualitas yang terjamin pastinya tidak akan merusak rambut. Selain itu, warna yang dihasilkan juga lebih bagus dan meresap ke batang rambut walaupun tidak melewati proses bleaching


    3. Gunakan Produk Cat Rambut Berwarna Pekat


    mewarnai rambut tanpa bleaching

    (Pilih warna dua hingga tiga kali lebih terang jika tidak melakukan proses bleaching. Foto: Dok. Deagreez/iStock)


    Ketika kita mewarnai rambut tanpa melewati proses bleaching, warna rambut yang dihasilkan pasti tidak akan semaksimal yang diinginkan jika disertai dengan bleaching. Tidak sedikit orang yang tidak melakukan bleaching merasa tidak puas dengan hasil yang ditampilkan karena berbeda dengan warna referensi dari kemasan produk dan sebagainya.


    Untuk beberapa warna produk cat rambut, cat akan lebih sulit untuk menempel ke dalam rambut asli tanpa melalui proses bleaching. Namun, jika ingin melakukan pewarnaan rambut tanpa bleaching, sebaiknya gunakan produk cat rambut dengan warna yang pekat. 


    Warna cat rambut yang mudah masuk tanpa bleaching adalah burgundy dan cokelat, mengingat rata-rata orang Indonesia memiliki rambut asli berwarna hitam. Selain itu, warna terang seperti merah, ungu pekat, dan biru juga bisa dilakukan pada rambut tanpa harus melewati proses bleaching.


    Tips ampuh untuk mewarnai rambut tanpa bleaching adalah menggunakan warna yang dua hingga tiga kali lebih terang dan menonjol dibandingkan warna yang diinginkan. Misalkan jika menginginkan warna rambut light brown atau cokelat terang, maka pilihlah cat rambut dengan warna blonde.


    (Baca Juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


    Itulah cara mewarnai rambut tanpa bleaching yang bisa kita coba. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below