Sambut Ulang Tahun Jakarta Ke-495, Ketahui Kisah Dibalik PRJ


  • Sambut Ulang Tahun Jakarta Ke-495, Ketahui Kisah Dibalik PRJ
    (PRJ Meriahkan Ulang Tahun Jakarta. Foto: Dok. Mujibur Rohman/iStock)

    Tak terasa, tahun ini Jakarta telah memasuki usia ke-495. Ulang tahun Jakarta yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Juni, menjadi hari bersejarah bagi ibukota negara Indonesia. Pasalnya, 495 tahun yang lalu, Fatahillah dan pasukannya berhasil menaklukan Sunda Kelapa, atau yang sekarang dikenal dengan Jakarta.


    (Baca juga: Uni Restaurant & Bar Kembali Sambut Kamu di Bali)




    Perayaan ulang tahun Jakarta tak lengkap tanpa penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Selain selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, PRJ memang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah no. 8 tahun 1968 untuk menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan menjelang hari ulang tahun Jakarta. Namun, tahukah kamu awal mula PRJ dijadikan acara wajib menjelang hari ulang tahun Jakarta?



    (Pekan Raya Jakarta 2022. Foto: jakartafairid/Instagram)

    Kembali ke tahun 1968, yaitu kali pertama PRJ digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) oleh Presiden Soeharto. Belum disebut sebagai PRJ, acara yang menyambut perayaan ulang tahun Jakarta itu bertajuk Djakarta Fair. Ide penyelenggaraan PRJ diusung oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri setelah peristiwa G30S 1965.


    Pemerintah DKI melihat ide PRJ sebagai ide cemerlang, mengingat acara pameran terbesar Jakarta ini bisa menyatukan berbagai pasar malam, hanya dalam satu tempat. Ketua KADIN terinspirasi dari Pasar Malam Gambir yang diadakan setiap tahunnya di kawasan Monas dan selalu ramai pengunjung. Seiring berjalannya waktu, PRJ mengubah “wajah”, dari pasar malam menjadi pameran modern.




    Setelah dua tahun ditunda akibat pandemi yang tak kunjung selesai, akhirnya tahun ini PRJ kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. PRJ 2022 dimeriahkan oleh puluhan musisi Tanah Air seperti, Noah, Maliq & D’Essentials, Kotak, Pamungkas, Virgoun, dan sebagainya. Tak heran jika pengunjung berbondong-bondong menghadiri pameran terbesar dan terlama di seluruh Asia Tenggara ini.


    Terlebih lagi, berbagai tenant yang berpartisipasi dalam PRJ, menawarkan produk dengan diskon besar-besaran. Malam puncak ulang tahun Jakarta juga dihiasi oleh parade karnaval ondel-ondel serta pesta kembang api yang meriah. Inilah yang melatarbelakangi antrian mengular di PRJ beberapa minggu terakhir.

    (Baca juga: 13 Area dan Taman di Jakarta yang Nyaman untuk Olahraga)


    Inilah awal mula penyelenggaraan PRJ sebagai perayaan ulang tahun Jakarta. PRJ 2022 akan diselenggarakan hingga 17 Juli 2022. Yuk, segera kungjungi dan jangan ketinggalan keseruan PRJ ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below