Simak 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam, Tanpa Jejak!


  • Simak 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam, Tanpa Jejak!
    (Ada cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang alami tanpa biaya mahal. (Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Jerawat memang menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, munculnya jerawat juga bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada permukaan wajah. Bahkan, kegiatan semudah mencuci muka saja menjadi sulit karena rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat. Terkadang, jerawat yang sudah reda akan meninggalkan bekas yang lama kelamaan menghitam. 


    Jerawat timbul karena peradangan pada kulit wajah. Saat jerawat sembuh, sel-sel kulit baru yang terbentuk akan membantu memulihkan permukaan kulitmu. Namun, sel-sel tersebut memiliki kemungkinan untuk mengandung terlalu banyak melanin. Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Ketika kulit menerima terlalu banyak melanin, warna kulit yang lebih gelap akan muncul atau disebut sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.




    Apakah kamu salah satu yang memiliki bekas jerawat hitam dan tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya? Tenang saja, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat hitam agar wajah kamu bisa kembali mulus dan sehat. 


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Jerawat yang Ampuh dan Bisa Dibeli Online)


    Penasaran apa saja? Yuk, simak cara alami menghilangkan bekas jerawat hitam berikut ini!


    1. Vitamin C


    menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Lemon. Foto: Dok. didyk/iStock)


    Vitamin C mampu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat hitam. Kamu bisa menggunakan air perasan lemon karena mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Air perasan lemon mengandung asam alpha-hidroxy acids (AHA) yang juga akan mempercepat penyembuhan dan regenerasi kulit. Cukup belah lemon menjadi dua dan peras sampai terkumpul air perasannya. Kemudian, oleskan air perasan lemon pada bekas jerawat. Setelah didiamkan sampai mengering, bilas wajah sampai bersih dan gunakan pelembap agar menjaga kelembapan kulit. Lakukan setiap dua atau tiga hari sekali untuk hasil yang maksimal. Namun, cara ini tidak cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif dan kering karena berisiko tinggi kulit wajah akan iritasi dan semakin kering. 


    2. Lidah buaya


    menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Lidah buaya. Foto: Dok. kaanates/iStock)


    Selain banyak digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan rambut, lidah buaya juga kerap digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, loh! Lidah buaya bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan zat aloesin di dalamya berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Cukup ambil satu daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kupas kulitnya, ambil gel lidah buaya dan haluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Tenang saja, cara ini cocok bagi segala jenis kulit!


    3. Mentimun


    menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Mentimun. Foto: Dok. AtlasStudio/iStock)


    Apakah kamu tahu kalau mentimun bagus untuk menghilangkan bekas jerawat hitam? Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium, yang mana ketiga hal tersebut sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga terbukti ampuh untuk menghidrasi kulit agar tetap lembap. Cukup siapkan satu buah mentimun dan iris tipis-tipis secukupnya. Kemudian, taruh irisan mentimun di atas kulit bekas jerawat. Setelah dibiarkan selama 30 menit, bilas wajah kamu sampai bersih dengan air dingin. 


    4. Baking Soda


    menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Baking Soda. Foto: Dok. itsarasak thithuekthak/iStock)


    Selain untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk bidang kesehatan dan kecantikan, loh! Baking soda bisa digunakan sebagai penghilang noda hitam bekas jerawat karena terdiri dari kristal sodium bicarbonate yang efektif bermanfaat untuk mengelupas kulit mati, terlebih dengan menggunakan scrub pembersih wajah. Cukup sediakan beberapa sendok teh baking soda dan campurkan dengan air secukupnya hingga mengental. Oleskan pada area bekas jerawat yang hitam dan dioleskan dengan lembut. Setelah dua menit, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih dan oleskan pelembap agar wajah tidak kering. 


    5. Pepaya


    menghilangkan bekas jerawat hitam

    (Pepaya. Foto: Dok. Olgaorly/iStock)


    Pepaya memiliki kandungan vitamin A dan zat papain yang tinggi, yang menjadikan pepaya ampuh untuk melakukan eksfoliasi wajah. Bagi kamu yang ingin menghilangkan bekas jerawat hitam hingga memiliki wajah yang kusam akibat paparan sinar matahari, cara ini cocok untukmu! Cukup haluskan buah pepaya dan campur dengan sedikit susu. Gunakan campuran tersebut pada wajah seperti memakai masker wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas wajah sampai bersih. Lakukan secara rutin dua hingga tiga kali seminggu agar menciptakan hasil yang maksimal.


    (Baca Juga: Ini 7 Rekomendasi Serum Untuk Jerawat Dan Bekasnya)


    Itulah cara alami menghilangkan bekas jerawat hitam yang bisa membuat kulitmu kembali mulus dan sehat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Andrea Nathania)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below