7 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Mencukur, Penasaran?


  • 7 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Mencukur, Penasaran?
    Cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur yang mudah dan ampuh dengan bahan di rumah. (Foto: Dok. Maridav/iStock)

    Mencukur bulu ketiak memang menjadi rutinitas bagi sebagian besar perempuan karena dirasa tidak nyaman. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri, terlebih ketika perlu mengenakan pakaian yang tidak menutup bagian ketiak. Selain itu, mencukur bulu ketiak juga dilakukan karena rambut ketiak yang tebal akan menimbulkan gatal-gatal dan kemerahan.


    Terdapat berbagai cara untuk mencukur bulu ketiak yang sudah marak digunakan, seperti melakukan perawatan laser di klinik perawatan, mesin cukur, menggunakan wax strip ataupun wax yang dilelehkan manual, sampai mencabutnya sendiri. Namun, menggunakan cara-cara tersebut memiliki resikonya tersendiri, terlebih jika menggunakan produk dengan kandungan bahan kimia yang tinggi. 




    (Baca Juga: Tips Mencukur Bulu Kaki Di Rumah Agar Tidak Iritasi)


    Mencukur bulu ketiak dengan bahan kimia yang tinggi dan cara yang salah akan menyebabkan iritasi, kulit ketiak menjadi hitam, dan bahkan luka-luka. Namun, kini ada beberapa cara alami yang bisa dicoba sebagai cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur. Penasaran apa saja? Yuk, mari kita simak!


    1. Lemon, Madu, dan Gula


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Lemon dan madu. Foto: Dok. Everyday better to do everything you love/iStock)


    Gunakan campuran lemon untuk merontokkan bulu ketiak. Gula dan madu menjadi pelengkap agar khasiatnya semakin ampuh. Campurkan satu sendok makan gula pasir dengan satu sendok teh madu dan satu sendok makan air perasan lemon, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran pada ketiak secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan kain hangat, gerakkan ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak. Kemudian, bersihkan lagi dengan menggunakan air dingin.


    2. Kunyit 


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Kunyit. Foto: Dok. ollo/iStock)


    Kunyit memiliki kandungan minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Selain itu, kunyit juga mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti-oksiden yang bisa menetralisasikan radikal bebas. Tanpa perlu khawatir, kunyit juga berfungsi sebagai pencerah pada kulit ketiak. Siapkan dua sendok teh kunyit bubuk. Jika tidak memiliki kunyit bubuk, kita bisa menghaluskan dua ruas jari kunyit terlebih dahulu. Tambahkan air hingga bubuk kunyit berbentuk pasta. Oleskan pasta pada kulit ketiak hingga merata. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih. 


    3. Kapur Sirih dan Air Lemon


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Kapur sirih ampuh hilangkan bulu ketiak. Foto: Dok. Coprid/iStock)


    Cara ini tidak cocok bagi yang memiliki kulit sensitif karena sifat kapur sirih yang panas. Kapur sirih memiliki kandungan kavinol, karkavol, kadinen, dan zat samak yang merupakan kandungan dengan khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Campurkan satu sendok makan kapur sirih dengan air lemon hingga berbentuk seperti pasta. Pastikan ketiak dalam keadaan bersih dan oleskan pasta pada kulit ketiak. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas ketiak dengan air hangat sampai bersih.


    4. Mentimun dan Jeruk Nipis


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Mentimun. Foto: Dok. Boonchuay1970/iStock)


    Mentimun cocok digunakan di segala jenis kulit karena sifatnya yang mendinginkan atau cooling sehingga tidak akan membuat kulit ketiak menjadi iritasi. Selain itu, kandungan mineral yang ada dalam mentimun juga dapat mengatasi iritasi yang sudah ada pada ketiak. Parut mentimun dan potong jeruk nipis menjadi dua terlebih dahulu. Campurkan parutan mentimun dengan air perasan dari setengah jeruk nipis, aduk hingga merata. Oleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air hangat sampai bersih. 


    5. Pepaya, Kunyit, dan Lidah Buaya


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Pepaya. Foto: Dok. Olgaorly/iStock)


    Pepaya cocok bagi pemilik kulit yang sensitif. Kunyit berfungsi sebagai anti-bakteri yang aman untuk kulit. Jika keduanya dipadukan dengan lidah buaya, aloesinnya akan menghambat pembentukan melanin yang bisa membuat kulit menjadi gelap. Siapkan pepaya muda yang telah dikupas kulitnya dan dibersihkan dari biji-bijinya. Haluskan dengan blender tanpa air atau dengan ditumbuk. Campurkan hingga rata pepaya muda yang sudah halus dengan kunyit bubuk, gel lidah buaya, dan essential oil sesuai selera.


    Oleskan pada ketiak secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan kain yang sudah dibasuhi air hangat dalam arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu ketiak. Bilas sisanya dengan air dingin dan keringkan. Cukup lakukan selama tiga kali dalam seminggu setiap sesudah mandi agar hasilnya maksimal. 


    6. Jeruk Nipis


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Jeruk nipis. Foto: Dok. megakunstfoto/iStock)


    Cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur yang satu ini juga berfungsi sebagai pengganti deodoran jika digunakan setiap hari. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, bermanfaat untuk merontokkan rambut halus pada ketiak. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin A, B, E, serta antioksidan yang baik untuk meregenerasi kulit. Cukup ambil setengah dari jeruk nipis dan gosok-gosokkan pada kulit ketiak secara merata.


    7. Jintan Putih


    cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur

    (Jintan putih. Foto: Dok. chictype/iStock)


    Tidak hanya digunakan untuk memasak, jintan putih juga bisa untuk menghilangkan bulu ketiak, loh! Jintan putih berfungsi untuk menghambat pertumbuhan rambut ketiak. Siapkan 50 gram jintan putih dan dua sendok teh kapur barus halus. Campurkan kedua bahan tersebut dan tuang air perasan lemon hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada ketiak secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas ketiak dengan air bersih. 


    (Baca Juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Laser Hair Removal)


    Itulah cara menghilangkan bulu ketiak tanpa mencukur yang bisa kita coba di rumah. Siap punya ketiak sehat dan mulus?


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below