Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur, Penasaran?


  • Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur, Penasaran?
    (7 Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur. Foto: Dok. VladimirFLoyd/iStock)

    Mata adalah jendela jiwa seseorang, itulah sebuah pepatah lama yang memiliki makna mendalam. Salah satu cara untuk mempercantik mata adalah dengan menggunakan eyeliner. Eyeliner terdiri dalam berbagai bentuk seperti, eyeliner gel, eyeliner cair, eyeliner spidol, dan eyeliner pensil. Untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, eyeliner pensil adalah pilihan tepat untuk kamu. Tak mudah digunakan dan sedikit tricky, menggunakan eyeliner pensil memerlukan sedikit latihan.

    Jika eyeliner pensilmu mudah luntur, tenang saja sebab ini adalah hal yang sangat lumrah. Eyeliner luntur tentu membuatmu kesal kan? Namun, tak perlu khawatir. Alih-alih tidak menggunakan eyeliner sama sekali, kamu bisa mencoba beberapa cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur. Penasaran bagaimana caranya? Nah, mari simak beberapa cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur.

    (Baca juga: Wajib Tahu, Ini Model Eyeliner Yang Cocok Untuk Mata Besar)




    1. Pilih Eyeliner Dengan Formula Yang Tepat

    Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

    (Pilih Produk Eyeliner Pensil Dengan Formula Yang Tepat. Foto: Dok. whyframestudio/iStock)

    Well, tak dapat dipungkiri eyeliner pensil dengan formula yang tepat adalah hal paling penting untuk menentukan apakah eyeliner kamu akan tahan lama atau tidak. Tidak selalu mahal, terdapat beberapa eyeliner dengan formula yang bagus, namun harga yang terjangkau.

    Jika kamu mudah berkeringat atau berminyak, kamu bisa memilih eyeliner pensil yang waterproof. Eyeliner pensil waterproof tidak akan luntur, meski wajah kamu berkeringat atau berminyak.


    2. Pastikan Kelopak Mata Bersih

    Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

    (Bersihkan Kelopak Mata Sebelum Menggunakan Eyeliner. Foto: Dok. zoranm/iStock)

    Cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur yang selanjutnya adalah memastikan kelopak matamu bersih dan tidak berminyak. Tahukah kamu bahwa kelopak mata adalah bagian paling berminyak di wajahmu? Yep, kelopak mata memang bagian wajah yang paling berminyak.

    Oleh karena itu, kamu perlu memastikan wajah dan kelopak matamu bersih sebelum menggunakan eyeliner pensil. Tak hanya mampu membuat eyeliner tidak luntur, membersihkan mata sangat penting untuk mencegah adanya bakteri penyebab infeksi di matamu.


    3. Gunakan Eye Primer

    Eye primer, produk makeup terpenting untuk memastikan eye makeup lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Meski sering dianggap tidak terlalu penting, eye primer memiliki peran krusial untuk meratakan warna kulit, sehingga pigmentasi eyeliner kamu lebih hidup. Caranya adalah, aplikasikan eye primer ke seluruh kelopak matamu lalu diamkan selama 10 detik hingga kering.

    Untuk tampilan eyeliner matte dan waterproof, kamu bisa memilih eye primer yang lebih berkualitas. Beberapa merek eye primer terbaik adalah Milani Eyeshadow Primer, Make Over Powerstay Eyeshadow Primer, NYX Proof It Waterproof Eyeshadow Primer, LT Pro Eye Shadow Primer, dan Mizzu Eye Base Essentials.

    (Baca juga: Rekomendasi Eyeliner Putih Untuk Tampilan Mata Yang Besar)


    4. Gunakan Foundation

    Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

    (Foundation Bantu Menghempaskan Minyak Di Kulit. Foto: Dok. utkamandarinka/iStock)

    Foundation berfungsi sebagai dasar makeup kamu, sehingga kamu perlu menggunakannya sebelum mengaplikasikan produk makeup lainnya. Mulai aplikasikan foundation dari hidung, kemudian aplikasikan ke bagian wajah lain, juga ke kelopak mata.

    Dengan demikian, foundation dapat membantu menjaga agar eyeliner pensil kamu tidak pudar. Kamu bisa menggunakan foundation matte, agar kelopak mata terbebas dari minyak serta eyeliner akan menempel lebih baik pada kelopak mata.


    5. Pakai Bedak Tabur

    Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

    (Eyeliner Tahan Lama Dengan Bedak Tabur. Foto: Dok. pavlyukv/iStock)

    Cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur yang selanjutnya adalah menggunakan bedak tabur. Bedak tabur atau translucent powder mampu membuat eyeliner tidak mudah luntur dan berantakan. Caranya adalah, menaburkan bedak pada area kelopak mata dan lashline.

    Bedak tabur juga bisa kamu gunakan setelah mengaplikasikan eyeliner. Jika kamu menggunakan eyeliner berlapis-lapus, kamu bisa menaburkan bedak pada setiap lapisan agar eyeliner lebih awet seharian, meski terpapar air ataupun keringat.


    6. Siapkan Alat-alat Yang Dibutuhkan

    Kamu pasti tahu bahwa menggunakan eyeliner bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dapat memperbaiki tampilan eyeliner kamu.

    Pertama adalah cotton bud yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan saat menggunakan eyeliner. Dipasangkan dengan eye makeup remover, cotton bud berperan sangat penting untuk hasil akhir eyeliner lebih sempurna. Selanjutnya adalah eye makeup remover. Eye makeup remover penting untuk menghapus kesalahan pada saat mengaplikasikan eyeliner. Alat yang terakhir adalah rautan pensil yang berfungsi untuk memudahkan kamu menggambar garis pada kelopak matamu.


    7. Teknik Layer

    Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

    (Gunakan Teknik Layer Agar Eyeliner Pensil Tidak Luntur. Foto: Dok. microgen/iStock)

    Supaya eyeliner pensil dapat tahan lebih lama, akan lebih baik jika kamu menggunakan eyeshadow sebagai eyeliner, dengan warna yang mirip. Teknik ini akan memudahkan kamu untuk menggunakan eyeliner serta salah satu cara memakai eyeliner pensil agar tahan lebih lama. Sebaiknya, kamu menggunakan eyeliner setelah menggunakan eyeshadow dan sebelum menggunakan maskara.

    Itulah beberapa cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur. Jangan lupa dicoba, ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below