Rambut Anti Lepek, Ini Cara Memakai Kondisioner Yang Benar


  • Rambut Anti Lepek, Ini Cara Memakai Kondisioner Yang Benar
    Cara memakai kondisioner yang benar agar rambut tetap sehat. (Foto: Dok. ValuaVitaly/iStock)

    Kondisioner menjadi banyak digunakan orang-orang setelah mencuci rambut. Pada umumnya, kondisioner berfungsi agar rambut lebih mudah diatur dan tidak kusut. Selain itu, kondisioner juga bisa membantu meningkatkan volume rambut. Pemakaian kondisioner cukup diperlukan, terutama untuk pemilik rambut kering dan rapuh. Bagi yang mewarnai rambutnya juga memerlukan kondisioner agar menghindari kerusakan karena sering terpapar oleh bahan kimia. 


    Meskipun kondisioner sudah banyak digunakan, masih sedikit orang yang tidak tahu akan cara yang benar dalam pemakaiannya. Jika rambut kita lepek setelah memakai kondisioner, itu tandanya cara pakai kita yang salah. Kesalahan dalam pemakaian kondisioner akan menyebabkan rambut kita menjadi lepek, mudah berminyak, bahkan semakin kusam. 




    (Baca Juga: Inilah 6 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar)


    Maka dari itu, yuk, kita simak cara menggunakan kondisioner yang benar!


    cara memakai kondisioner

    (Pentingnya mencuci rambut sampai bersih sebelum gunakan kondisioner. Foto: Dok. skynesher/iStock)


    1. Cuci rambut terlebih dahulu


    Sebelum menggunakan kondisioner, kita perlu mencuci rambut terlebih dahulu sampai bersih. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis dan keperluan rambut kita agar menjaga kesehatan dan kualitas kulit kepala dan rambut. Menggunakan sampo yang baik bertujuan untuk membersihkan residu kotoran, minyak berlebih, sel kulit mati, dan sebagainya yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Setelah mencuci rambut dengan sampo, bilas rambut sampai bersih menggunakan air, pastikan tidak ada sabun yang tersisa. 


    2. Diamkan rambut selama beberapa saat


    Setelah membilas rambut sampai bersih, jangan langsung menggunakan kondisioner jika rambut masih terlalu basah. Serap air dalam rambut dengan handuk secara perlahan sampai rambut sudah tidak terlalu basah. Jika memakai kondisioner saat rambut masih sangat basah, kondisioner akan mudah larut dan hilang. Hal ini akan menghilangkan kegunaan dari kondisioner. Kandungan nutrisi dalam kondisioner pun tidak dapat terserap dengan benar oleh rambut. 


    3. Tuang kondisioner secukupnya ke telapak tangan


    Cara memakai kondisioner yang baik adalah dengan tidak memakaikannya terlalu banyak ke rambut. Tuangkan secukupnya sesuai volume rambut ke telapak tangan. Dengan demikian, kondisioner akan berfungsi secara maksimal dan menyerap ke rambut dengan baik.


    4. Aplikasikan kondisioner pada ujung rambut dan bagian tengah rambut


    Kita tidak perlu menggunakan kondisioner di kulit kepala. Pemakaian kondisioner di kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala berminyak dan membuat rambut lepek. Sebaiknya, kondisioner hanya digunakan pada ujung-ujung rambut. Namun, jika memiliki rambut yang panjang, maka gunakan kondisioner dari ujung rambut hingga satu per tiga atau setengah rambut. Ratakan kondisioner ke daerah yang diaplikasikan. 


    5. Diamkan selama satu hingga dua menit


    Setelah mengaplikasikan kondisioner pada rambut, diamkan selama satu sampai dua menit. Langkah ini penting untuk diikuti agar menyediakan waktu bagi kandungan nutrisi dalam kondisioner untuk menyerap ke dalam rambut dengan sempurna. 


    6. Bilas rambut dengan air bersih


    Setelah didiamkan selama satu hingga dua menit, bilas rambut dengan air sampai bersih. Kita bisa menggunakan air hangat atau dingin sesuai selera. Jika rambut sekiranya sudah bersih dan tidak terasa terlalu licin saat disentuh, itu berarti rambut kita sudah siap untuk dikeringkan. 


    cara memakai kondisioner

    (Jenis kondisioner untuk rambut yang bisa kita coba. Foto: Dok. Deepak Sethi/iStock)

    Jenis Kondisioner Untuk Rambut


    Selain kondisioner yang dipakai saat mencuci rambut, ternyata ada jenis kondisioner lainnya yang bisa kita coba, loh!


    1. Deep conditioner


    Jenis ini adalah produk perawatan rambut yang cocok bagi pemilik rambut kering atau rusak. Hal ini dikarenakan deep conditioner menawarkan lebih banyak kelembapan dibandingkan jenis kondisioner pada umumnya. Bahan utama deep conditioner yang baik adalah shea butter, minyak alpukat, dan minyak kelapa. Bedanya, deep conditioner harus kita diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit sebelum dibilas hingga bersih. 


    2. Leave-in conditioner


    Kondisioner jenis ini tidak perlu dibilas dengan air sesudah pemakaian. Jenis ini berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih sehat dan bisa menjadi lapisan pelindung panas ketika beraktivitas seharian di bawah matahari. Jenis kondisioner ini cocok bagi pemilik rambut halus dan tebal. 


    (Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Rambut Lebih Sehat Dan Indah)


    Itulah cara memakai kondisioner yang benar agar rambut tetap halus dan terlindungi dari lepek!


    (Penulis: Andrea Nathania)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below