Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan BB Cream Dan Foundation


  • Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan BB Cream Dan Foundation
    (5 Perbedaan BB Cream dan Foundation. Foto: Dok. heckmannoleg/iStock)

    Layaknya sebuah bangunan yang membutuhkan fondasi yang kuat sebelum membangun gedung di atasnya, makeup juga membutuhkan hal serupa. Base makeup adalah hal utama dan sangat penting dalam sebuah rangkaian makeup. Apabila kamu salah memilih base makeup, maka keseluruhan makeup kamu tidak akan flawless.


    BB cream dan foundation, dua produk kosmetik yang berfungsi sebagai base untuk menyamarkan tekstur dan meratakan warna kulit. Fungsinya yang sangat serupa terkadang membuat para pencinta makeup bingung ingin memilih yang mana. Yuk, simak 5 perbedaan BB cream dan foundation berikut ini.




    (Baca Juga: Ketahui Perbedaan BB Cream, CC Cream Dan DD Cream!)


    Apa itu BB cream?

    Bagi para pencinta Korean makeup look, blemish balm atau BB cream pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya, BB cream mempunyai pigmentasi yang cederung tipis, namun mampu meratakan warna kulit sekaligus memberikan manfaat perawatan kulit tambahan.


    Beberapa BB cream bahkan mengandung SPF dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan kulit dari polusi. Memiliki ragam manfaat dan lebih efisien, BB cream adalah produk makeup andalan beberapa wanita.


    Apa itu foundation?

    Berbicara mengenai makeup, foundation pasti hal utama yang terlintas dalam benak kamu. Foundation memang salah satu produk makeup utama yang berfungsi untuk menjadi base makeup kamu. Formula foundation yang tepat mampu menyamarkan bintik hitam dan kemerahan, serta meratakan warna kulit.


    Seiring berjalannya waktu, liquid foundation bukan menjadi satu-satunya jenis foundation. Kini terdapat ragam jenis foundation seperti, powder foundation, cream foundation, mousse foundation, hingga serum foundation.


    (Baca Juga: 5 Foundation Untuk Kulit Berjerawat Ini Bisa Kamu Coba)


    Perbedaan BB cream dan foundation

    1. Coverage

    Perbedaan BB Cream dan Foundation

    (Foundation Memiliki Coverage Lebih Tinggi. Foto: Dok. utkamandarinka/iStock)

    Ini adalah perbedaan BB cream dan foundation yang cukup menonjol. BB cream memiliki medium coverage sehingga tidak terlalu tahan lama. Teksturnya yang lebih ringan membuat BB cream cocok untuk kamu yang menginginkan makeup natural. Karena coverage-nya cenderung lebih tipis, kamu perlu touch up wajah beberapa kali dalam sehari.


    Sedangkan foundation memiliki tingkat coverage yang lebih tinggi dan mampu menutupi jerawat atau bintik hitam pada wajah dengan sempurna. Selain itu, coverage foundation lebih tahan lama jika dibandingkan dengan BB cream. Bahkan beberapa foundation membuat klaim mampu bertahan 8 hingga 12 jam tanpa harus touch up


    2. Formula

    Kunci perbedaan BB cream dan foundation terdapat pada formulanya. Formula BB cream yang cenderung lebih cair dan ringan, aman digunakan sebagai base makeup sebab tidak akan menutupi pori-pori wajah.


    Sedangkan, untuk kamu yang ingin warna wajah merata dan noda tersamarkan dengan sempurna, foundation adalah pilihan yang tepat untuk kamu sebab foundation memiliki formula yang lebih pekat.


    3. Pilihan Warna

    Perbedaan BB Cream dan Foundation

    (Pilihan Warna Foundation Lebih Beragam Daripada BB Cream. Foto: Dok. webphotographeer/iStock)

    Jika dibandingkan dengan BB cream, foundation memiliki pilihan warna yang lebih beragam, sebab warna foundation disesuaikan dengan warna kulit wajah yang juga beragam. Kini, produk kosmetik telah berinovasi dengan menciptakan foundation sesuai warna kulit, seperti dari Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga Amerika.


    Sedangkan BB cream memiliki pilihan warna yang lebih terbatas. Dengan formula yang lebih ringan, BB cream lebih mudah untuk menyatu dengan kulit. Sehingga, biasanya BB cream hanya memiiki tiga pilihan warna yaitu, putih, terang dan gelap.


    4. Pelembap

    Perbedaan BB Cream dan Foundation

    (BB Cream Memiliki Kandungan Pelembap. Foto: Dok. svetikd/iStock)

    Perbedaan BB cream dan foundation yang selanjutnya adalah kandungan pelembap. Berbeda dengan foundation yang cenderung membuat tampilan wajah cakey, BB cream memiliki kandungan pelembap yang tinggi sehingga akan membuat kulit terlihat lebih sehat. Sedangkan, untuk menggunakan foundation, kamu perlu mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu agar lebih mudah mengaplikasikan foundation.


    5. Manfaat Perawatan Kulit

    Perbedaan BB Cream dan Foundation

    (BB Cream Membantu Merawat Kulit. Foto: Dok. K-Angle/iStock)

    BB cream memiliki kandungan skincare di dalamnya, sebab BB cream memang diciptakan untuk merawat kulit serta menjaganya agar tampak sehat. Meskipun memang ada beberapa foundation yang mengadung bahan skincare, namun kandungan skincare pada BB cream tetap lebih tinggi.


    Terlebih lagi, BB cream juga mengandung SPF yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga, BB cream dapat menjadi pelindung tambahan setelah kamu menggunakan sunscreen. BB cream dapat menjadi solusi untuk menyamarkan ketidaksempurnaan di wajahmu sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari.


    (Baca Juga: Fungsi BB Cream Yang Serbaguna)


    Itu dia beberapa perbedaan BB cream dan foundation untuk kamu yang masih bingung. Jadi, produk mana yang cocok untuk jadi base makeup kamu?


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below