Fungsi BB Cream Yang Serbaguna


  • Fungsi BB Cream Yang Serbaguna
    BB cream bisa digunakan setiap harinya. (Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)

    Terdapat banyak sekali produk kecantikan yang ada di pasaran. Produk kecantikan bisa berupa produk perawatan ataupun kosmetik. Saking banyaknya produk, terkadang membuat para wanita malas untuk melengkapinya. Selain itu, harga produk tersebut juga kadang menjadi faktor. Tentu produk yang serbaguna bisa menyenangkan para wanita. Untungnya, terdapat beberapa produk yang menggabungkan beberapa fungsinya, contohnya adalah BB cream.


    BB sendiri adalah singkatan dari beauty balm atau blemish balm. Produk ini adalah krim yang biasanya dipakai sebagai foundation, moisturizer, dan sunscreen dalam satu produk sekaligus. Banyak wanita beralih dan akhirnya menggemari produk ini. Tapi, sebenarnya apa saja fungsi BB cream ini? Berikut penjelasannya yang bisa kamu fahami.




    1. Meratakan warna kulit

    Salah satu fungsi utama BB cream adalah untuk meratakan corak warna kulit. Area yang berwarna tidak rata di kulit yang disebabkan oleh beberapa hal disebut juga dengan blemish. Blemish balm atau BB cream ini bekerja dengan cara meratakan warna kulit wajah untuk tampilan yang lebih sempurna. Untuk itu, BB cream juga tersedia dalam beberapa pilihan warna.

    Selain itu, BB cream juga bisa meratakan kemerahan atau bekas jerawat di kulit kita. Ini karena BB cream juga melakukan kerja foundation yang bisa menyamarkan kekurangan pada wajah. Foundation juga digunakan agar wajah terlihat lebih mulus. Dengan menggunakan BB cream, kamu bisa mendapatkan fungsi ini dengan kandungan bahan yang lebih ringan.


    (Baca Juga: 9 BB Cream untuk Kulit Berminyak yang Bikin Kulit Segar)


    2. Melembapkan kulit

    fungsi bb cream

    (BB cream sebagai pelembap. Foto: Dok. Antoni Skhraba/Pexels)


    BB cream juga bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit wajah. Namun dengan kandungannya yang lebih ringan, BB cream tidak akan membuat wajah menjadi terlalu berminyak. Sebagai pelembap, BB cream juga mengandung beberapa bahan yang digunakan dalam pelembap. Untuk kamu yang kulitnya berminyak, pilihlah BB cream yang juga mengandung humektan. Ini bertujuan agar kulit mendapatkan kelembapan yang tepat sesuai kebutuhan.


    Kandungan dimethicone dalam BB cream selain dapat melembapkan, juga dapat menjaga kulit tetap lembut. BB cream juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang menjaga kulit agar tidak kering dan terhidrasi. Antioksidan tidak hanya membuat kulit halus, tapi juga membuatnya cerah. Kandungan lainnya yang bisa kamu cek cara kerjanya adalah squalene, urea, dan glycerin.


    3. Melindungi dari sinar matahari


    Jika kamu adalah salah satu yang menganggap sinar matahari tidak begitu berbahaya, anggapanmu itu salah. Paparan sinar matahari bisa berbahaya jika terkena kulit secara langsung. Tidak hanya untuk kulit, paparan langsung yang berlebih juga bisa merusak mata. Kamu perlu mengaplikasikan produk karena kulit kamu membutuhkan itu.


    BB cream yang juga bekerja sebagai tabir surya bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung. BB cream memiliki kandungan Sun Protection Factor atau SPF, yang merupakan pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Selain itu, SPF juga bisa mencegah kulit terbakar dan melindungi dari masalah hiperpigmentasi. Angka SPF dalam BB cream beragam, mulai dari 15 sampai 50.


    (Baca Juga: Ketahui Perbedaan BB Cream, CC Cream, Dan DD Cream!)


    4. Sebagai base riasan wajah

    fungsi bb cream

    (Menggunakan BB cream sebagai base makeup. Foto: Dok. Skylar Kang/Pexels)


    Dalam merias wajah, biasanya kita menggunakan base atau alas, terutama saat menggunakan banyak warna. Alas yang biasa digunakan adalah primer, foundation, concealer, ataupun produk color-correcting. Semua alas itu bisa kamu ganti dengan BB cream, terutama jika tujuanmu karena ingin menggunakan produk yang berbaham lebih ringan.


    BB cream bisa membuat kamu melewatkan tiga produk yang biasa digunakan, karena fungsi 3 in 1-nya. Sesuaikan kebutuhan riasanmu. Jika ingin tampilan natural, kamu bisa gunakan yang tektsurnya lebih ringan. Sebaliknya jika ingin tampilan yang lebih terlihat, kamu bisa fokuskan mencari produk BB cream dengan coverage yang lebih tinggi atau memadai.


    Itulah empat fungsi BB cream yang bisa kamu pertimbangkan. BB cream juga bisa kamu gunakan setiap harinya tanpa memakai makeup atau memang untuk memakai makeup. Pilih juga produk BB cream yang sesuai dengan kulitmu. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan produk ini sebelum berolahraga, agar tampilan bisa tetap enak dipandang. BB cream juga aman digunakan oleh mereka yang sudah berumur 40 ke atas lho. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below