Cukup 15 Menit, Ini 6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kamu


  • Cukup 15 Menit, Ini 6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kamu
    Rasakan manfaat tidur siang untuk tubuhmu. (Foto: Dok. Marcus Aurelius/Pexels)

    Semasa kecil, apakah orang tua suka memintamu untuk tidur siang sebelum kamu bermain di halaman rumah? Entah kamu sempat tak mau tidur karena sibuk bermain atau akhirnya patuh dan masuk ke kamar untuk beristirahat, mungkin memasuki masa dewasa kamu mulai bersyukur akan kebiasaan masa kecil yang sekarang jadi hal berharga.


    Dengan menghabiskan waktu di tempat kerja, mulai dari matahari terbit hingga terbenam, kamu pun juga membenamkan diri di depan layar laptop dan berusaha menyelesaikan pekerjaanmu yang tak kunjung selesai. Jika setelah makan siang, kamu mulai ngantuk, kopi sudah siap kembali bangunkanmu




    (Baca Juga: Alami, Ini 7 Cara Agar Wajah Awet Muda)


    Namun, sebenarnya kamu hanya butuh 15 menit untuk bisa rasakan manfaat tidur siang dalam kehidupan sehari-hari. Belum yakin? Simak deretan manfaatnya di bawah ini.


    1. Meningkatkan konsentrasi

    Kamu menghabiskan harimu di depan layar, entah laptop atau smartphone-mu dan tanpa kamu sadari, tubuh akan merasa lelah dengan pola ini. Entah pikiranmu yang mulai terdistraksi, tulisan yang semakin banyak typo hingga kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan yang disebabkan karena konsentrasimu yang menurun.


    Selain mengonsumsi air putih secara rutin, tidur siang bisa jadi cara untuk meningkatkan konsentrasi yang sempat hilang di tengah hari. Ambil waktu 10 hingga 20 menit untuk memejamkan mata dan beristirahat, tak hanya konsentrasimu yang bertambah tapi juga mood kamu sampai malam hari.


    manfaat tidur siang

    (Tidur siang kembalikan konsentrasimu. Foto: Dok. Brooke Cagle/Unsplash)


    2. Mengelola stres

    Cara termudah untuk mengelola stres yang kamu alami, tidur siang. Ketika kamu dalam keadaan stres, kondisi fisik juga akan merespon situasi tersebut. Entah tekanan darah yang meningkat dan bisa jadi pemicu penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Dengan tidur siang, kamu membiarkan tubuh dan pikiran lebih rileks.


    Kondisi rileks itulah yang akan membantumu redakan stres dan turunkan tekanan darah yang hampir memuncak.


    3. Meminimalisir kesalahan

    Manfaat tidur siang berdampak pada konsentrasimu yang akan memberikan dampak dalam performa kerjamu. Efek domino yang pastikan kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu lebih baik dan aman. Dengan menghabiskan paling lama 40 menit tidur siang, kamu bisa meningkatkan performa kerja hingga 34 persen.


    Jadi, kebiasaan tidur siang bisa membantu kamu lebih teliti dan peka pada apa yang kamu kerjakan saat itu.


    (Baca Juga: Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Baik untuk Tubuh!)


    4. Menjaga sistem imunitas tubuh

    Ketika pandemi melanda, imunitas tubuh langsung jadi prioritas. Dengan berbagai persediaan vitamin yang dikonsumsi untuk pastikan tubuh selalu sehat atau setidaknya, jauh dari virus. Namun, menghabiskan waktu bekerja di rumah bukan berarti kamu tak kehilangan waktu tidur.


    Tidur siang, setidaknya selama 30 menit, bisa jadi cara untuk menjaga sistem imunitas tubuhmu. Apalagi buat kamu yang waktu tidurnya semakin terbatas saat bekerja dari rumah, tidur siang jadi kebiasaan esensial untuk kesehatan fisik maupun mentalmu.


    5. Meningkatkan kreativitas

    Tak hanya konsentrasi dan kepekaan, pikiranmu yang diistirahatkan saat tidur siang bisa memunculkan berbagai ide kreatif setelah kamu bangun. Sebuah studi di Georgetown University mengungkapkan kamu tidur siang, otak kiri yang biasa bertugas untuk menganalisa dan berpikir logis juga ikut beristirahat.


    Sebaliknya, otak kanan, yang bertugas untuk berkreasi dan berkhayal, akan mengkomunikasikan segala hal yang ada dalam benakmu tapi hampir tak pernah disadari. Jadi sebenarnya, tanpa sadar, saat tertidur, kamu pun juga berpikir. Bedanya, kamu punya ruang lebih luas untuk memikirkan apa saja. That’s when you get creative.


    manfaat tidur siang

    (Ide yang kira-kira muncul saat kamu tidur siang. Foto: Dok. Anrea Piacquadio/Pexels)


    6. Menjaga berat badanmu

    Semakin sedikit waktu tidurmu di malam hari, tanpa sadar semakin banyak kamu makan. Inilah yang membuat berat badanmu semakin naik dari waktu ke waktu. Jika kamu ingin menjaga atau bahkan menurunkan berat badanmu, perbaiki pola tidurmu.


    Ketika jam tidur malammu terbatas kurang dari enam jam karena satu dan lain hal, luangkan waktumu untuk tidur siang sejenak, cukup 15-20 menit. Bayar kurangnya energi tubuhmu dengan tidur dan perlahan kamu bisa kembalikan sekaligus jaga berat badan karena kamu jadi tak sering mengisi energi dengan makanan-makanan yang kurang sehat.


    (Baca Juga: Kenali 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami)


    Tak perlu waktu banyak, cukup 10 hingga 40 menit, buat kamu bisa merasakan manfaat tidur siang yang seharusnya jadi prioritas. Plus, pastikan waktu tidur siangmu sebelum jam tiga sore, supaya kamu tetap bisa tidur nyenyak di malam hari. Semoga bermanfaat!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below