Ampuh Tanpa Biaya, Ini 4 Cara Mencegah Bibir Pecah


  • Ampuh Tanpa Biaya, Ini 4 Cara Mencegah Bibir Pecah
    Cara mencegah bibir pecah yang bisa dilakukan dari rumah. (Foto: Dok. Tetiana Mandziuk/iStock)

    Bibir menjadi salah satu bagian tubuh manusia yang paling unik. Keunikan bibir ini disebabkan karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak ada hal yang bisa menjaga tingkat kelembapannya. Alhasil, paparan sinar matahari yang berlebihan dan terkena liur terlalu sering akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.


    Apakah kamu pernah mengalami bibir pecah? Hal yang satu ini pasti pernah dialami oleh semua orang. Bibir pecah menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan kerap mengeluarkan darah dan menyebabkan luka jika tidak langsung diobati. Bibir pecah-pecah dapat sembuh dengan sendirinya, namun di beberapa kasus, kondisi bibir bisa semakin parah dan bisa menyebabkan cheilitis (peradangan di permukaan bibir). 




    Sebelum kamu mengalami bibir pecah, ada baiknya untuk melakukan hal-hal dan mengubah kebiasaan buruk untuk mencegah bibir pecah. Yuk, mari simak caranya!


    (Baca Juga: Rekomendasi Lip Balm Bagus Untuk Memerahkan Bibir)


    1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir

    Jika kamu pikir menjilat bibir akan menghidrasi bibirmu, kamu salah! Menjilat bibir justru bisa menyebabkan bibir semakin kering dan menimbulkan gatal hingga pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena air liur cepat menguap sehingga bisa menyebabkan bibir semakin kering seiring air liur yang ada di bibir menguap. 


    2. Sering gunakan lip balm atau pelindung bibir

    Salah satu cara mencegah bibir pecah adalah dengan menggunakan pelindung bibir secara rutin. Kamu bisa mengaplikasikan lip balm setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar rumah dan di bawah sinar matahari. Kamu bisa memilih lip balm dengan kandungan alami, seperti teh hijau, lidah buaya, minyak kelapa, madu, dan sebagainya untuk mencegah bibir pecah-pecah.


    3. Sering minum air putih

    Hal yang satu ini pasti sering kamu dengar. Tidak hanya mencukupi asupan cairan tubuh, minum air putih secara rutin juga dapat menghidrasi bibir agar tidak kering. Cukup minum air putih minimal delapan gelas setiap harinya agar kebutuhan asupan cairan tubuh dan bibir dapat terpenuhi. 


    4. Perhatikan pemakaian obat-obat tertentu

    Cara mencegah bibir pecah lainnya adalah dengan memperhatikan efek samping obat-obat yang dapat menimbulkan bibir pecah. Beberapa obat yang memiliki efek samping ini adalah pereda nyeri, obat jerawat, dan antihistamin. Jika kamu perlu mengonsumsi obat-obat tersebut, pastikan asupan cairan tubuhmu tetap tercukupi dan sering gunakan lip balm


    (Baca Juga: Ini Dia Hal Yang Harus Disiapkan Setelah Filler Bibir)


    Itulah cara mencegah bibir pecah yang ampuh dan bisa kamu lakukan dengan mudah dari rumah. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below