Tak Hanya Basmi Jerawat, Ini 6 Manfaat Tea Tree Oil


  • Tak Hanya Basmi Jerawat, Ini 6 Manfaat Tea Tree Oil
    Segudang manfaat tea tree oil bagi wajah dan tubuh (Foto: Dok. ronstik/iStock)

    Kamu pasti sudah pernah mendengar tea tree oil. Ya, betul! Tea tree oil atau minyak pohon teh dengan nama latin melaleuca alternifolia ini merupakan tanaman asli dari Australia. Sejak 100 tahun terakhir, tea tree oil digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inflamasi yang memiliki berbagai khasiat.




    Minyak yang berasal dari negeri kangguru ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan wajah dan tubuh! Tidak heran jika kamu banyak menemukan produk kecantikan seperti masker, lip balm, dan sebagainya yang memiliki bahan dasar tea tree oil. 


    (Baca Juga: Apakah Pimple Patch Bisa Bekerja Efektif Untuk Jerawat?)


    Pada umumnya, kamu akan sering menemukan tea tree oil pada obat penghilang jerawat. Namun, ternyata tea tree oil juga memiliki manfaat lain, loh! Penasaran apa saja? Yuk, mari simak manfaatnya!


    1. Mempercepat penyembuhan luka

    Selain untuk menghilangkan jerawat, tea tree oil juga dipercaya ampuh untuk membantu penyembuhan luka. Berbagai penelitian menyatakan bahwa tea tree oil mampu membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki aktivitas sel darah putih. Ketika sel darah putih kita bekerja dengan baik, luka akan lebih cepat untuk mengering dan sembuh.


    Kamu bisa mencampurkan krim untuk luka dengan tea tree oil sebanyak satu tetes. Jika kamu tidak sengaja mengalami luka, segera oleskan krim yang sudah dicampur dengan tea tree oil secara rutin sesuai dengan instruksi dalam krim untuk luka yang tertera di kemasan produk. 


    2. Mengatasi kutu air

    Kutu air atau tinea pedis adalah infeksi jamur pada kaki. Infeksi ini bermula di sela-sela jari kaki dan akan menyebar ke seluruh kaki. Tidak hanya kaki, kutu air juga bisa terjadi di tangan. Pada umumnya, kutu air akan menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah dan timbul kemerahan. Jika kamu mengalami kutu air, tea tree oil menjadi salah satu rekomendasi untuk menyembuhkannya secara alternatif.


    Dalam sebuah studi yang melibatkan 158 orang, sebanyak 72 persen menggunakan tea tree oil dan mengalami peningkatan kondisi secara signifikan dibandingkan dengan yang memakai obat biasa. Meski demikian, Australasian Journal of Dermatology memaparkan bahwa tea tree oil tidak benar-benar secara efektif menghilangkan jamur penyebab kutu air. 


    3. Membasmi kutu rambut

    Jika tea tree oil bisa mengatasi kutu air, maka minyak yang satu ini juga bisa mengatasi kutu rambut. Sebuah studi memaparkan bahwa penggunaan tea tree oil bersama dengan nerolidol, sebuah senyawa alami yang ditemukan dalam beberapa minyak esensial, dipercaya bisa mengatasi kutu rambut secara efektif. 


    Tea tree oil dipercaya efektif untuk membunuh kutu, sedangkan nerolidol dipercaya efektif untuk membasmi telur kutu. Kombinasi 1:2 antara tea tree oil dan nerolidol dipercaya ampuh untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya.


    manfaat tea tree oil

    (Tea tree oil. Foto: Dok. /iStock)


    4. Deodoran alami

    Salah satu khasiat baik dari tea tree oil adalah menjadi deodoran alami. Bau badan tidak disebabkan oleh keringat, tapi disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Menambahkan tea tree oil ke dalam produk deodoran atau membeli produk deodoran yang berbahan dasar tea tree oil bisa mengatasi bau badan dan menjadi deodoran alami yang pastinya aman untuk dipakai. 


    5. Mengatasi ketombe

    Ternyata, tea tree oil juga bisa menjadi kandungan aktif yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Tea tree oil diklaim mampu mengangkat ketombe beserta sel kulit mati sehingga kesehatan dan kelembapan kulit rambut dapat terjaga.


    Studi yang dilakukan oleh Journal of the American Academy of Dermatology memaparkan bahwa sekelompok orang yang memakai sampo dengan tambahan kandungan tea tree oil mengalami peningkatan dalam kesehatan dan kualitas kulit kepala sebanyak 40 persen. 


    Kamu bisa menuangkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam cairan sampo yang biasa digunakan sehari-hari. Kemudian, kamu bisa menggunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut seperti biasa. Namun, jangan langsung dibilas air. Diamkan campuran tersebut pada rambut selama 20 menit, kemudian pijat kulit kepala dan rambut sebentar sebelum dibilas dengan air. 


    6. Meringankan gejala psoriasis

    Manfaat tea tree oil selanjutnya adalah untuk meringankan gejala peradangan dan infeksi yang ditimbulkan karena psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimune yang menyerang kulit, menyebabkan kulit menjadi bersisik, tebal, mudah terkelupas, dan kadang gatal.


    Untuk mengatasi masalah psoriasis dengan kandungan minyak ini, kamu bisa menuangkan satu sampai dua tetes tea tree oil dengan minyak esensial lain sesuai kebutuhan, kemudian dicampurkan ke dalam krim penyembuh psoriasis. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas tea tree oil terhadap psoriasis memerlukan penelitian lebih lanjut agar terbukti aman secara keseluruhan. 


    (Baca Juga: Mengenal Psoriasis dan Perawatannya)


    Itulah manfaat tea tree oil selain untuk membasmi jerawat yang membandel. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below