Life & health

Mengenal Psoriasis dan Perawatannya

By : Amalta Rifani - 2016-10-11 00:45:33 Mengenal Psoriasis dan Perawatannya

Tahukah Anda jenis penyakit kulit Psoriasis? Psoriasis adalah penyakit kronis yang menyerang kulit dalam jangka waktu yang panjang. Penyakit ini sulit disembuhkan dan cenderung kembali lagi.

Penyebab

Penyakit ini diduga terkait dengan disfungsi atau gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Produksi dan penggantian sel-sel kulit mati penderita psoriasis terjadi dalam hitungan hari, berbeda dengan kondisi normal yaitu dalam beberapa minggu sekali. Keadaan ini menyebabkan penumpukan sel-sel kulit yang pada akhirnya membentuk penebalan pada kulit penderita psoriasis.

Gejala

Gejala utama psoriasis adalah kondisi kulit menjadi ruam kemerahan, terkelupas, kering serta bersisik, terasa gatal, dan muncul di berbagai bagian tubuh.

Pengobatan

Meskipun susah untuk disembuhkan, terdapat berbagai perawatan yang membantu mengontrol berbagai jenis psoriasis dari yang ringan hingga kronis. Berikut adalah beberapa pengobatan tradisional dan alternatif yang dapat dilakukan.

  • Pengobatan Topikal

Pengobatan ini dilakukan dengan mengoleskan obat pada permukaan kulit yang menimbulkan efek lokal. Obat topikal untuk perawatan psoriasis biasanya mengandung kortison (hormon steroid) seperti krim atau salep anthralin.

  • Terapi Sinar UV

Fototerapi dengan sinar ultraviolet merupakan perawatan medis yang digunakan dalam pengobatan psoriasis dan dilakukan di bawah pengawasan dokter.

  • Berendam

Untuk psoriasis dengan gejala ringan, perawatan senderhana di rumah bisa dilakukan secara rutin dengan mandi oatmeal. Taburkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi untuk membantu melembapkan sel-sel kulit mati.

  • Terapi Ikan

Penggunaan ikan dapat dilakukan untuk mengobati kondisi kulit yang dialami penderita psoriasis. Ikan-ikan yang digunakan untuk perawatan akan ‘menarik’ kulit yang kering dan mengelupas.

Life & health