Resep Coklat Ganache Mudah Dan Simpel, Hanya Pakai 2 Bahan


  • Resep Coklat Ganache Mudah Dan Simpel, Hanya Pakai 2 Bahan
    Resep coklat ganache yang mudah dicoba di rumah. (Foto: Dok. nerudol/iStock)

    Membuat kue dan cupcake memiliki tantangannya sendiri, salah satunya adalah mencapai rasa yang lezat. Salah satu kunci penting yang menyempurnakan rasa kue dan cupcake ada pada ganache-nya. Ganache berasal dari bahasa Prancis yang memiliki arti 'cokelat dan krim'. Pada umumnya, ganache adalah campuran cokelat dan krim dengan perbandingan yang spesifik. 


    Coklat ganache terdiri dari cokelat dan krim dengan perbandingan 1:1, yang dicampur sampai halus dan mengkilap. Ganache biasanya digunakan sebagai filling, spread, dip, frosting, topping, atau layer pada kue dan pastry lainnya. Kegunaannya memang tidak terbatas.




    Ganache dibuat dengan memanaskan krim dan menambahkan cokelat ke dalamnya hingga meleleh. Meskipun terlihat sederhana, membuat ganache tidaklah mudah karena perbandingan antara bahan dan pemanasan di temperatur yang harus tepat. Sayangnya, masih banyak pembuatan ganache yang salah dan malah menjadi eneg. Bahkan, ganache akan terasa pahit dan merusak rasa kue jika metode pembuatannya tidak tepat.


    (Baca Juga: 3 Resep Puding Cokelat Yang Enak, Yuk Bikin!)


    Dua Bahan Utama Cokelat Ganache


    1. Heavy cream atau heavy whipping cream (1 cangkir atau 240ml)

    Jangan menggunakan susu biasa agar ganache lebih sempurna. Gunakan santan sebagai alternatif untuk pilihan non-dairy


    2. Cokelat murni (cokelat batang 4ons, sebanyak dua batang)

    Gunakan dark chocolate 50% untuk menghasilkan ganache terbaik. Selain itu, bisa juga menggunakan pilihan cokelat lainnya.


    Cara Membuat Cokelat Ganache Yang Simpel Dan Mudah


    1. Siapkan cokelat murni dan heavy cream. Hindari penggunaan chocolate chip agar konsistensinya lebih baik saat dilelehkan.

    2. Potong cokelat murni sampai cukup halus agar mudah leleh saat dipanaskan. 

    3. Panaskan heavy cream di dalam mangkok berbahan kaca atau logam sampai sedikit mendidih. Jika terlalu mendidih, heavy cream akan terlalu panas dan akan membakar cokelat. Panaskan kompor jika sudah melihat gelembung-gelembung di pinggir panci. 

    4. Setelah mematikan kompor, langsung tuang krim yang sudah hangat ke atas cokelat yang sudah dipotong halus.

    5. Diamkan keduanya selama beberapa menit sebelum diaduk.

    6. Setelah didiamkan, aduk potongan dark chocolate dan heavy cream yang sudah hangat sampai keduanya menyatu dengan halus. Gunakan sendok berbahan logam atau spatula karet berukuran kecil. Aduk perlahan-lahan, semakin kecil potongan cokelat, semakin cepat cokelat akan meleleh. 


    Kita bisa gunakan langsung cokelat ganache yang sudah jadi sebagai cocolan (dip), topping di atas kue, cupcake, es krim, dan sebagainya. Kemudian, jika kita tunggu selama sekitar dua jam sampai dingin, ganache bisa dijadikan sebagai bahan olesan pada lapisan kue dan desserts lainnya. 


    Tutup ganache dan simpan di kulkas. Ganache bisa tahan di kulkas sampai lima hari. Ketika sudah dingin sepenuhnya, ganache bisa dibekukan dan tahan di freezer sampai tiga bulan. Ketika ingin digunakan kembali, aduk dalam mangkok anti-panas di atas air yang mendidih atau menggunakan double boiler


    resep coklat ganache

    (Chocolate sponge cake dengan ganache. Foto: Dok. Lilechka75/iStock)


    Solusi Masalah Saat Pembuatan Cokelat Ganache


    Membuat cokelat ganache memang memiliki tingkat kesulitan yang menengah ke atas. Jika salah perbandingan atau salah menggunakan bahan, maka akan timbul beberapa masalah seperti potongan cokelat yang tidak kunjung meleleh maupun campuran heavy cream dan cokelat yang berminyak atau bertekstur kasar. Diperlukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah-masalah ini agar cokelat ganache bisa kembali enak dan sempurna.


    1. Cokelat tidak kunjung meleleh

    Jika cokelat yang sudah dipotong secara halus tidak kunjung meleleh setelah dituangi heavy cream. Jangan dimasukkan ke microwave, tapi taruh campuran krim dan cokelat di double boiler atau taruh mangkok di wajan kecil yang berisi air mendidih. Tapi, mangkok tidak boleh menyentuh air yang mendidih sehingga harus menggunakan penyangga. 

    2. Adonan heavy cream dan cokelat menjadi berminyak atau bertekstur kasar

    Gunakan mangkok yang terbuat dari kaca atau logam. Mangkok plastik akan meleleh dan menyebabkan ganache yang memiliki tekstur kasar dan hambar. Gunakan cokelat murni, penggunaan chocolate chip akan menyebabkan tekstur ganache yang kasar. Gunakan sendok atau spatula karet kecil untuk mengaduk cokelat dan heavy cream yang sudah hangat. Jangan menggunakan pengocok adonan (whisk) karena akan menghasilkan terlalu banyak udara sehingga akan memisahkan lemak dan menghasilkan ganache yang berminyak.


    (Baca Juga: 3 Resep Ayam Kecap Pedas Yang Bisa Kamu Masak Di Rumah)


    Itulah resep cokelat ganache yang bisa kita buat dari rumah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below