Ini 5 Cara Memakai Serum Yang Benar, Sudah Tahu?


  • Ini 5 Cara Memakai Serum Yang Benar, Sudah Tahu?
    Cara memakai serum yang benar agar hasil lebih maksimal. (Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Merawat kesehatan kulit wajah tidak cukup hanya dengan menggunakan sabun pembersih muka, tabir surya, dan pelembap. Hal yang sering diabaikan adalah penggunaan serum. Padahal, serum menjadi bagian skincare yang paling efektif dalam merawat kulit.


    Serum adalah sebuah cairan yang diformulasikan dengan kandungan seperti antioksidan dan peptida yang dapat menembus ke dalam kulit untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Serum cenderung mudah menyerap di kulit karena memiliki tekstur yang ringan. Selain itu, serum mengandung berbagai bahan aktif yang diperlukan untuk kesehatan kulit wajah, yang mana bahan-bahan aktif tersebut dapat meningkatkan efisiensi produk perawatan kulit lain yang diaplikasikan.




    cara memakai serum yang benar

    (Pemakaian serum harus sesuai agar hasil maksimal. Foto: Dok. Tumana/iStock)


    Setiap produk serum memiliki manfaat dan kegunaannya sendiri, yaitu melawan tanda-tanda penuaan kulit (anti-aging), menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, membersihkan dan memperkecil pori-pori kulit, mencerahkan wajah agar lebih bersinar, menjaga kulit agar terhidrasi, mengurangi produksi minyak berlebihan, meremajakan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan sebagainya. 


    Sayangnya, masih banyak yang belum sepenuhnya paham tentang cara memakai serum yang benar. Pemakaian serum yang salah dapat menyebabkan serum tidak memiliki hasil yang maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali pada kulit wajah. Kemudian, salah menggunakan serum akan menyebabkan kerusakan pada kulit, terlebih jika tidak digunakan secara teratur atau menggunakan serum yang tidak cocok pada kulit wajah. 


    (Baca Juga: Lembap Tanpa Iritasi, Ini 6 Face Wash Untuk Kulit Kering)


    Maka dari itu, yuk, intip cara memakai serum yang benar agar hasil lebih maksimal!


    1. Bersihkan wajah terlebih dahulu 

    Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan serum untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati agar penyerapan serum lebih maksimal. Cuci wajah dengan air bersih, kemudian gunakan sabun pembersih muka yang aman untuk kondisi kulit, setelah itu bilas wajah sampai bersih dan keringkan dengan handuk wajah atau tisu kering. Agar penyerapan serum lebih maksimal, gunakan air hangat untuk mencuci muka karena air dingin akan menutup pori-pori sehingga serum akan sulit menyerap ke wajah. 


    2. Aplikasikan toner

    Setelah mencuci wajah sampai bersih, gunakan beberapa tetes toner pada wajah untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih menempel. Toner juga akan memberikan jalan kepada serum agar lebih menyerap dengan maksimal karena melembapkan kulit wajah. Tunggu satu sampai dua menit setelah menggunakan toner agar kulit wajah lembap. 


    3. Gunakan serum pada wajah yang lembap

    Ketika kulit wajah setengah lembap setelah pemakaian toner, segera teteskan dan aplikasikan serum wajah secukupnya agar bisa menyerap dengan lebih sempurna. Kulit yang lembap memiliki daya serap sebanyak 10 kali lipat dibandingkan kulit yang kering. Setelah mengaplikasikan serum, tepuk-tepuk wajah dengan halus menggunakan telapak tangan agar lebih menyerap ke dalam wajah.


    4. Aplikasikan serum secukupnya

    Hasil yang maksimal hanya akan tercapai jika serum digunakan dalam jumlah yang secukupnya. Penggunaan serum yang terlalu banyak di wajah tidak akan meningkatkan hasil yang baik, malah akan membuat pemakai lebih boros. Karena serum mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi dan memiliki ukuran molekul yang kecil, kulit wajah akan menyerap serum dengan lebih cepat dan menyeluruh.


    Maka dari itu, cukup gunakan satu sampai dua tetes serum pada wajah sampai merata. Tanda jika terlalu banyak mengaplikasikan serum adalah wajah akan terasa berminyak atau lengket. 


    cara memakai serum yang benar

    (Hindari penggunaan serum terlalu banyak pada kulit wajah. Foto: Dok. fizkes/iStock)


    5. Lanjutkan dengan produk skincare lainnya

    Setelah menggunakan serum, tunggu selama dua sampai tiga menit sebelum menggunakan pelembap. Pelembap berfungsi untuk mengunci produk-produk yang telah diaplikasikan pada wajah sebelumya. Gunakan pelembap secukupnya, tidak menyebabkan wajah terasa berat atau tebal. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya agar kulit wajah dapat terlindungi oleh paparan sinar UV dari matahari, terlebih jika harus beraktivitas di luar ruangan seharian. 


    Gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit

    Untuk kulit wajah berminyak dan kombinasi, gunakan serum yang bertekstur ringan dan cair. Namun, jika kulit wajah termasuk kering, gunakan serum yang bertekstur kental. Untuk menjaga kelembapan di kulit, pilih serum yang mengandung hyaluronic acid untuk menahan kandungan air dalam lapisan kulit.


    Untuk mencerahkan kulit, pilih serum dengan kandungan vitamin C, arbutin, atau licorice. Untuk mencegah penuaan dini, pilih serum yang mengandung retinol atau kolagen untuk mempercepat regenerasi kulit dan mencegah timbulnya kerutan halus pada wajah. 


    Penggunaan dua serum yang tidak cocok pada kulit wajah

    Jika ingin menggunakan dua serum sekaligus atau layering, pengguna serum harus memahami kombinasi bahan aktif apa saja yang tidak aman untuk kulit, terlebih kulit yang sensitif karena dapat menimbulkan iritasi. 


    Vitamin C dan retinol

    Vitamin C dapat bekerja pada pH kurang dari 3,5, sedangkan retinol dapat bekerja pada kisaran pH paling maksimal 5,5-6. Kombinasi dua bahan aktif ini kakan membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sebaiknya, gunakan keduanya dalam waktu yang berbeda.


    AHA/BHA dan retinol

    Alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA) merupakan asam yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit mati, sedangkan retinol berfungsi untuk mengobati jerawat, noda hitam, serta kerutan. Penggunaan kedua bahan sekaligus akan membuat kulit wajah menjadi sangat kering, bahkan mengelupas hingga iritasi. Sebaiknya, gunakan keduanya dalam waktu yang berbeda agar kulit tetap aman dan terjaga. 


    Benzoil peroksida dan retinol

    Kedua bahan ini akan menghilangkan manfaat satu sama lain jika dipakai bersamaan. Retinol tidak boleh digunakan dengan produk yang mengandung asam karena bisa menyebabkan iritasi. Gunakan keduanya dalam waktu yang berbeda. 


    (Baca Juga: Pasti Ampuh, Ini 4 Cara Melentikkan Bulu Mata Tahan Lama)


    Itulah cara memakai serum yang benar agar hasil yang maksimal dan mencegah iritasi pada wajah. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below