Ada Kematian, Simak 12 Mitos & Arti Medis Kedutan Alis Kiri


  • Ada Kematian, Simak 12 Mitos & Arti Medis Kedutan Alis Kiri
    Kedutan alis kiri memiliki mitos dan artinya dalam kesehatan. (Foto: Dok. Westchester Surgical Arts)

    Pernah mengalami kedutan alis kiri? Ternyata, hal seperti itu ada artinya, loh! Dari perspektif dunia kesehatan sampai mitos maupun pandangan primbon Jawa, kedutan alis kiri memiliki maknanya tersendiri. Primbon Jawa adalah kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta, yang menjadi pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan di kehidupan. 


    Saat mengalami kedutan alis kiri, area alis akan terasa berdenyut sendiri selama durasi tertentu. Hal ini tidak bisa dikontrol dan hanya bisa ditunggu sampai selesai. Arti kedutan alis kiri dalam dunia kesehatan tentu bisa dijelaskan secara ilmiah. Sedangkan, arti kedutan alis kiri secara mitos menjadi hal yang bisa dipercaya maupun tidak maknanya. 




    (Baca Juga: Cara Mengurangi Mata Minus)


    Penasaran apa saja, inilah arti kedutan alis kiri menurut primbon Jawa dan dunia kesehatan!


    Arti Kedutan Alis Kiri Menurut Primbon Jawa


    1. Akan didekatkan dengan jodoh


    Kedutan alis kiri kerap diidentikan dengan jodoh. Bagi para jomblo yang mengalami kedutan alis kiri, hal ini tentu menjadi sebuah mitos yang membahagiakan karena berarti jodoh akan segera datang. 


    2. Impian akan segera terwujud


    Makna positif berikutnya dari kedutan alis kiri adalah bahwa impian yang kita punya akan terwujud. Bagi yang memiliki impian maupun cita-cita yang belum tercapai, hal ini bisa saja dipercaya dan didoakan agar segera terwujud.


    3. Akan sembuh dari sakit


    Kedutan alis kiri memiliki arti bahwa seseorang yang sedang sakit akan sembuh dari penyakitnya. Tentu saja ini bisa dipercaya dan bisa juga tidak, namun alangkah baiknya jika kita tetap berdoa dan berserah kepada kehendak Tuhan. Tetap ucapkan syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan jika mitos ini benar-benar terjadi. 


    4. Akan mendapatkan rezeki


    Menurut primbon Jawa, kedutan alis kiri bisa berarti orang tersebut akan menerima rezeki dalam hidupnya. Rezeki tersebut dapat berupa apa saja, seperti kesehatan, finansial, maupun ketenangan jiwa. Kedutan alis kiri secara spesifik memiliki mitos bahwa seseorang akan menerima rezeki dalam cara, bentuk, dan waktu yang tidak terduga. 


    5. Akan menemukan barang yang hilang


    Kedutan alis kiri bisa memberikan arti bahwa seseorang itu akan menemukan sebuah barang yang telah lama hilang dengan cara yang tidak terduga. Jika orang tersebut pernah atau sedang kehilangan barang berharganya, hal ini bisa-bisa saja dipercaya sebagai tanda baik. 


    6. Akan bertemu saudara


    Tidak hanya saudara dekat saja, kedutan alis kiri juga memiliki mitos bahwa orang yang mengalaminya akan bertemu dengan saudara-saudara yang jauh, yang sempat terpisah dengan jarak, atau yang sudah lama tidak bertemu. Ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa silaturahmi dengan saudara-saudara akan terjadi dalam waktu dekat.


    7. Akan ada kabar kematian


    Selain mitos pertanda baik, kedutan alis kiri juga memiliki mitos kabar buruk. Kedutan alis kiri memiliki mitos bahwa akan ada kabar kematian yang datang. Namun, mitos ini seharusnya tidak menjadi patokan akan kepercayaan terhadap apakah hal itu akan terjadi atau tidak. Tetap rajin berdoa dan percaya bahwa segala hal yang terjadi adalah atas seizin Tuhan. 


    kedutan alis kiri

    (Mitos dan arti medis kedutan alis kiri. Foto: Dok. Medical News Today)


    Arti Kedutan Alis Kiri Menurut Medis


    Setelah melihat mitos-mitos, mari kita simak apa sebenarnya arti medis jika mengalami kedutan alis kiri!


    1. Sedang mengalami stres


    Kedutan di alis kiri bisa terjadi karena seseorang mengalami stres. Stres bisa timbul karena beberapa alasan, salah satunya adalah kurang tidur yang menyebabkan mata menjadi lelah. Kelelahan pada mata ini menjadi pemicu utama kedutan di alis kiri maupun kanan. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan berbagai teknik meditasi, relaksasi, dan olahraga agar menimbulkan senyawa-senyawa dari otak yang dapat menurunkan tingkat stres.


    2. Efek samping obat


    Mengalami kedutan alis kiri bisa jadi karena efek samping obat yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping otot menjadi tegang ataupun tremor. Kandungan obat-obatan yang dapat memicu kedutan pada alis adalah antipsikotik atau antiepileptik. 


    3. Efek samping alkohol, rokok, kafein


    Kedutan di alis kiri bisa terjadi karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi alkohol, minuman yang mengandung terlalu banyak kafein secara terus-terusan, dan merokok secara berlebihan. Aktivitas tersebut bisa membuat otot menjadi tegang, termasuk pada area di sekitar mata. Hal ini dapat memicu kedutan pada bagian alis. 


    4. Mata lelah


    Selain kurang tidur, mata lelah juga bisa terjadi jika seseorang terlalu lama menggunakan dan melihat gadget, berada di depan komputer dalam waktu yang lama tanpa istirahat, dan sebagainya yang memberikan paparan radiasi pada mata. Usahakan untuk menghabiskan beberapa waktu untuk beristirahat sejenak agar mata kembali segar. 


    5. Gejala masalah kesehatan pada tubuh


    Kedutan alis kiri bisa menjadi gejala penyakit-penyaki tertentu. Masalah kesehatan yang bisa memicu kedutan pada bagian tubuh adalah kekurangan magnesium, bell's palsy, penyakit kejang hemifasial, dan dystonia. Segera konsultasi ke dokter untuk memastikan lebih lanjut penyebab munculnya kedutan pada alis kiri. 


    (Baca Juga: Gangguan Bipolar: Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasinya)


    Itulah makna secara medis dan mitos dari kedutan alis kiri. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below