7 Ciri Pasangan Posesif Ini Buktikan Pacar Kamu Toxic!


  • 7 Ciri Pasangan Posesif Ini Buktikan Pacar Kamu Toxic!
    Tetap waspada, kenali ciri pasangan posesif. (Foto: Dok. praetorianphoto/iStock)

    Memiliki hubungan dengan seseorang memang menjadi kebahagiaan yang melimpah, tapi juga tanggung jawab yang besar. Ketika kita punya pacar, bukan berarti kita harus memperlakukannya seperti milik kita sendiri. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam hubungan adalah memiliki pacar yang posesif. Jika kamu sudah merasa tidak bebas, tidak nyaman, sering cemas, tidak bahagia, dan terlalu berhati-hati di sekitarnya, itu tandanya kamu harus merefleksikan kembali hubunganmu dengan sang pacar. 


    Pasangan yang terlalu posesif akan membuatmu terperangkap dalam hubungan yang toxic jika terus dibiarkan. Pasalnya, tidak semua orang bisa mengenali sejak dini tanda-tanda jika pasangan kamu sudah mulai posesif. Perlu diketahui bahwa posesif dan protektif itu beda, lho!


    (Baca Juga: Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya)


    Ini ciri pasangan posesif yang wajib diketahui sebelum kamu susah melepaskannya. 


    1. Pacarmu perlu tahu lokasi kamu setiap saat 

    Alih-alih peduli, pasangan yang posesif selalu ingin kamu update setiap saat tentang lokasimu dan siapa yang sedang bersamamu. Mereka cenderung takut kamu hangout dengan orang lain selain dirinya dan tidak percaya kepadamu.


    2. Kamu harus memberi kabar setiap waktu

    Memberikan kabar kepada pasangan memang baik, namun jika pacar kamu meminta untuk mengabarinya dalam jangka waktu pendek, seperti setiap satu jam, dan marah jika kamu menghilang sebentar saja, maka pacar kamu sangat posesif. 


    3. Pacarmu sering memberikan kritik

    Kamu harus bisa membedakan antara kritik atau nasihat. Jika pacar kamu sering memberikan komentar tentang hal-hal kecil dalam diri kamu, seperti cara berpakaian, cara berjalan, dan lain-lain, itu tandanya kamu sudah harus berhati-hati. Jangan mau percaya ia mengkritik demi kebaikanmu. 


    4. Kamu harus selalu menyetujuinya 

    Jika pacar kamu sering marah atau membuat kamu merasa bersalah saat menolak permintaannya, itu tandanya pacarmu posesif. Kamu harus berani untuk mengatakan "tidak", jangan sampai kamu merasa tidak nyaman hanya untuk memberikan apa yang pacarmu inginkan. 


    ciri pasangan posesif

    (Waspada sejak dini jika pasanganmu posesif. Foto: Dok. Olha Khorimarko/iStock)


    5. Ia menjauhkan kamu dari teman-teman dekat

    Pacar posesif tidak memperbolehkan kamu untuk bertemu dengan teman sesama jenis, apalagi teman lawan jenis, dan hanya boleh bertemu dengan dirinya. Hal ini menjadi lebih parah jika kamu tidak boleh bertemu keluarga-keluarga dekat dan menjelek-jelekkan orang-orang di sekitarmu. Jangan luluh walaupun alasannya takut kehilangan kamu. 


    6. Pacarmu melanggar privasimu

    Pacar posesif selalu mencoba untuk mengetahui segalanya, seperti isi handphone, pesan-pesan, riwayat browsing, foto-foto, dan sebagainya. Kamu harus selalu berhati-hati dan jangan lengah agar ia tidak melanggar privasi kamu secara diam-diam, apalagi memaksa untuk mengetahui privasi kamu. Setiap pasangan tetap harus saling menjaga dan percaya kepada privasi masing-masing. 


    7. Pacarmu cemburuan

    Jika pacarmu mudah cemburu dengan hal-hal yang normal, maka itu tanda pasanganmu posesif. Selain itu, ia akan mencoba untuk mengetahui segalanya tentang mantan-mantan, teman lawan jenis, serta hubunganmu dengan mereka. Ia melakukan hal ini karena tidak bisa percaya dengan kamu. Maka itu, mulai waspada jika pacarmu sudah terlalu cemburuan sampai membuatmu tidak bebas.


    (Baca Juga: Ciri Hubungan Tanpa Status)


    Itulah ciri pasangan posesif yang wajib kamu ketahui, jangan mudah dibodohi!


    (Penulis: Andrea Nathania)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles