Jangan Emosi, Ini Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala


  • Jangan Emosi, Ini Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala
    (Cara Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala. Foto: Dok. RealPeopleGroup/iStock)

    Apakah pasangan kamu keras kepala? Ia yang tidak pernah terbuka terhadap saran dan selalu menolak untuk berubah pikiran. Sikap pasangan yang keras kepala tentu menyebabkan ketegangan dalam hubungan dan tidak jarang menimbulkan keributan.


    Orang yang keras kepala memang sangat sulit untuk diajak berkompromi. Untuk menjaga hubungan asmara agar tetap harmonis, kamu harus mencari cara menghadapi pasangan yang keras kepala dengna bijak. Penasaran apa saja cara menghadapi pasangan yang keras kepala? Simak baik-baik penjelasan berikut ini, ya.


    (Baca Juga: 5 Cara Agar Pasangan Tidak Marah Lagi Saat Bertengkar)


    1. Tenangkan Diri Sendiri

    Ketika kamu menunjukkan kekesalan atau amarah ketika pasangan keras kepala kamu berpendapat, ia akan cenderung lebih keras dan menentang kamu. Tarik napas dan buang napas yang dalam ketika kamu merasa sedang ada di puncak emosi kamu. Amarah bukanlah cara menghadapi pasangan yang keras kepala. Cobalah lebih tenang, baru kamu sampaikan pendapat kamu.


    2. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Mengekspresikan Diri

    Menghadapi Pasangan Yang Keras Kepala

    (Ekspresikan Perasaan dan Pikiran di Waktu Yang Tepat. Foto: Dok. SDI Productions/iStock)

    Apabila kamu perlu membicarakan hal yang penting dengan pasanganmu yang keras kepala, pastikan untuk selalu memilih waktu yang tepat. Jika pasanganmu baru saja pulang kerja, lelah, dan lapar, jangan coba-coba untuk menentang mereka. Kenalilah pasanganmu dan cobalah mengerti suasana hati dia. Pilih waktu ketika mereka dalam suasana hati yang baik. Dengan demikian, mereka akan mendengarkan sudut pandang kamu.


    3. Puji Mereka

    Mungkin cara menghadapi pasangan yang keras kepala satu ini terdengar aneh. Namun, percayalah bahwa pasangan yang keras kepala cenderung percaya bahwa cara mereka melakukan sesuatu adalah yang terbaik. Jadi, jika kamu memuaskan ego mereka dengan pujian sebelum memberikan saran, mereka mungkin akan mau terbuka dengan saran kamu.


    Misalnya, kamu ingin menyarankan cara lain untuk mengatur keuangan bulanan. Kamu bisa memuji bagaimana ia telah bekerja keras dan bagaimana kamu takjub dengan cara dia mengatur keuangan. Kemudian, kamu baru bisa menyampaikan saran bahwa cara lain untuk mengatur keuangan dapat menguntungkan kalian berdua.


    4. Dengarkan dan Cobalah Mengerti Pasanganmu


    (Jaga Hubungan Asmara Dengan Saling Mendengarkan. Foto: Dok. urbazon/iStock)

    Seringkali orang yang keras kepala merasa seolah-olah tidak ada yang mengerti perspektif mereka. Alih-alih terus menentang pendapat dia, kamu bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan pendapat pasangan kamu dan memahami jalan pikir mereka.


    Kemudian kamu bisa memintanya untuk mendengarkan perspektif kamu, sama seperti kamu mendengarkan si dia. Dengan saling mengizinkan setiap pihak dalam hubungan untuk berargumen, kiranya kompromi akan tercapai dengan lebih baik dan adil.


    (Baca Juga: Menghadapi Suami Pemarah, Atasi Dengan Cara Ini)


    Menjalin hubungan dengan pasangan yang keras kepala memang tidaklah mudah. Kamu dan pasanganmu harus mau berkompromi dan saling mengerti satu sama lain untuk mempertahankan api asmara. Sekarang sudah tahu kan beberapa cara menghadapi pasangan yang keras kepala? Semoga bermanfaat ya.


    (Penulis: Audrey Josephine)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles