Cegah Penuaan, Kenali Segudang Manfaat Kentang Untuk Wajah


  • Cegah Penuaan, Kenali Segudang Manfaat Kentang Untuk Wajah
    (Cegah Penuaan Dengan Kentang. Foto: Dok. Naked King/iStock)

    Kentang, salah satu jenis sayur yang sering diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Selain rasanya yang lezat, kentang memiliki segudang manfaat untuk wajah yang masih belum banyak diketahui. Kentang memiliki kandungan protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan potasium.


    Pemanfaatan kentang untuk skincare telah dilakukan bahkan sejak 5000 tahun yang lalu. Sejarah menunjukkan bahwa irisan kentang digunakan untuk menenangkan luka bakar pada kulit. Di beberapa negara, kentang juga digunakan sebagai sabun. Ingin tahu manfaat kentang untuk wajah lainnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.




    (Baca Juga: Ingin Wajah Glowing, Ini 5 Manfaat Alpukat Untuk Wajah)


    1. Mencerahkan Kulit Secara Alami

    Manfaat kentang untuk wajah yang pertama adalah mencerahkan kulit. Kandungan enzim katekolase dalam kentang sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Kamu dapat mencampur kentang dengan yoghurt atau jus lemon, kemudian mengoleskannya pada wajah. Lakukan cara ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.


    Sementara, kandungan vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga, wajah akan terbebas dari bekas jerawat dan lebih terhidrasi. Selain itu, kentang juga dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit dengan kandungan asam azelaicnya.


    2. Mencegah Munculnya Kerutan di Wajah

    Manfaat Kentang Untuk Wajah

    (Mencegah Munculnya Kerutan di Wajah Dengan Kentang. Foto: Dok. insta_photos/iStock)


    Bertambahnya usia ditandai dengan munculnya kerutan, bintik-bintik hitam, dan kulit kendur. Hal ini dikarenakan produksi kolagen semakin berkurang. Kandungan antioksidan pada kentang berfungsi untuk melawan radikal bebas, yaitu salah satu pemicu munculnya kerutan pada wajah.


    Untuk mendapatkan manfaat kentang untuk wajah yang satu ini, kamu bisa membuat masker wajah. Caranya adalah dengan memarut kentang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama dua menit, lalu bilas hingga bersih.


    (Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    3. Mengatasi Jerawat

    Manfaat Kentang Untuk Wajah

    (Kentang Bermanfaat Untuk Mengatasi Jerawat. Foto: Dok. Prostock-Studio/iStock)


    Manfaat kentang untuk wajah yang selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Bagi sebagian besar wanita, jerawat menyebabkan kepercayaan diri menurun. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kulit wajah dengan berbagai rangkaian skincare maupun bahan-bahan alami seperti kentang.


    Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan sitokin dan asam azelat dalam kentang dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada wajah. Dengan demikian, mengolah kentang menjadi masker dan mengaplikasikannya pada wajah bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk memulihkan jerawat.


    4. Menghempaskan Mata Panda

    Memiliki mata panda tentu mengganggu penampilanmu, bukan? Namun kamu tak perlu khawatir, kentang bisa menjadi salah satu cara alami untuk menghempaskan mata panda. Kandungan vitamin K dalam kentang dapat mengurangi pembekuan darah di bawah mata.


    Sama seperti timun, kentang kaya akan air sehingga lebih mudah diserap ke dalam kulit dan mengatasi masalah umum di bawah mata yaitu mata bengkak. Kamu cukup mengiris tipis kentang, kemudian meletakkannya pada mata dalam kurun waktu 10-15 menit.


    5. Menghidrasi Kulit

    Kulit glowing memang menjadi dambaan setiap wanita. Memperoleh kulit glowing dan sehat dapat dimulai dari menjaga kelembapan kulit. Kandungan kalium pada kentang berfungsi untuk mengatur jumlah air dalam sel tubuh. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, masker kentang adalah pilihan yang tepat untuk permasalahan kamu. Dengan demikian, kelembapan kulit akan terjaga lebih lama.


    6. Mengatasi Kulit Berminyak

    Manfaat Kentang Untuk Wajah

    (Kulit Berminyak Pemicu Masalah Kulit Lainnya. Foto: Dok. Boyloso/iStock)


    Kulit berminyak, sumber masalah dari berbagai masalah kulit lainnya. Tak hanya menyebabkan wajah tampak kusam, kulit berminyak juga menjadi pemicu jerawat. Tenang saja, manfaat kentang untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi kulit berminyak. Kentang mampu menyerap sebum dan menghempaskan kotoran pada pori-pori.


    Cukup dengan mencampurkan kentang dengan oatmeal, susu, dan air lemon, kamu bisa membuat masker wajah dari kentang untuk atasi kulit berminyak. Pertama, hancurkan 3 kentang yang telah direbus hingga halus. Lalu, aduk rata dengan dua sendok makan susu, satu sendok makan oatmeal, dan satu sendok teh air lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Tomat Untuk Atasi Masalah Kulit)


    Inilah beberapa manfaat kentang untuk wajah yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, langsung coba dan rasakan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below