Hair & beauty

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah

By : Putri Arifa Malik - 2021-06-11 15:00:01 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah

Jerawat seolah menjadi salah satu masalah kulit yang hampir pasti dialami oleh setiap orang. Biasanya, masalah satu ini juga menjadi yang paling ditakuti. Bagaimana tidak? Munculnya jerawat di kulit wajah bisa mengganggu penampilan dan memengaruhi kepercayaan diri kita. Apalagi ketika bekas jerawat merah ikut muncul setelah jerawat hilang. 

Hal yang lebih mengganggu dibanding jerawat itu sendiri adalah bekas jerawat merah yang bisa saja tinggal lama di kulit wajah. Memang ada beberapa jenis jerawat yang cepat hilang atau hanya berada di kulit selama beberapa hari saja, namun sering kali bekas yang ditinggalkan justru lebih susah untuk dihilangkan. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah baru bagi kamu. 

Bekas jerawat merah biasanya terjadi karena Post Inflammatory Erythema (PIE). Kemerahan di kulit wajah akibat jerawat terjadi karena pelebaran, inflamasi, atau kerusakan di pembuluh darah kapiler yang berada di bawah lapisan kulit. Biasanya hal ini dipicu oleh kehadiran cystic acne atau jerawat batu, namun tak menutup kemungkinan berbagai kondisi kulit lainnya seperti dermatitis dan sunburn bisa menyebabkan PIE. Bekas jerawat merah ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi di beberapa kasus akan lebih sulit dan membutuhkan bantuan ekstra.

Her World mengumpulkan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah untuk membantu kamu mendapatkan skin goals ideal. 


(Baca juga: 10 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kombinasi, Bikin Glowing!)


1. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Lembut


(Centella Blemish Cream. Foto: Dok. COSRX)

Sebisa mungkin kamu harus memilih rangkaian produk perawatan kulit yang lembut dan melindungi skin barrier kamu. Produk scrub dengan butiran yang terlalu kasar atau formula lain yang bisa mengiritasi kulit menjadi musuh utama skin barrier dan menunda proses penyembuhan alami. Saat memilih skincare, utamakan produk yang memiliki kandungan antara lain centella asiatica, tea tree, atau aloe vera untuk membantu meredakan bekas jerawat merah, atau ceramide untuk membantu memulihkan skin barrier.

Disebut holy grail untuk menghilangkan bekas jerawat merah, kamu bisa gunakan COSRX Centella Blemish Cream sebagai step akhir di skincare routine kamu di pagi atau malam hari. Totolkan produk menggunakan jari atau cotton bud pada bekas jerawat, pakai secara rutin untuk hasil yang maksimal.


2. Mulai Berteman dengan Chemical Exfoliant


(Drunk Elephant T.L.C. Sukari Babyfacial 25% AHA + 2% BHA Mask. Foto: Dok. Drunk Elephant)

Saat bekas jerawat merah sudah terasa mengganggu penampilan kulit kamu, sudah saatnya untuk mencoba ragam chemical exfoliant yang bisa kamu gunakan sendiri di rumah. Produk perawatan yang memiliki formula AHA, BHA, dan PHA bisa menjadi senjata rahasia kamu dalam memerangi bekas jerawat merah yang membandel.

Jika kamu masih ragu menggunakan produk chemical exfoliant, kamu bisa memulainya dengan masker bilas sebanyak 1-2 kali seminggu. Her World merekomendasikan Drunk Elephant T.L.C. Sukari Babyfacial 25% AHA + 2% BHA Mask, yang akhir-akhir ini kembali ngetren di kalangan penggemar kecantikan. Produk ini memiliki gabungan kandungan AHA dan BHA yang dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi.


3. Jangan Lupakan Tabir Surya dengan SPF 30


(Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 PA++. Foto: Dok. Votre Peau)

Kami akan terus mengulanginya, jangan pernah lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Selain itu, kamu juga harus mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua hingga tiga jam sekali untuk perlindungan maksimal. Sinar UV memiliki efek yang kurang baik untuk kulit, sehingga kamu harus selalu melindunginya agar bekas jerawat merah tidak semakin menggelap.

Saat ini sudah terdapat banyak produk sunscreen yang menawarkan SPF 30 atau bahkan lebih dari itu. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 PA++ merupakan salah satu sunscreen lokal terbaik yang aman digunakan untuk kulit sensitif dan berjerawat. Bisa kamu coba!


4. Kandungan Antioksidan Tinggi


(Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG. Foto: Dok. Somethinc)

Coba mulai masukkan berbagai formula dengan antioksidan tinggi ke dalam rangkaian perawatan kulit kamu. Kandungan vitamin C dikenal sebagai sumber terbaik antioksidan untuk kulit. Ia mampu mengurangi inflamasi dengan risiko iritasi rendah, serta mencerahkan warna kulit kamu. Selain menggunakan produk kaya antioksidan, kamu juga mulai bisa mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C seperti apel dan jeruk.

Produk dengan kandungan vitamin c yang paling ampuh adalah serum. Kamu bisa gunakan Somethinc Lemonade Waterless Vitamin C + Ferulic + NAG yang mengandung stabilized vitamin c, 67% jeju lemonade kaya antioksidan, dan ferulic acid.


5. Aplikasi Retinol atau Retinoid Secara Teratur


(Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Foto: Dok. Avoskin)

Kandungan retinol dan retinoid sudah menjadi senjata rahasia untuk memerangi penuaan. Selain itu, dua kandungan tersebut ampuh dalam merangsang proses regenerasi kulit. Jika digunakan secara teratur, kulit akan dipenuhi oleh sel-sel baru yang lebih muda dan sel kulit yang sudah rusak atau mati akan cepat terangkat dari permukaan. 

Jika kamu ingin memerangi beberapa masalah kulit sekaligus seperti garis halus, kerutan pada mata, dan bekas jerawat merah, kamu bisa gunakan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule!


(Baca juga: Kaya Manfaat, Ini 15 Cleansing Oil Untuk Membersihkan Wajah)


6. Lakukan LED Light Therapy di Rumah


(Skin Gym Revilit LED Light Therapy. Foto: Dok. Skin Gym)

Light therapy menunjukkan hasil yang baik untuk berbagai macam masalah kulit, mulai dari berkurangnya kolagen hingga mengatasi breakouts. Riset terkini mengatakan bahwa lampu berwarna merah di alat LED Therapy bisa membantu mengurangi inflamasi dan merangsang perbaikan sel. Dua hal tersebut tentu mendukung penyembuhan bekas jerawat merah di kulit kamu secara efektif.

Kini, sudah banyak alat LED Light Therapy yang bisa kamu dapatkan di marketplace untuk digunakan sendiri di rumah, sehingga bisa menghemat waktu kamu. Salah satunya adalah Skin Gym Revilit LED Light Therapy yang memancarkan cahaya merah, biru, dan hijau untuk menargetkan tanda-tanda penuaan, jerawat, dan hiperpigmentasi.


7. Coba Chemical Peeling!

Meski sudah teratur menggunakan chemical exfoliant di rumah, tak ada salahnya untuk sesekali datang ke klinik kecantikan dan melakukan perawatan chemical peeling yang lebih intensif. Produk chemical exfoliant di rumah tentu tidak memiliki kandungan acid yang cukup tinggi, namun telah disesuaikan dengan keamanan untuk perawatan sendiri. Di klinik kecantikan, kamu bisa mendapatkan perawatan dengan kandungan acid yang lebih tinggi di bawah pengawasan profesional.


8. Jangan Takut dengan Ritual Microneedling 

Perawatan satu ini mungkin terdengar begitu keras, namun cukup aman untuk dilakukan secara berkala. Kamu bisa memilih untuk melakukan microneedling di klinik kecantikan terpercaya atau membeli alat microneedling untuk melakukannya sendiri di rumah. Jalan manapun yang kamu pilih, microneedling bisa menjadi senjata ampuh untuk mengatasi bekas jerawat merah di kulit wajah.


9. Perawatan Laser Wajah Secara Berkala


(Ilustrasi perawatan laser wajah. Foto: Dok. Edwin Tan/iStock)

Begitu pula dengan perawatan laser wajah. Kini sudah banyak berbagai klinik kecantikan yang menyediakan ragam perawatan laser, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat merah atau hiperpigmentasi dengan harga yang cukup bersaing. Melakukan perawatan laser secara berkala bisa kamu jadikan ritual me time sekaligus menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kamu.


10. Selalu Konsisten Dalam Merawat Wajah

Konsistensi dalam menggunakan produk perawatan wajah bukanlah hal sepele. Beberapa kandungan seperti AHA BHA PHA, vitamin C, dan retinol membutuhkan waktu untuk bekerja. Biasanya produk perawatan yang digunakan di rumah akan terlihat hasilnya dalam empat hingga 12 minggu. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk tidak patah semangat dan terus konsisten dalam menggunakan rangkaian produk tersebut hingga hasilnya mulai terlihat.


(Baca juga: Rekomendasi Klinik Untuk Melakukan Perawatan Laser Wajah)


Cara menghilangkan bekas jerawat merah memang tidak mudah, namun patut dilakukan untuk terus menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Kuncinya terletak pada konsistensi dan kesabaran kamu dalam melakukan semua langkah tersebut. Never give up on your skin!




Hair & beauty