Fakta Seram Sungai Aare, Tempat Hilangnya Anak Ridwan Kamil


  • Fakta Seram Sungai Aare, Tempat Hilangnya Anak Ridwan Kamil
    Sungai Aare di Swiss. (Foto: Dok. Kasadoo)

    Pada hari Kamis, 26 Mei 2022, masyarakat Indonesia digemparkan oleh berita musibah bahwa anak sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Emmeril Kahn Mumtadz atau yang sering disapa sebagai Eril dikabarkan telah terseret arus deras sungai Aare saat ingin kembali ke permukaan setelah berenang bersama adik dan temanya. Kabar ini disampaikan langsung oleh Elpi Nazmuzaman, perwakilan keluarga Ridwan Kamil, dalam sebuah siaran pers. 


    Kondisi Eril sampai sekarang belum diketahui secara jelas. Pencarian pada hari tersebut dilakukan selama 6 jam namun tidak membuahkan hasil. Pencarian tersebut masih dilakukan sampai saat ini oleh Tim SAR dan kepolisian Swiss. Peristiwa ini membuat warganet penasaran akan Sungai Aare di Swiss yang mencelakakan anak sulung Kang Emil tersebut. 




    (Baca Juga: Cara Membuat Rosti Hidangan Kentang Khas Swiss)


    Penasaran seperti apa Sungai Aare? Yuk, kita simak faktanya. 


    Sungai Terpanjang Di Swiss


    Memiliki panjang hingga 288 kilometer, Sungai Aare menjadi sungai terpanjang di Swiss. Sungai ini mengairi area seluas 17.779 km persegi, melewati berbagai desa dan kota dengan pemandangan yang indah. Menurut Britanica, sungai ini bermuara di Gletser Aare di Bernese Alps, di bawah Finsteraarhorn, di Kantor Bern, dan di barat Grimsel Pass, bagian tengah Swiss. 


    Berenang di Sungai Aare Menjadi Warisan Budaya Swiss


    UNESCO menobatkan berenang di Sungai Aare sebagai tradisi yang hidup sampai sekarang semenjak tahun 2017. Pada umumnya, berenang diklasifikasikan oleh Kantor Kebudayaan Federal Swiss sebagai aktivitas yang menjadi tradisi masyarakat. Maka dari itu, berenang di Sungai Aare menjadi warisan keragaman budaya yang aktif dan sudah dipertahankan seiring meluasnya tradisi di Swiss sejak tahun 2012.


    sungai aare

    (Berenang di Sungai Aare, Swiss. Foto: Dok. Bern.com)

    Kualitas Air Yang Bagus


    Sungai Aare juga terkenal akan kualitas airnya yang bagus dan sudah dikonfirmasi oleh sampel air sungai, yang menempatkan sungai ini dalam kategori kualitas 'sangat baik' pada tahun 2016. Masyarakat dan wisatawan dikabarkan dapat meminum air dari 100 lebih sumur di kota Bern ini karena menjadi sumber air minum segar. 


    Disebrangi 17 Jembatan


    Menjadi sungai terpanjang di Swiss membuat 17 jembatan menyebrangi Sungai Aare. Salah satu dari 17 jembatan tersebut adalah jembatan tertua di Swiss, yaitu jembatan Untertorbrücke atau Untertor yang menghubungkan distrik Matte dan Altenberg semenjak tahun 1487. 


    Memiliki Arus Yang Deras


    Sungai Aare memiliki arus yang deras, bisa menjadi sebuah bahaya bagi orang-orang yang berenang di sungai itu. Sungai ini bahkan memiliki rekor dunia dalam kegiatan arung jeramnya pada tahun 2012, yang mana sebanyak 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai Aare dengan perahu karet dari wilayah Kiesen ke Eicholz. Diprakarsai oleh portal rekreasi daring Gonnado, kegiatan arung jeram tersebut melebihi rekor tahun sebelumnya, yaitu hanya 54 orang. 


    (Baca Juga: Manfaat Renang Untuk Tubuh dan Kesehatan)


    Itulah fakta-fakta Sungai Aare di Swiss yang menenggelamkan anak Ridwan Kamil. Semoga Emmeril Kahn berhasil ditemukan dengan selamat. 


    (Penulis: Andrea Nathania) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below