Indonesia Raih Emas, Ini Perolehan Medali SEA Games 2022


  • Indonesia Raih Emas, Ini Perolehan Medali SEA Games 2022
    (Perolehan Medali SEA Games 2022 Oleh Indonesia. Foto: @kemenpora/Instagram)

    Pesta Olahraga Asia Tenggara atau lebih dikenal dengan Southeast Asian Games (SEA Games) akhirnya dilangsungkan pada 12 Mei 2022 - 23 Mei 2022, setelah sempat tertunda pada akhir tahun 2021 akibat pandemi. Kali ini Vietnam kembali berkesempatan menjadi tuan rumah SEA Games ke-31.


    (Baca juga: 7 Atlet Pria Di Olimpiade Tokyo 2020 Yang Mencuri Perhatian)




    Vietnam sebagai tuan rumah berada di puncak klasemen dengan menduduki posisi pertama dalam perolehan medali SEA Games 2022. Hingga kini, Vietnam telah memperoleh total 27 medali yang terdiri dari 10 medali emas, 7 medali perak, dan 10 medali perunggu.

    Malaysia yang berhasil merebut medali emas pertama dari cabang olahraga loncat indah, berada pada posisi kedua dalam perolehan medali SEA Games 2022. Malaysia berhasil merebut total 21 medali yang terdiri dari 9 medali emas, 3 medali perak, dan 9 medali perunggu.

    Perolehan Medali SEA Games 2022

    (Nadya Nakhoir Peraih Medali Perunggu Indonesia di SEA Games 2022. Foto: @kemenpora/Instagram)

    Berada pada peringkat ketiga dalam perolehan medali SEA Games 2022, kontingen Indonesia berhasil memperoleh total 8 medali yang terdiri dari 3 medali emas, 4 medali perak, dan 1 medali perunggu. Nadya Nakhoir, atlet dari cabang olahraga kickboxing, berhasil menyumbang medali pertama untuk tanah air. Bertanding di Bac Ninh Gymnasium, Nadya menang telak dengan skor 3-0 melawan Nguyen Thi Hang dari Vietnam pada babak semifinal.



    Medali emas pertama Indonesia dibawa pulang oleh Kakan Kusmana dan Ardi Isadi dari cabang olahraga dayung ganda. Pada babak final, kedua atlet tersebut menyelesaikan pertandingan dengan waktu tercepat yaitu 7 menit 1,385 detik, dengan Filipina berada di posisi kedua dan Vietnam pada posisi ketiga. Bukan hanya pasangan Kakan Kusmana dan Ardi Isadi, Sulfianto dengan pasangannya La Memo juga berhasil membawa pulang medali emas dari cabang olahraga dayung.


    (Baca juga: Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur Baik Untuk Tubuh)


    Perolehan medali emas juga datang dari cabang olahraga pencak silat wanita ganda yaitu, Ririn Rinasi dan Riska Hermawan. Kedua atlet pencak silat asal Indonesia ini memukau kesepuluh juri dan mengumpulkan total poin sebanyak 9.955, mengalahkan Vietnam dengan total poin 9.925.


    Semangat bertanding!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below