Hair & beauty

Wajib Dicoba, Cara Ampuh Atasi Kulit Wajah Kering Bersisik

By : Her World Indonesia - 2022-05-18 14:00:01 Wajib Dicoba, Cara Ampuh Atasi Kulit Wajah Kering Bersisik

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki kulit wajah kering bersisik? Kulit wajah kering tentu sangat mengganggu. Selain akan membuat kulit terlihat kusam, kasar, dan terkelupas, kulit wajah kering bersisik juga akan terasa gatal dan perih. Tapi tak perlu cemas, kamu hanya perlu memperhatikan perawatan kulit kamu. Lalu bagaimana cara ampuh atasi kulit wajah kering bersisik? Yuk lihat beberapa cara paling ampuh atasi kulit wajah kering bersisik berikut ini.

(Baca juga: 6 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Untuk Atasi Kulit Kering)

1. Rutin Melembapkan Kulit Wajah

Pelembap, salep, dan krim membantu meningkatkan fungsi penghalang alami kulit, yang dapat meningkatkan retensi air. Sehingga, rangkaian skincare tersebut membantu menenangkan dan melembapkan kulit kering. Kamu dapat menggunakan pelembap dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari, untuk memberikan asupan kelembapan kulit.

Pemilihan pelembap juga tidak bisa sembarangan sebab penggunaan pelembap yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit hanya akan membuat kulit kering dan bersisik menjadi semakin parah. Beberapa kandungan pada pelembap yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik yakni, hyaluronic acid, minyak kelapa, lidah buaya, ceramides, dan shea butter.

2. Gunakan Sabun Cuci Muka Yang Lembut


(Mencuci Muka Dengan Sabun Yang Lembut Untuk Mengatasi Kulit Wajah Kering Bersisik. Foto: Dok. LightFieldStudios/iStock)

Penggunaan sabun cuci muka dengan kandungan parfum, pewarna, dan bahan kimia lainnya akan membuat kulit wajah kamu iritasi dan semakin kering. Beberapa sabun muka mengandung pembersih yang keras untuk membuat wajah kamu bersih. Sehingga, yang kamu butuhkan untuk atasi kulit wajah kering bersisik adalah sabun cuci muka yang lembut, untuk menghilangkan kotoran namun tidak menghilangkan minyak alami kulit, supaya kulit wajah tetap terhidrasi dan tampak sehat.

(Baca juga: Aman, Ini Sabun Muka Untuk Kulit Kering)

3. Eksfoliasi


(Mengatasi Kulit Wajah Kering Bersisik Dengan Eksfoliasi. Foto: Dok. Aja Koska/iStock)

Kulit wajah terus menerus membuat sel-sel baru dan melepaskan sel-sel lama. Ketika sel-sel kulit mati menempel di permukaan wajah, kulit wajah akan terlihat kering bersisik dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Eksfoliasi menjadi jawaban untuk atasi kulit wajah kering bersisik karena dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang dapat memperbaiki tekstur kulit wajah secara keseluruhan.

4. Ubah Kebiasaan Mandi

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering bersisik, sangat disarankan untuk menggunakan air suhu normal, bukan air panas, saat mandi atau mencuci muka. Penggunaan air yang terlalu panas untuk mandi akan membuat kulit menjadi semakin kering.

Selain itu, untuk kamu yang sering menghabiskan terlalu banyak waktu saat mandi sangat disarankan untuk tidak melakukannya lagi. Mandi terlalu lama akan membuat menghilangkan sebum pada kulit, sehingga kulit kamu akan semakin kering. Setelah mandi atau mencuci muka, kamu harus segera mengoleskan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan kulit wajah.

5. Minum Air Putih


(Atasi Kulit Wajah Kering Bersisik Dari Dalam Dengan Minum Air Putih. Foto: Dok. fizkes/iStock)

Cara atasi kulit wajah kering bersisik yang satu ini tidak kalah penting dan mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Minum air putih memang telah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga kelembapan kulit. Ketika tubuh kekurangan air, maka kulit akan mengalami dampaknya.

Kulit menjadi kering, kusam, dan rentan iritasi akibat kekurangan asupan air dalam tubuh. Jadi, penuhi kebutuhan air putih dengan meminum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering bersisik, yuk rawat kulit kamu supaya glowing dan sehat!

(Penulis: Audrey Josephine)

Hair & beauty