Ini 5 Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat


  • Ini 5 Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat
    (Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Cuaca ekstrem yang tidak menentu kerap kali menyebabkan tubuh menjadi tidak bugar. Tubuh yang tidak bugar menjadi rentan terpapar penyakit, salah satunya adalah pilek dan hidung tersumbat. Hidung tersumbat terjadi akibat jaringan di dalam hidung yang terganggu.




    Selain terjadi akibat alergi, hidung tersumbat juga disebabkan oleh udara kotor yang membuat peradangan pada saluran hidung. Ketika terjadi peradangan, hidung akan memproduksi lendir untuk mengeluarkan semua yang mengganggu pernapasan. Lendir inilah yang membuat hidung menjadi tersumbat.


    Berbagai obat dapat dikonsumsi untuk mengobati hidung tersumbat. Namun, ada juga lho cara alami atasi hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan di rumah. Berikut beberapa cara alami atasi hidung tersumbat.

    (Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Untuk Kamu Yang Sering Flu)

    1. Menghirup Uap Air


    Cara alami atasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan sangat sederhana yaitu menggunakan uap yang berasal dari air panas. Uap air dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung dan membantu mengeluarkannya. Dengan menghirup uap air panas, hidung mampet akan jadi lega seketika. Kamu hanya perlu menyiapkan baskom, air panas, dan handuk. Pertama, tuang air panas ke dalam baskom.


    Kemudian, posisikan kepala ke atas baskom lalu tutup bagian kepala dengan handuk. Hirup dengan perlahan-lahan uap yang keluar dari air panas dalam baskom. Kamu bisa melakukan cara ini 3-4 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.


    Selain menghirup uap air panas dari baskom, cara alami atasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat secara menyeluruh dan membantu proses pengenceran lendir pada hidung.

    2. Minum Air Dalam Jumlah Banyak

    Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat

    (Minum Air Dalam Jumlah Banyak Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat. Foto: Dok. mediaphotos/iStock)


    Hidung tersumbat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan minum banyak air putih. Mengonsumsi air putih juga dapat membantu mengencerkan lendir, mendorong cairan untuk keluar dari hidung, dan mengurangi tekanan di sinus.


    Ketika tekanan di sinus semakin kecil maka peradangan dan iritasi di saluran hidung juga akan semakin sedikit. Air putih dengan suhu hangat sangat dianjurkan karena dapat membantu mengurangi kekentalan lendir. Dengan demikian, lendir akan keluar kamu bisa bernapas dengan lebih lega.


    (Baca juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!)

    3. Menggunakan Minyak Eukaliptus


    Minyak eukaliptus atau yang lebih dikenal dengan minyak kayu putih juga merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Penyembuhan hidung tersumbat menggunakan minyak eukaliptus telah berlangsung cukup lama. Minyak ini memang terbukti dapat melegakan hidung tersumbat. Dengan menghirup minyak eukaliptus, peradangan pada lapisan hidung akan berkurang. Selain menghirup, kamu juga dapat mengoleskan minyak ini di sekitar hidung.


    (Baca juga: 9 Minyak Esensial yang Baik Untuk Kesehatan)

    4. Mengonsumsi Teh Herbal

    Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat

    (Minum Teh Herbal Sebagai Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat Foto: Dok. aaron007/iStock)


    Teh herbal seperti teh peppermint dengan kandungan utama mentol dapat menggantikan peran obat dekongestan secara alami. Diseduh dengan air hangat dan dikonsumsi secara perlahan mampu melegakan saluran hidung yang tersumbat serta mengurangi peradangan pada hidung.


    Teh herbal dapat dikonsumsi sebanyak satu hingga lima cangkir dalam sehari untuk hasil yang lebih efektif. Selain sebagai salah satu cara alami mengatasi hidung tersumbat, teh herbal juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tidak rentan terpapar penyakit. 

    5. Menyesuaikan Posisi Tidur


    Bernapas dengan hidung tersumbat ketika tidur tentu sangat tidak nyaman dan akan mengganggu kualitas tidur. Kamu dapat mengatasi hidung tersumbat saat tidur dengan menyesuakan posisi tidur. Hidung tersumbat saat tidur dapat diatasi dengan menumpuk bantal hingga posisi kepala lebih tinggi. Posisi seperti ini dapat membantu mengurangi tekanan di kepala dan menyebabkan sumbatan pada saluran hidung keluar. 


    Posisi tidur yang perlu kamu hindari ketika sedang mengalami hidung tersumbat adalah telentang. Lendir yang menumpuk pada hidung akan statis pada saluran pernapasan dan mengganggu proses keluar masuk udara. Tidur dengan posisi telentang akan meningkatkan aliran pada pembuluh darah di hidung, sehingga menyebabkan hidung semakin tersumbat.


    Berbagai cara diatas dapat menjadi alternatif cara alami atasi hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan di rumah. Namun, apabila kamu menginginkan pemulihan dengan lebih cepat, sangat disarankan untuk langsung melakukan konsultasi dengan dokter. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below