Life & health

Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam & Kering Setelah Beraktivitas

By : Her World Indonesia - 2022-05-09 17:00:01 Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam & Kering Setelah Beraktivitas

Memiliki aktivitas yang padat sepanjang hari, terlebih di cuaca yang panas, tentunya membuat kondisi kulitmu kurang terawat. Metode perawatan wajah yang salah akan menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. 


Setelah menjalani aktivitas seharian, yuk ikuti beberapa cara untuk mengatasi kulit kusam dan kering agar wajahmu tetap bersih dan terawat.


(Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam)

1. Mencuci muka dengan benar


Kita kerap mencuci muka hanya dengan sabun pembersih muka dan air. Sebenarnya, akan lebih ampuh jika kita membasuh muka terlebih dahulu dengan micellar water di atas kapas untuk mengangkat kotoran dan menghapus make-up di muka. Kemudian, cucilah muka dengan sabun pembersih dan dibilas dengan air. Setelah itu, keringkan muka dengan tisu atau lap kering yang bersih. 


2. Exfoliasi kulit wajah secara teratur


Sel-sel kulit mati akan menyebabkan kulit wajahmu terlihat kusam. Untuk mendukung proses regenerasi kulit, lakukan eksfoliasi setiap 2-3 seminggu. Namun, jangan asal memilih produk! Gunakan produk eksfoliasi yang aman di wajah dan cocok dengan tipe kulitmu. 


3. Pakai pelembap yang cocok di kulit


Salah satu cara mengatasi kulit kusam dan kering adalah dengan memakai pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu. Pelembap akan melindungi kulitmu agar tidak kering dan berakhir kusam. Kamu dapat memakainya pada pagi hari sebelum beraktivitas dan pada malam hari setelah beraktivitas. 


(Pelembab penting untuk kulit wajah kering. Foto: Dok. PeopleImages/Pexels)

4. Gunakan serum wajah


Selain pelembap, penggunaan serum penting untuk mengatasi kulit kusam dan kering. Serum dapat melindungi dan mencerahkan kulit wajahmu jika digunakan secara berkala. Selain itu, serum juga menghidrasi kulitmu dan mencegah penuaan dini yang umumnya disebabkan oleh kulit kering. Pakailah serum wajah yang dikhususkan untuk melembapkan, mencerahkan, dan menghidrasi kulit yang kering agar hasilnya maksimal!


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Untuk Atasi Kulit Kering)

5. Perbanyak minum air putih


Selain mengatasi kulit kusam dan kering dari luar, kamu juga wajib mengatasinya dari dalam, salah satunya dengan meminum air putih yang banyak. Kandungan dalam air putih dapat mengecangkan dan menjaga elastisitas kulit wajah. Sering mengonsumsi air putih juga membantu menghidrasi kulit wajahmu agar tidak kering dan kusam. 


Itu dia cara mengatasi kulit kusam dan kering setelah kamu beraktivitas sepanjang hari. Semoga bermanfaat!

Life & health