Mengulik 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


  • Mengulik 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
    Manfaat buah naga untuk kesehatan. (Foto:Dok.Lovefood/Pexels)


    Anda pernah mencoba buah naga? Warnanya yang ungu kemerahan dan putih bersih buat siapapun yang melihatnya pasti ingin menyantapnya. Selain rasanya yang lezat, buah yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

    Tak hanya vitamin, buah ini juga kaya akan serat, antioksidan dan lainnya yang melindungi metabolisme sel dari dalam. Bahkan, buah naga juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan serangan jantung. Selain rasanya yang manis, berikut tujuh manfaat buah naga untuk kesehatan.



    (Baca Juga: 5 Manfaat Makan Buah Naga Setiap Hari)


    1. Kaya Akan Nutrisi dan Vitamin


    (Buah naga banyak akan nutrisi dan vitamin.Foto:Dok.Freestock/Pexels)


    Buah naga jadi salah satu dari deretan buah yang memiliki kalori rendah, namun kaya akan vitamin mineral. Manfaat yang dirasakan saat mengonsumsinya karena adanya kandungan protein, karbohidrat, fiber, zat besi, vitamin C dan E yang mampu memaksimalkan nutrisi yang diperlukan tubuh.


    2. Melawan Penyakit Kronis


    (Buah naga bisa menyembuhkan penyakit kronis.Foto:Dok.freestock/Pexels)


    Salah satu manfaat dari buah naga adalah melawan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Hal ini disebabkan buah naga mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan penyakit. Melansir laman Healthline antioksidan yang terbaik untuk didapatkan yaitu berasal dari makanan dan bukan dari pil atau sebagai suplemen.

    (Baca Juga: Makan 6 Buah Ini Untuk Terhindar Dari Kanker)


    3. Memperkuat Imun Di Dalam Tubuh


    (Manfaat buah naga bisa memperkuat imun di dalam tubuh.Foto:Dok.samer/Pexels)


    Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh untuk melindunginya dari serangan virus dan infeksi. Untuk memaksimalkan kerja imun ini, mengonsumsi buah naga bisa jadi solusinya karena buah ini mengandung vitamin C dan Karotenoid yang bisa meningkatkan sistem imun dan menjaga sirkulasi sel darah putih. 


    4. Kaya Akan Serat


    (Konsumsi buah naga untuk serat.Foto:Dok.Nix/Pexels)

    Untuk kesehatan, tubuh sebaiknya menerima serat hingga 25-38 gram per hari. Dan untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi buah naga setiap hari. Selain melancarkan pencernaan, serat juga bisa melindungi tubuh dari serangan jantung, diabetes dan kenaikan berat badan.


    5. Menyehatkan Usus


    (Baik untuk pencernaan dan usus.Foto:Dok/Medical News Today)

    Menjaga kesehatan usus sangatlah penting, karena ia merupakan organ tubuh yang menyimpan banyak bakteri untuk dikeluarkan dari tubuh. Salah satu cara untuk melindunginya adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga diketahui mengandung prebiotik. yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. 

    (Baca Juga: Cara Membuat Dragonfruit Popsicles)


    6. Kaya Akan Zat Magnesium


    (Buah naga bisa memperkuat tulang.Foto:Dok.Snapwire/Pexels)

    Buah naga adalah sumber magnesium terbaik untuk menutrisi tubuh. Zat magnesium ini memudahkan tubuh untuk menyerap kalsium yang baik untuk tulang.


    7. Mengandung Banyak Zat Besi


    (Ilustrasi buah naga. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Yang terakhir, buah naga memiliki segudang manfaat salah satunya karena ia mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Zat besi berfungsi untuk mengangkat oksigen dari paru-paru untuk membentuk energi yang dibutuhkan oleh sel. 

    Kamu bisa mengonsumsi buah naga dengan cara dijus atau pun dipotong untuk merasakan khasiatnya untuk tubuh.




 
Advertisement - Continue Reading Below