Coba 4 Cara Ini Untuk Pola Kerja Lebih Produktif & Seimbang


  • Coba 4 Cara Ini Untuk Pola Kerja Lebih Produktif & Seimbang
    Cara untuk pola kerja produktif dan seimbang. (Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)

    Budaya hustling alias hustle culture mungkin sudah jadi bagian dalam hidupmu. Sebuah tren kerja yang menguras tenaga dan waktu tanpa beri ruang untukmu relaksasi. Entah dimana pun tempat, kapanpun waktunya, pola kerja ini lama-lama tak baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu.




    Jika kamu adalah salah satu orang yang bekerja secara berlebihan karena berbagai alasan dan ingin mengubah pola kerja menjadi lebih produktif dan seimbang, ada beberapa cara yang bisa diterapkan secara perlahan. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.


    (Baca Juga: Wajah Lebih Cerah, Ini 6 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan)


    1. Susun jadwal dan tentukan waktu kerja


    Kamu memiliki 24 jam dalam satu hari, ditambah sekarang ada pilihan untuk bekerja dari rumah, ada banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari selain bekerja di depan laptop. Dengan batas waktu dan ruang kerja yang semakin bias selama dua tahun terakhir, kamu mungkin menyadari pentingnya untuk tentukan waktu kerja dan menyusun jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya.


    Jadwal yang sudah kamu susun akan membantumu jalani setiap kegiatan lebih teratur dan bisa beri ruang untuk lakukan kegiatan lain.


    2. Beri waktu untuk fokus pada diri setiap pagi


    hustle culture, produktif

    (Awali pagi dengan buku favoritmu. Foto: Dok. Vincenzo Malagoli/Pexels)


    Dengan waktu kerja yang jelas, kamu pun bisa mengambil momen untuk fokus pada diri sendiri, mungkin sebelum bekerja. Coba bangun lebih pagi dan isi waktu tersebut dengan hal-hal yang bisa memberi semangat dan meningkatkan konsentrasi Anda sebelum menjalani sisa hari dengan pekerjaanmu. Mungkin berolahraga, membaca buku, membuat sarapan (dan menikmatinya), kamu bisa mengawali hari dengan energi yang lebih positif.


    3. Bekerja dengan kesadaran penuh


    Cara untuk membangun pola kerja yang lebih produktif dan seimbang adalah menyadari momen saat ini, termasuk bekerja dengan kesadaran penuh. Jalani dengan hati, mulai dari menyelesaikan tugas-tugas hingga mengambil keputusan, penting untuk kamu menyadari setiap prosesnya. Dengan itu, kamu bisa belajar dari kesalahan pada situasi itu dan beri selebrasi pada diri sendiri karena bisa menyelesaikan pekerjaan di hari itu dengan baik.


    4. Beri reward setiap hari pada diri sendiri


    hustle culture, produktif

    (Semangkuk onion rings untuk rayakan harimu. Foto: Dok. Anna Tis/Pexels)


    Sesederhana menaikkan suhunya sedikit dan mandi air hangat setelah kamu selesai bekerja, merelaksasi tubuh yang tegang di depan laptop dan juga pikiran yang terus mempertimbangkan berbagai hal. Mungkin mematikan semua perangkat elektronik, laptop apalagi, dan izinkan dirimu untuk menikmati kenyamanan kamar tidurmu, apapun bentuknya, berilah penghargaan atau reward bagi kamu yang berhasil jalani hari dengan serangkaian tugas yang ada.


    (Baca Juga: Apakah Mentimun Benar Bekerja Baik Sebagai Kompres Mata?)


    Itu dia beberapa cara untuk pola kerja yang lebih produktif dan seimbang. Semoga bermanfaat





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below