4 Manfaat Aromatherapy Candle Yang Perlu Kamu Tahu


  • 4 Manfaat Aromatherapy Candle Yang Perlu Kamu Tahu
    Aromatherapy candle dinyalakan sambil melakukan kegiatan favoritmu. (Foto: Dok. Karina Zhukovskaya/Pexels)

    Setiap orang pasti mempunyai cara relaksasinya sendiri-sendiri. Relaksasi dibutuhkan untuk melepaskan stres yang dialami. Stres sendiri bisa dialami karena berbagai hal, di antaranya karena masalah percintaan, pendidikan, pekerjaan, atau hal besar lainnya dalam hidup yang menurut pribadi itu penting. Karena itu, penting untuk kita mempunyai cara relaksasi ketika keadaan sedang sulit yang berpotensi membuat kita stres.


    Jika bingung dan sekiranya membutuhkan suatu barang dalam melepaskan stres, salah satu caranya adalah dengan mempunyai aromatherapy candle. Berbeda dengan lilin lainnya, aromatherapy candle mengandung banyak minyak esensial. Namun, barang ini pun mempunyai manfaat yang lainnya. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.




    1. Memberikan efek relaksasi

    aromatherapy candle

    (Kita bisa menikmati aromatherapy candle sambil menghirup udara segar. Foto: Dok. Artem Beliaikin/Pexels)


    Bisa dibilang kegunaan utama aromatherapy candle adalah untuk relaksasi. Untuk beberapa orang, efek relaksasi bisa didapatkan dari mencium wewangian. Aromatherapy candle yang mengeluarkan wewangian, bisa membawa kenyamanan setelah lelah seharian. Bahkan, wewangian itu tidak hanya membuat kita rileks, tapi bisa juga mengingatkan kita pada momen indah tertentu. Maka dari itu, pilihlah aroma yang kita butuh dan inginkan ya.


    Setelah membeli aromatherapy candle yang cocok dengan diri kita, cari tempat dimana kita bisa menyalakannya untuk tujuan relaksasi tersebut. Mungkin di rumah, kantor, ataupun kamar kita sendiri. Tentukan bagaimana posisi kita dan suasan ruangan saat ingin menikmati aromatherapy candle itu. Setelah semuanya siap, nyalakan aromatherapy candle dan pejamkan mata kita.


    2. Penenang suasana saat bekerja


    Di masa pandemi ini, pekerjaan diharuskan untuk dilakukan di rumah demi mengurangi penyebaran virus yang sudah mengganggu jalannya kehidupan di dunia. Bagi sebagian orang yang lebih menyukai bekerja di kantor, tentunya ini menjadi adaptasi yang cukup besar meski pandemi sudah berjalan beberapa waktu. Bukan tidak mungkin dirinya merasakan stres yang lebih besar saat bekerja dari rumah.


    Untuk itu, kita mesti temukan apa pun yang bisa membantu untuk adaptasi ini. Kita bisa nyalakan aromatherapy candle saat WFH. Suasana bekerja yang tenang tetap kita butuhkan untuk fokus. Dalam pekerjaan yang tetap padat, lilin itu bisa menyetel suasana tambahan yang nyaman ketika bekerja. Dengan begitu, kita akan bisa bekerja sedikit lebih rileks.


    (Baca Juga: Rekomendasi Lilin Aromaterapi untuk Bersantai di Rumah)


    3. Meditasi

    aromatherapy candle

    (Saat meditasi, tambahkan dengan aromatherapy candle. Foto: Dok. Valeria Ushakova/Pexels)


    Keadaan di masa pandemi membuat beberapa orang merasakan anxiety, bahkan yang berlebih. Saat ini melanda, hal yang kita butuhkan adalah ketenangan. Aromatherapy candle bisa kita gunakan sebagai alat meditasi ketika anxiety ini terjadi. Suasana meditasi yang tentram akan bisa tetap berjalan oleh aroma dari lilin ini. Luangkan waktu kita untuk menyalakan lilin ini agar tenang.


    Selain untuk meditasi, aromatherapy candle juga bisa kita gunakan saat self healing. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat self healing adalah dengan me time. Kegiatan me time bisa kita habiskan dengan tidak melakukan apa-apa, hanya menghirup aroma dari lilin ini yang bisa membuat kita relaksasi. Juga saat self quarantine bagi mereka yang sedang terjangkit virus Covid-19. Saat positif, fikiran dan tubuh harus tetap tenang dan tidak boleh stres, salah satu cara mempertahankannya adalah dengan menghirup lilin ini secara rutin.


    4. Membantu untuk tidur


    Untuk mendapatkan tidur yang lelap dan nyenyak, kita bisa mengatur tempat kita tidur senyaman mungkin. Selain tempat yang nyaman, suasana yang kita pilih juga sangat membantu, seperti ruang yang gelap. Tentunya kedua hal ini bisa sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah tidur seperti insomnia. Relaksasi yang dibutuhkan untuk penderita insomnia bisa didapatkan lewat aromatherapy candle.


    Aromatherapy candle mempunyai sifat menenangkan. Tempatkan lilin ini di kamar kita untuk membantu tidur yang lebih cepat. Kita bisa memilih kamomil atau lavender untuk tujuan ini. Namun jika kita memiliki preferensi sendiri, pilihlah itu dan lakukan apa pun yang bisa membuat tidur malam menjadi nyenyak. Selain itu, cahaya remang dari lilin juga baik untuk pencahayaan tidur.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Lililn Aromaterapi untuk Bangkitkan Mood)


    Itulah beberapa manfaat dari aromatherapy candle. Tentunya selain manfaat untuk relaksasi, kita juga bisa menggunakannya sebagai pengharum ruangan, dekor, atau hanya sebagai hobi.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below