Ini Dia Cara Mengatur THR Agar Tidak Boros


  • Ini Dia Cara Mengatur THR Agar Tidak Boros
    (Cara mengatur THR agar tidak boros. Foto: Dok.Tutik Purwaningsih/iStock)

    Beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan lebaran. Nah, biasanya sebelum lebaran para karyawan atau pekerja di Indonesia mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR). Uang tersebut biasanya digunakan untuk berbagai keperluan agar semua keperluan tercukupi.




    Namun, biasanya uang THR akan cepat habis begitu saja. Hal ini umum terjadi karena banyaknya kebutuhan dan harga yang melonjak menjelang hari raya. Maka dari itu, jangan sampai salah dalam mengelola THR sehingga sudah habis duluan sebelum semua kebutuhan lebaran terpenuhi. Jadi, harus bisa mengelolanya agar bisa bermanfaat. Yuk intip beberapa cara mengatur THR agar tidak boros berikut ini. 


    1. Membuat Catatan Keuangan 

    cara mengatur THR

    (Buat catatan keuangan agar THR bisa dikontrol. Foto: Dok.utah778/iStock)

    Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat catatan keuangan terlebih dahulu sesuai dengan tujuan yang kamu miliki.  Pastikan untuk memisahkan uang THR dengan gaji bulanan. Kemudian, tentukan tujuan penggunaan dana tersebut. Cara ini bertujuan agar kamu bisa merasakan manfaat dari dana itu dikemudian hari. 


    (Baca Juga: Mulai Sekarang, Coba 4 Cara Menghemat Uang Ini)


    2. Utamakan Kebutuhan 

    Saat lebaran memang kita ingin pakai baju baru dan membagikan hampers. Namun, kamu juga harus bisa memahami kemampuan diri sendiri. Apabila tidak memiliki kemampuan lebih untuk melakukan tradisi yang tidak wajib saat hari raya, ada baiknya utamakan kebutuhan terlebih dahulu. 


    3. Sisihkan untuk Zakat dan Infaq

    cara mengatur THR

    (Sisihkan THR untuk zakat dan infaq agar membantu masyarakat yang kurang mampu. Foto: Dok.All_About_Najmi/iStock)

    Saat hari raya Idul Fitri, umat Islam memiliki kewajiban membayar zakat fitrah. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan uang THR untuk membayar zakat fitrah dan infaq. Dengan berzakat, umat Muslim tidak hanya menunaikan kewajiban tapi juga turut membantu masyarakat kurang mampu, sehingga ikut aktif menjadi solusi pengentas kemiskinan. 


    4. Sisihkan untuk Menabung atau Investasi

    cara mengatur THR

    (Gunakan THR untuk invetasi di masa depan. Foto: Dok.AsiaVision/iStock)

    Tak hanya untuk zakat dan infaq, kamu juga perlu menyisihkan THR-mu untuk kebutuhan tabungan dan investasi di masa depan. Jika suatu saat nanti ada keperluan tidak terduga yang harus dibayar, maka dengan tabungan ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan keperluan tersebut. 


    (Baca Juga: Strategi Kelola Uang Dengan Bijak Demi Kebebasan Finansial)


    5. Gunakan untuk Membayar Utang 

    Apabila kamu mempunyai utang, maka dana THR lebih baik digunakan untuk membayar atau menyicil utang tersebut. Dengan mengutamakan bayar utang atau cicilan, maka kamu bisa lebih tenang dan nyaman seusai Lebaran.


    Nah, itu dia cara mengatur THR agar tidak boros dan lebih bermanfaat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below