Mulai Sekarang, Coba 4 Cara Menghemat Uang Ini


  • Mulai Sekarang, Coba 4 Cara Menghemat Uang Ini
    Uang sebagai alat tukar sehari-hari. (Foto: Dok. Alexander Mils/Pexels)

    Uang adalah hal yang vital bagi manusia, karena fungsinya sebagai alat tukar dalam proses jual beli. Sebelum ada uang, terdapat sistem barter dimana jika kita menginginkan barang, kita bisa mendapatkannya dengan menukar barang yang kita punya juga. Sistem menukar barang dengan barang. Hal itu pun tergantikan dengan adanya uang yang mengubah sistem tersebut. Dengan harga yang ditentukan, kita bisa membeli barang yang dijual dengan uang yang ada.


    Di zaman sekarang yang relah mengalami banyak perubahan, uang yang pada umumnya berbentuk kertas telah berevolusi. Terdapat uang yang transaksinya hanya lewat pengaturan bank, uang elektronik atau digital, dan bahkan uang yang diperuntukkan dalam bentuk saham. Bagaimanapun juga, kita tentunya harus faham cara menghemat uang dalam menjalani kehidupan.




    Mengapa penting menghemat uang? Sering kali kita mengalami keadaan “terdesak” dalam hidup ketika hal yang diperlukan adalah uang. Bahkan benar adanya kata-kata bahwa “di dunia ini semua perlu uang”. Kebanyakan orang berpendapat bahwa uang adalah sesuatu yang susah dicari dan didapatkan, karena itulah penting untuk kita menghemat uang agar bisa mengatasi keadaan “terdesak” tersebut yang bisa datang kapan saja. Simak beberapa cara menghemat uang di bawah ini.


    1. Menabung

    cara menghemat uang

    (Menabung memberikan banyak keuntungan dalam pengelolaan uang. Foto: Dok. Maitree Rimthong/Pexels)


    Kegiatan menabung bisa dilakukan sedini mungkin. Orang tua bahkan sudah bisa mulai menabung untuk anak sebelum anak lahir. Menabung adalah hal yang baik karena dapat mengajarkan banyak hal, di antaranya adalah untuk mendapatkan sesuatu kita harus berusaha dalam mendapatkannya, kesabaran, ketekunan, dan taktik serta cara mengatur keuangan kita sendiri.


    Tidak perlu khawatir dengan seberapa banyak jumlah uang yang ditabung karena menabung bisa dimulai dengan berapa pun uang yang kita punya. Yang terpenting adalah rencana dan tujuan menabung itu. Kita harus membuat rencana dalam menabung, seperti seberapa sering dan jumlahnya. Tetapkan tujuan juga, agar uang tersebut tidak digunakan untuk kepentingan lainnya. Fokus pada tujuan ditabungnya uang tersebut dan belajar juga untuk tidak tergoda membelanjakannya.


    Menabung bisa dilakukan dimana saja. Jika perlu, kita bisa membuat rekening atau tabungan tersendiri untuk tujuan khusus. Sebagian orang melakukan cara ini karena dinilai membantu dalam pemakaian uang. Tabungan tersendiri juga membantu kita dalam membagi sama rata uang yang akan dimasukkan ke dalam tabungan.


    2. Mengatur budget pengeluaran


    Pengeluaran memang tidak bisa terhindarkan. Ada pengeluaran yang sudah pasti setiap bulannya, dan juga ada pengeluaran yang tidak terduga. Untuk semua pengeluaran tersebut, harus ada budget yang dikelola secara jelas. Sebelum mengelola budget, kita sebagai orang yang mempunyai uangnya harus mengatur agar tidak kekurangan atau kelebihan. Kalimat stick to the budget harus selalu dilakukan, bersamaan dengan tujuan tubungan yang sebelumnya juga sudah ditetapkan.


    (Baca Juga: Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Minimalis Dari Sekarang)


    3. Mengatur kebiasaan belanja


    Saat mempunyai uang berlebih, biasanya orang memilih untuk berbelanja. Berbelanja memang sangat mengasyikkan sampai tidak jarang membuat seseorang khilaf hingga pengeluarannya sangat besar. Belanja juga bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihindarkan. Tentu ada baiknya belanja dilakukan saat uang yang dimiliki cukup dan tidak ada kebutuhan lain yang mendesak. Namun, saat tidak berada dalam kondisi tersebut, belanja sebaiknya tidak dilakukan. Kebiasaan belanja harus diatur dalam usaha menghemat uang. Tujuan berbelanja juga harus dilihat kembali, apakah kita memang membutuhkan barang tersebut atau hanya keinginan. Walapun memiliki uang berlebih, belanja bisa ditunda dan uang yang ada bisa dijadikan tabungan yang lain.


    4. Menyisihkan dana darurat

    cara menghemat uang

    (Sebisa mungkin mempunyai dana darurat semenjak pertama kali menabung. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


    Mungkin belum banyak yang melakukan hal ini, tapi dana darurat sangat membantu kita jika sesuatu yang tidak diduga terjadi. Misalnya, anggota keluarga kita sakit dan pada saat itu sedang tidak mempunyai cadangan uang. Dengan mempunyai dana darurat yang ditabung dengan frekuensi yang sering, kita bisa mempunyai jalan keluar untuk masalah di atas.


    Sebisa mungkin gunakan dana darurat untuk keperluan darurat juga. Untuk dana darurat ini, lebih baik kita menyiapkan rekening atau tabungan tersendiri agar sewaktu-waktu tidak tercampur dan terambil tanpa sadar.


    (Baca Juga: 5 Cara Hemat Belanja Online Saat Diskon Besar-Besaran)


    Itulah beberapa cara menghemat uang yang bisa kita lakukan mulai sekarang. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below