Intip Kemegahan Jakarta International Stadium


  • Intip Kemegahan Jakarta International Stadium
    (Jakarta International Stadium menjadi yang termegah di Indonesia. Foto: @jakinstadium/Instagram)

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja meresmikan Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (19/4/2022). Peresmian ini dilaksanakan jelang laga final International Youth Championship (IYC) 2021, yang mempertemukan Barcelona U-18 versus Atletico Madrid U-18. 


    Jakarta International Stadium sendiri digadang-gadang menjadi stadion termegah yang ada di Indonesia. JIS yang terletak di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 82 ribu orang.




    Jakarta International Stadium

    (JIS mampu menampung penonton sebanyak 82 ribu orang)

    JIS menggunakan rumput hybrid yang diketahui kualitasnya sama seperti markas Bayern Munich, Allianz Arena. Selain itu, stadion ini merupakan stadion pertama yang memiliki Retractable Roof atau atap yang bisa dibuka dan ditutup.


    (Baca Juga: Intip Sejarah 3 kali Ibu Kota Indonesia Berpindah)


    Jika dilihat dari atas, stadion ini berbentuk seperti lolipop yang mempunyai ketinggian gedung mencapai 45 meter atau setara dengan gedung 25 lantai. Stadion ini lebih tinggi dibanding gedung Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan fasilitas parkir VIP untuk 800 mobil.


    Bangunan besar milik JIS ini tidak hanya memberikan rasa bangga bagi masyarakat Indonesia sebagai stadion berkelas Internasional, tapi juga menjadi stadion berstandar FIFA dengan diraihnya sertifikat atau Greenship Level Platinum dari Lembaga Sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).


    Jakarta International Stadium

    (Penampilan JIS ketika dilihat pada malam hari. Foto: @jakinstadium/Instagram)

    JIS didirikan sebagai salah satu contoh pembangunan perkotaan berkelanjutan dan layak huni (liveable city). Stadion terbesar Indonesia ini juga meraih rekor MURI karena merupakan Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama di Indonesia yang Menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup, dan Stadion Green Building.


    Selain itu JIS juga menerapkan teknologi inovasi renewable energy atau energi terbarukan berupa teknologi panel surya dan zero run off, penghematan penggunaan air dan penyediaan sensor monitoring CO2 pada ruangan yang memiliki kepadatan tinggi.


    (Baca Juga: Plataran Hutan Kota Suguhkan Nuansa Indonesia Modern)


    JIS sangat indah jika dilihat pada malam hari karena sorotan dari lampu yang menampilkan perpaduan warna yang cantik. Warna-warna tersebut selalu berganti dengan gradasi yang nyaman dilihat. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikan berfoto dengan latar belakang JIS pada malam hari.


    Wah, jadi penasaran penampilan JIS secara langsung seperti apa. Semoga JIS bisa dipergunakan dengan baik ya.


    (Penulis: Tiara Kandida E)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below