Intip 5 Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Kulit Kusam


  • Intip 5 Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Kulit Kusam
    Rekomendasi masker wajah alami untuk menghilangkan kulit kusam. (Foto: Dok. KoolShooters/Pexels)

    Mempertahan kulit wajah agar tetap glowing nan bercahaya membutuhkan rasa konsisten. Jika tidak diperhatikan, kulit wajah akan kembali kusam karena salah melakukan perawatan atau pola hidup yang tidak sehat. Pada dasarnya penyebab kulit kusam dapat terjadi akibat sel kulit mati menumpuk, dehidrasi, dan stres yang berlebihan. Tampak tidak sehat jika dipandang mata, kulit kusam akan membuat seseorang lebih tua dari umur sebenarnya.

    Saat ini sudah banyak produk dari berbagai merek lokal maupun luar negeri yang menawarkan krim siang dan malam untuk mencerahkan wajah kusam. Begitupula dengan produk masker wajah. Lebih baik racik sendiri di rumah, masker wajah berbahan dasar alami yang biasa diaplikasikan untuk menghilangkan kulit kusam adalah madu dan oatmeal.




    (Baca Juga : 5 Rekomendasi Masker Lokal Ampuh untuk Wajah Glowing)


    Kedua bahan ini kerap kali dicampur jadi satu sebagai masker wajah alami terbaik guna mengembalikan cahaya pada kulit yang kusam. Selain keunggulan madu dan oatmeal, inilah deretan rekomendasi masker wajah alami untuk mengatasi kulit kusam yang bisa kamu gunakan ketika waktu senggang. Simak baik-baik ya, ladies!


    1. Salah satu bahan lauk pauk yang enak dimakan, kentang juga bermanfaat atasi kulit kusam


    Kentang dikenal sebagai raja sayuran karena bisa diolah menjadi hidangan apa saja sehingga dapat mengunggah selera siapapun. Tidak hanya itu saja, kentang juga memiliki kandungan kaya akan vitamin A, B, dan C yang bagus untuk menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan awet muda. Maka dari itu, cobalah masker wajah alami dari kentang untuk mencerahkan kulit kusammu yang mengganggu.

    Caranya, parut halus kentang yang sudah dicuci bersih dan dipotong setengah bagian. Setelah itu campurkan tiga sendok makan yoghurt original segar dan satu sendok makan air perasan lemon atau madu. Pastikan semua bahan tercampur rata, kemudian aplikasikan ke wajah dan lehermu lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air yang dimasukan es batu. Lakukan perawatan wajah dengan masker alami selama tiga kali seminggu.


    2. Masker wajah homemade dari buah alpukat yang dapat berperan jadi moisturizer alami

    Masker wajah alami untuk kulit kusam

    (Masker wajah alami berbahan dasar alpukat dapat membuat kulit kusam jadi cerah seketika. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


    Kulit kusam dapat terjadi karena kurangnya kelembapan kulit sehingga mengakibatkan kekeringan ekstrim. Tak perlu khawatir, masalah kulit kering dan kusam dapat di atasi dengan penggunaan produk moisturizer secara rutin. Dukung pemakaian produk skincare dengan masker wajah alami, kamu bisa mendapatkan moisturizer dari alam lewat masker homemade buah alpukat.

    Menghidrasi kulit dengan baik, masker wajah alami buah alpukat mengandung vitamin A yang berfungsi untuk membantu meningkatkan pertumbuhan sel baru dan produksi kolagen. Maka dari itu, yuk coba masker wajah alami dari buah alpukat agar kulit kusam hilang seketika.

    Caranya, setengah bagian buah alpukat yang sudah dipotong hancurkan sampai halus secara manual menggunakan garpu. Tambahkan putih telur dan satu sendok makan madu, kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Ulangi perawatan ini di rumah dua minggu sekali, masker wajah alami ini ampuh mengatasi kulit kusam akibat hilangnya kelembapan kulit.


    (Baca Juga : 10 Rekomendasi Masker Wajah yang Pas dengan Jenis Kulit)


    3. Cegah rasa kantuk di pagi hari, kopi juga efektif untuk menghilangkan kulit kusam

    Masker wajah alami untuk kulit kusam

    (Kopi juga bisa dijadikan masker wajah alami untuk atasi kulit kusam. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


    Masker wajah alami untuk kulit kusam bisa datang dari apa yang kamu minum. Sebab pekerjaan yang menumpuk dan harus dikerjakan pada malam hari, kopi hitam sudah jadi minuman wajib bagi pekerja kantoran. Hilangkan rasa kantuk di pagi hari, kopi juga bermanfaat baik untuk menghilangkan kulit kusam secara perlahan. Mengandung kafein tinggi, masker wajah alami kopi merupakan exfoliator yang baik dalam membantu merangsang aliran darah semakin lancar sehingg berdampak pada kulit bebas jerawat.

    Cara yang tepat untuk membuat masker wajah alami kopi sendiri di rumah adalah dengan mencampurkan 1 sendok bubuk kopi hitam, yogurt original segar, dan madu jadi satu lalu oleskan ke wajah sampai leher kemudian diamkan selama 15 menit. Saat membersikan masker kopi pun jangan terlalu kasar agar tidak melukai kulit. Gosok wajah dengan gerakan pelan untuk merontokan sel-sel kulit mati dan bilas dengan air dingin untuk menenangkan kulit wajah.


    4. Hilangkan kulit kusam dengan masker wajah alami pisang untuk semua tipe kulit


    Kaya akan kandungan vitamin E, B1, B dan C, masker wajah alami pisang bisa membuat kulit kusam jadi cerah alami dan tampak awet muda. Kalium dalam pisang pun bermanfaat baik untuk melembapkan kulit secara alami.

    Membuat masker wajah alami dari pisang cukup mudah, kamu tinggal hancurkan satu buah pisang matang dengan garpu lalu campurkan 2 sendok madu. Setelah itu oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 menit saja ya, ladies.


    5. Bersifat mendinginkan, masker wajah alami dari lidah buaya terbukti ampuh menghilangkan kulit kusam

    Masker wajah alami untuk kulit kusam
    (Selain mengatasi sunburn, masker wajah alami dari gel lidah buaya juga dapat menghilangkan kulit kusam. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


    Gel dari daging lidah buaya sudah banyak diproduksi oleh beberapa brand kecantikan untuk dijadikan pelembap wajah. Memiliki sifat menenangkan dan mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, masker wajah alami lidah buaya juga terbuktik ampuh singkirkan kulit kusam.

    Caranya mudah, hancurkan daging lidah buaya menggunakan garpu sampai halus, lalu tambahkan dua sendok makan susu steril dan sejumput bubuk kunyit. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada kulit wajah dan leher kemudian diamkan selama 15 menit. Ulangi pemakaian masker wajah alami ini tiga minggu sekali, maka kulit kusam pun akan menghilang secara perlahan.


    (Baca Juga : Waktu Terbaik Menggunakan Masker Wajah)


    Nah, itulah dia rekomendasi masker wajah alami terbaik untuk kulit kusam versi HerWorld Indonesia. Perbanyak minum air putih, selamat mencoba masker homemade di atas ya ladies.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below