Hair & beauty

Intip 7 Masker Wajah Untuk Memutihkan

By : Her World Indonesia - 2022-02-22 12:00:02 Intip 7 Masker Wajah Untuk Memutihkan

Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang putih dan berseri. Sebab dengan wajah yang yang cerah tentu mampu meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita.

Memutihkan kulit wajah bisa dilakukan dengan masker wajah. Masker wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang paling populer dan mampu memberikan nutrisi pada kulit, membersihkan kulit wajah secara menyeluruh serta menghindari kulit kusam. Kamu bisa membuat masker ini dengan bahan yang mudah ditemukan. Berikut ini beberapa masker untuk memutihkan wajah. 

1. Masker Tepung Beras dan Susu 


Tepung beras dan susu adalah salah satu kombinasi yang bisa memutihkan kulit. Tekstur masker yang sedikit kasar sangat efektif untuk membersihkan sel kulit mati yang ada di wajah sehingga warna kulit menjadi lebih cerah. Kamu hanya perlu mencampur tepung beras dan susu hingga berbentuk pasta terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kuas. Kemudian tunggu sampai kering dan beri sedikit air. Lalu pijat sebentar sebelum kamu membersihkan sisa masker dari kulit. 


2. Masker Madu 


(Masker madu bermanfaat untuk memutihkan wajah. Foto: Dok.HbrH/iStock)

Madu telah diketahui banyak orang karena bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, madu juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah. Madu berfungsi membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Dengan menggunakan madu sebagai masker bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab kulit kusam. 


Kamu bisa menggunakan masker madu dengan menuangkan satu sendok makan madu ke dalam mangkok, lalu oleskan madu secara merata pada permukaan kulit wajahmu. Pijat ringan area wajah selama dua sampai tiga menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Kamu akan merasakan manfaatnya jika rutin memakainya. 


(Baca Juga: Rekomendasi Masker Wajah Korea Bikin Kulit Lebih Glowing)


3. Masker Bengkuang


Masker bengkuang adalah salah satu bahan alami yang paling sering digunakan dalam dunia kecantikan. Bengkuang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tetap halus, lembut, dan terawat. Selain mencerahkan kulit, bengkuang juga mampu untuk mengatasi jerawat, mencegah penuaan, dan melembabkan kulit. Masker bengkuang adalah salah satu masker alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah.


Caranya adalah dengan menumbuk bengkuang secukupnya dan tempelkan tumbukan bengkuang tersebut secara merata ke seluruh area wajah layaknya masker. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih. 

4. Masker Alpukat


(Selain menyehatkan tubuh, alpukat juga mampu memutihkan wajah. Foto: Dok.b-d-s/iStock)


Buah yang satu ini banyak disukai banyak orang karena terdapat banyak manfaat di dalamnya, seperti sumber lemak sehat, vitamin B dan kalium yang mampu melembabkan kulit dan mengeksfoliasi kulit.  Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan alpukat dengan bahan masker alami lainnya seperti putih telur dan oatmeal. Oleskan ke wajah secara merata dan tunggu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. 


5.  Masker Putih Telur 

Selain sebagai bahan makanan, ternyata putih telur bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk memutihkan. Masker putih telur dapat memberikan efek deep cleansing yang dapat memutihkan wajah kamu. Bukan hanya kaya akan protein, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang ada pada putih telur bisa membuat kondisi kulit semakin baik. Masker putih telur juga bisa mengurangi garis-garis halus pada wajah, menghilangkan komedo, mengangkat sel-sel kulit mati, dan juga melembabkan kulit wajah.


Caranya adalah dengan mengambil satu telur yang dipisahkan bagian putih dari kuning telurnya. Kemudian masukan ke dalam sebuah wadah, lalu campurkan putih telur tersebut dengan satu sendok teh madu, setelah itu oleskan pada wajah layaknya masker. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. 


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Lokal Ampuh untuk Wajah Glowing)

6. Masker Yoghurt 


(Masker yoghurt mampu menghilangkan kulit kusam. Foto: Dok. benjarattanapakee/iStock)


Masker yoghurt bisa memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit dengan kandungan asam laktat yang ada pada yoghurt. Selain itu, yoghurt dapat memperlambat produksi enzim tirosinase yang berfungsi untuk memproduksi melanin, sehingga masker alami satu ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki wajah kusam.


Cara membuat masker yoghurt ini adalah mencampurkannya dengan madu. Kamu bisa masukkan 2 ½ sendok makan madu tanpa rasa dan satu cangkir yoghurt tanpa rasa dalam sebuah mangkuk. Kemudian aduk kedua bahan tersebut sampai merata. Oleskan masker secara merata pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Lalu diamkan selama lima menit, kemudian bilas wajah dan leher sampai bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker yoghurt ini selama dua kali seminggu. 


7. Masker Pepaya 


(Rutin memakai masker pepaya dapat membuat kulit wajah menjadi putih. Foto: Dok.Anna-Ok/iStock)

Buah berwarna oranye ini memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu untuk meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang ada juga turut membantu dalam menutrisi dan melembapkan kulit kamu. Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu. Caranya adalah haluskan pepaya hingga lembut, lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan ini dengan rutin agar membantu kulit wajah mu memutih dengan cara yang alami. 


Itu dia beberapa cara memutihkan wajah dengan bahan yang mudah ditemukan. Jangan lupa juga untuk melakukannya secara teratur agar wajah dapat lebih cepat memutih terlihat segar dan berseri. Semoga bermanfaat ya!

(Penulis: Tiara Kandida E)



Hair & beauty