Life & health

Begini Cara Menghapus Email Untuk Selamatkan Bumi

By : Her World Indonesia - 2022-04-20 15:00:01 Begini Cara Menghapus Email Untuk Selamatkan Bumi

Beberapa waktu lalu, para ilmuwan melakukan aksi protes untuk memberikan peringatan kepada seluruh penduduk Bumi agar bersama-sama menyelamatkan Bumi yang semakin kritis. Dalam hal ini, tagar Let The Earth Breath, bertengger menduduki jajaran trending topik Twitter. 

Aksi menyelamatkan bumi ini tak harus dilakukan dengan aksi penyelamatan yang besar, namun kamu juga bisa melakukannya dengan langkah yang paling sederhana juga sangat berarti. Salah satunya, melalui penghapusan email yang sudah menumpuk karena dengan menghapus email, maka disinyalir mampu membantu mengurangi emisi karbon yang dapat menyebabkan pemanasan global. 

Yuk simak bagaimana cara menghapus email berikut ini. 

1. Cara menghapus email sekaligus lewat kotak masuk


(Menghapus email bisa menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Foto: Dok.ricardoinfante/iStock)

Pertama, kamu bisa ikuti cara menghapus email sekaligus dari kotak masuk berdasarkan kategori.

- Buka Gmail atau Email lainnya.

- Lalu, klik kotak kosong yang ada di sisi atas.

- Kemudian, klik kategori email belum dibaca, sudah dibaca, hingga berbintang.

- Kamu bisa memilih email mana saja yang penting dan perlu di hapus. 

- Jika sudah, klik tombol hapus.

(Baca Juga: Tak Cuma Tambah Ilmu, Ini Alasan Kamu Harus Membaca Buku)

2. Cara menghapus email sekaligus lewat waktu dan ukuran file

Bagi kamu yang ingin menghapus email yang berdasarkan waktu dan ukuran file karena email tersebut sudah terlalu lama serta memiliki ukuran yang cukup besar, maka kamu bisa mengikuti cara seperti di bawah ini. 

- Pertama, buka akun Gmail atau email lainnya.

- Selanjutnya, kamu bisa klik pencarian lanjutan.

- Lalu, pilih email berdasarkan tanggal, ukuran file, atau kategori pengirim yang ingin kamu hapus dari daftar email. 

- Kemudian, klik tombol hapus. 

3. Cara menghapus email sekaligus lewat menu promosi

Selain cara diatas, bagi kamu yang berlangganan kabar atau berita terkadang setiap harinya selalu mendapatkan email lebih dari satu, sehingga email selalu menumpuk dan bisa mengganggu informasi lainnya dari kantor ataupun informasi penting lainnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menghapus email dengan mengikuti cara berikut.

- Seperti biasa, langkah pertama kamu bisa membuka Gmail atau email lainnya.

- Selanjutnya, bukalah Inbox atau Kotak Masuk.

- Lalu, pilih tab untuk email promosi atau email dari media sosial.

- Kemudian, klik tombol hapus.

Itu dia beberapa cara menghapus email yang berguna untuk selamatkan bumi dari emisi karbon. 

(Baca Juga: Buat Konten Autentik Dengan Laptop ASUS Terbaru)


Sebagai informasi, email yang kamu biarkan terus-menerus tanpa menghapusnya akan menumpuk dan tersimpan di cloud atau komputasi awan. Nah, dari penyimpanan inilah nantinya membutuhkan energi listrik dalam jumlah yang signifikan. Apalagi energi tersebut sebagian besar masih dihasilkan bahan bakar fosil. Maka dari itu, dampak menumpuk email bisa mempengaruhi pemanasan global. 

(Tumpukan spam pada email akan menghasilkan emisi karbon. Foto: Dok.Devonyu/iStock)

Selain bisa meningkatkan CO2, mengirim email ternyata bisa meningkatkan penggunaan listrik. Menurut penelitian McAfee, sekitar 78% dari seluruh email yang masuk merupakan spam. Dari 62 triliun pesan spam yang dikirim setiap tahun ini ternyata menggunakan listrik sebesar 33 miliar kilowatt jam (KWh) dan menghasilkan sekitar 20 juta ton CO2 per tahun.

Perlu diketahui juga bahwa setiap 1 GB data yang tersimpan di data center, maka penyedia layanan surat elektronik harus memerlukan listrik sekitar 32 kWh. Apabila seluruh pengguna rutin menghapus 10 email per hari, maka bisa menghemat daya penyimpanan sekitar 1,7 juta GB atau setara dengan 55,2 juta kWh listrik yang ada di data center. Dengan demikian, penyedia data center dapat mengurangi konsumsi 19.356 ton karbon atau setara 39.035 ton emisi karbon.

Kamu nggak mau kan kalau Bumi ini mengalami pemanasan global? Maka dari itu, yuk mulai dari sekarang mari sama-sama hapus email yang tidak diperlukan sehingga emisi karbon yang dapat menyebabkan pemanasan global di bumi ini bisa dikurangi. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar ke depannya anak cucu kita masih bisa menikmati bumi ini dalam keadaan sehat. 

(Penulis: Tiara Kandida E)


Life & health