Ada 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah, Apa Saja?


  • Ada 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah, Apa Saja?
    (Ini cara menghilangkan flek hitam pada wajah. Foto: Dok.Vizerskaya/iStock)

    Kemunculan flek hitam pada wajah tentu bukan hal yang menyenangkan. Beberapa wanita bahkan menjadi kehilangan kepercayaan diri saat menghadapi hal ini.

    Pada dasarnya, flek hitam pada wajah muncul karena adanya sel-sel kulit yang mengandung terlalu banyak melamin, yakni partikel yang mempengaruhi warna kulit. Semakin banyak melamin, semakin banyak munculnya flek hitam pada kulit wajah. Flek hitam juga bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal seiring bertambahnya usia. 

    Namun, kamu tak perlu khawatir berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan flek hitam pada wajah. 



    1. Rutin Mencuci Muka 

    cara menghilangkan flek hitam pada wajah

    (Cuci muka secara rutin agar kotoran pada wajah terangkat. Foto: Dok.torwai/iStock)


    Cara pertama untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah dengan mencuci muka secara rutin menggunakan sabun khusus muka. Hal ini bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori. Ada beberapa langkah untuk perawatan kulit wajah rutin. Mencuci muka teratur juga bisa membantu membersihkan sel kulit mati, bakteri, kotoran, minyak, sampai riasan di wajah. 

    Namun kamu perlu memperhatikan jenis sabun yang sesuai dengan tipe kulitmu. Hal ini akan berpengaruh pada kulit, karena tiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda.

    2. Gunakan Pembersih Wajah


    Jika kamu mempunyai jerawat dan flek hitam pada wajah, sebaiknya cari kandungan perawatan kulit yang sesuai. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah untuk mengatasi jerawat yang mengandung exfoliant kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat. Jika memiliki jerawat yang parah, pakailah pembersih yang mengandung bahan benzoil peroksida. Untuk kulit berminyak dapat dipakai dua kali sehari, namun ada juga yang cukup dipakai sekali.


    (Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Penyebab Flek Hitam pada Wajah)


    3. Jaga Kelembapan Kulit 


    Nutrisi yang sudah didapat kulit perlu dikunci agar tidak menguap ke udara. Sebab itu, lanjutkan dengan penggunaan pelembap sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Pada pagi hari, gunakan produk yang membantu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam untuk kulit glowing merata. Krim ini terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari. 

    Sedangkan, pada malam hari kamu bisa menggunakan produk night cream yang diformulasikan untuk membantu mencerahkan dan menjadikan kulit tampak bercahaya.

    4. Pakai Masker 

    cara menghilangkan flek hitam pada wajah

    (Kombinasikan dengan penggunaan masker agar kotoran dan flek hitam berkurang. Foto: Dok.StefaNikolic/iStock)


    Gunakan masker secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Lakukan secara rutin supaya pori-pori, jerawat, dan flek hitam bisa berkurang. Kamu bisa menggunakan masker wajah satu atau dua kali dalam seminggu. Masker yang berbahan alami akan lebih baik untuk kulitmu karena tidak ada kandungan kimia di dalamnya. 

    5. Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari


    Salah satu penyebab flek hitam di wajah adalah akibat paparan sinar matahari. Jadi, bagi kamu yang rutin melakukan aktivitas di luar ruangan, kenakan pakaian berlengan panjang. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan topi, kacamata hitam, dan payung.

    Selain itu, bijaksanalah dalam memilih waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. 


    (Baca Juga: Ini 5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam)

    6. Gunakan Sunscreen 

    cara menghilangkan flek hitam pada wajah

    (Pakai sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. Foto: Dok.ADragan/iStock)

    Tak hanya menggunakan topi, kamu juga perlu melindungi kulit dari dalam. Caranya adalah dengan mengoleskan sunscreen. Pastikan kamu mengoleskan sunscreen yang mengandung SPF minimal 30.

    Gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah, dan oleskan kembali tiap 2 jam atau setelah berenang dan melakukan aktivitas yang memicu keringat berlebih. 

    7. Chemical Peeling 

    Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan cepat adalah melalui prosedur chemical peeling.

    Pada prosedur ini, dokter kulit akan mengoleskan cairan kimia berupa asam glikolat atau asam trikloroasetat untuk mengelupas area kulit wajah yang terdapat flek hitam agar tergantikan oleh lapisan kulit yang lebih sehat.

    Akan tetapi, tindakan medis ini tak luput dari efek samping. Beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat chemical peeling adalah kulit menjadi kemerahan, kulit terasa perih, kulit terkelupas, iritasi, kulit bersisik, hingga pembengkakan. 

    Jika kamu masih merasakan efek samping tersebut dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

    Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan flek hitam pada wajah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Tiara Kandida E.)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below