Jarang Diketahui, Ini Penyebab Flek Hitam pada Wajah


  • Jarang Diketahui, Ini Penyebab Flek Hitam pada Wajah
    Flek hitam dapat membuat dirimu semakin tidak percaya diri. (Foto: Dok. /unsplash)

    Kamu kurang percaya diri? Timbulnya flek hitam pada kulit wajah terkadang dapat membuat penampilanmu terganggu. Flek hitam akan muncul di wajah berupa bercak warna kecoklatan. Kamu dapat menghilangkannya tanpa harus pergi ke klinik perawatan hanya dengan mengoleskan bahan alami yang cocok untuk wajahmu. Berbagai macam bahan alami di antaranya yakni gel lidah buaya, masker oatmeal, cuka apel, pepaya, kunyit, perasan air jeruk lemon dan lain sebagainya.

    Namun, sebelumnya kamu perlu mengetahui penyebab dari timbulnya flek hitam di wajah. Jika tidak, flek hitam akan terus muncul di wajahmu dan sulit dihilangkan. Maka dari itu, yuk, simak ulasannya.


    Terpapar Sinar Matahari

    Flek hitam pada wajah juga dapat disebabkan dari paparan sinar matahari. Bintik hitam ini akan muncul di berbagai spot yang sering terkena sinar matahari. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan tabir surya secara teratur untuk pencegahan dari sinar matahari.



    (Baca Juga: 26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat)

    Bekas Jerawat

    Jika kamu sering meremas jerawat di wajah. Tak heran jika akan muncul flek hitam akibat jerawat. Memecahkan jerawat dapat memicu peradangan dan hiperpigmentasi pada kulit. Maka, kamu perlu mengurangi kebiasaan yang dapat menimbulkan bintik-bintik hitam.

    (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang Membandel)

    Diabetes

    Diabetes dapat menyebabkan kulit wajahmu menjadi lebih gelap dari biasanya. Kondisi kulit seperti itu sering disebut dengan necrobiosis lipoidica atau benjolan padat kecil yang terlihat seperti jerawat. Setelahnya, benjolan tersebut akan berubah menjadi bercak berwarna coklat.

    Bekas Luka

    Mirip dengan bekas jerawat, bintik hitam akibat bekas luka juga akan menetap pada kulitmu dalam waktu yang cukup lama. Berbagai macam luka seperti gigitan serangga, luka bakar dan lainnya dapat memicu flek hitam. Kamu perlu sering merawat kulitmu agar terhindar dari bintik hitam.

    Kamu dapat merawat kulitmu dengan cara alami agar terhindar dari penyebab flek hitam di atas tanpa pergi ke klinik perawatan.

    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below