Ini Dia Cara Memerahkan Bibir Secara Alami


  • Ini Dia Cara Memerahkan Bibir Secara Alami
    (Gunakan cara ini untuk memerahkan bibir secara alami. Foto: Dok.puhhha/iStock)

    Semua wanita pasti mendambakan bibir yang merah dan sehat. Itulah kenapa pewarna bibir dengan berbagai jenis selalu jadi penyempurna riasan saat makeup. Namun, sebenarnya pemakaian lipstik atau pewarna bibir  sebenarnya juga dapat menimbulkan efek samping karena terdapat kandungan bahan kimia di dalamnya. Seperti misalnya bibir menjadi kering dan pecah-pecah jika pemakaian terlalu sering atau menimbulkan alergi bila tidak cocok dengan bahannya.

    Namun, kamu tak perlu khawatir sebab bibir yang merah bisa kamu dapatkan secara alami, lho. Berikut ini beberapa caranya. 

    1. Gunakan Lip Scrub 

    Cara memerahkan bibir secara alami

    (Lakukan lip scrub secara rutin agar mendapatkan bibir merah secara alami. Foto: Dok.privetik/iStock)




    Cara memerahkan bibir yang pertama yaitu dengan eksfoliasi bibir menggunakan lip scrub. Ini merupakan sebuah cara untuk membuang kulit bibir yang terkelupas agar lapisan kulit bibir tetap merah secara natural. Kamu bisa menggosok bibir menggunakan masker, baik masker khusus bibir yang dijual di pasaran maupun bikinan sendiri. 

    Selain membuat bibir tampak merah, membuang lapisan kulit yang terkelupas juga bisa membuat bibir tampak lebih lembut dan merona, lho.

    Namun kamu perlu ingat bahwa jangan gunakan lip scrub terlalu sering karena bisa membuat bibir jadi iritasi!

    2. Hindari Kebiasaan Menjilat dan Mengigit Bibir 


    Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan untuk menjilat atau mengigit bibir sebaiknya hindari, deh. Sebab menggigit bibir dapat membuat bibir jadi terluka, berdarah, dan memperlambat proses penyembuhannya. Jika kamu tidak menggigit atau menjilat bibir, maka ini termasuk ke dalam cara memerahkan bibir yang cukup efektif. 


    (Baca Juga: Warna Bibir Tampak Gelap? Ini Penyebabnya!)


    3. Perbanyak Minum Air Putih 

    Cara memerahkan bibir secara alami

    (Konsumsi air putih yang banyak agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Foto: Dok.fizkes/iStock)


    Cara lain untuk memiliki bibir merah merona dan sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh tersebut, kamu bisa minum air putih setidaknya dua liter atau delapan gelas setiap harinya. Hal ini akan membuat bibirmu menjadi tidak kering dan terlihat merah secara alami.


    4. Kurangi Merokok 

    Cara memerahkan bibir secara alami

    (Zat melanin pada rokok bisa membuat bibir tampak lebih gelap. Foto: Dok.PeopleImages/iStock)


    Bagi kamu yang menginginkan bibir merah secara alami, sebaiknya kurangi merokok. Pasalnya, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rokok sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir. Hal ini karena rokok mengandung nikotin yang menyebabkan pembuluh darah menyusut dan menyempit, mengurangi aliran darah, membuat bibir kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan kenyal.


    Kulit seorang perokok akan tampak lebih cepat keriput dibandingkan mereka yang tidak merokok. Dengan merokok, kolagen pun dapat lebih mudah hilang dan sel kulit jadi rentan rusak. Tak hanya itu saja, merokok juga dapat menyebabkan bibir hitam karena produksi zat melanin atau pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi. Maka dari itu, hindari merokok dapat menjadi cara memerahkan bibir secara alami.

    5. Melindungi Bibir Dari Paparan Sinar Matahari


    Perubahan warna pada bibir juga bisa disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan lip balm. Agar perlindungan yang didapat jadi lebih maksimal, gunakanlah lip balm yang juga mengandung SPF minimal 15.


    (Baca Juga: Cara Scrubbing Bibir yang Benar agar Bibir Lembut Merona)


    6. Pastikan Bibir Tetap Lembap

    Cara memerahkan bibir secara alami

    (Gunakan lip balm agar bibir tetap lembab. Foto: Dok.Zarina Lukash/iStock)


    Tak hanya melindungi bibir dari paparan sinar matahari, pelembap bibir atau lip balm juga bisa digunakan untuk menjaga kelembapan bibir sehingga bibir tidak mudah kering, bersisik, bahkan pecah-pecah. 

    Kamu pun bisa menggunakan pelembap bibir alami, seperti minyak kelapa, madu, minyak zaitun, cocoa butter, dan petroleum jelly, agar bibir tetap lembap sepanjang hari.

    7. Konsumsi Vitamin E 


    Cara memerahkan bibir secara alami yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin E. Sebab, vitamin E dapat memperlancar sirkulasi darah dan bisa membantu menghasilkan sel-sel kulit baru, yang dapat membuat bibirmu tampak lebih lembut. Dengan kandungan vitamin E 250 IU yang ada dapat berperan untuk jaga kesehatan kulit dan bibir. Vitamin E ini dapat kamu temukan di sejumlah produk yang ada di toko kecantikan atau apotek. 


    Itu dia beberapa cara memerahkan bibir secara alami yang bisa kamu coba sendiri. Semoga bermanfaat, ya!

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below