Life & health

Akhirnya, DPR Sahkan UU Kekerasan Seksual

By : Her World Indonesia - 2022-04-12 19:00:02 Akhirnya, DPR Sahkan UU Kekerasan Seksual

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang. Pengesahan itu diambil saat pembicaraan tingkat II di rapat paripurna ke-19 masa persidangan IV tahun sidang 2021-2022 hari ini.



(DPR RI secara resmi mengesahkan RUU TPKS menjadi Undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-19. Foto: @dpr_ri/Instagram)

Dalam pembahasannya, RUU TPKS telah mengatur beberapa ketentuan antara lain tindak pidana kekerasan seksual; pemidanaan (sanksi dan tindakan); hukum acara khusus yang menghadirkan terobosan hukum acara yang mengatasi hambatan keadilan bagi korban, mulai dari restitusi, dana bantuan korban, pelaporan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di pengadilan; dan penjabaran dan kepastian pemenuhan hak korban atas penanganan, perlindungan dan pemulihan melalui kerangka layanan terpadu. 

(Baca Juga: Omnibus Law RUU Cipta Kerja: Komentar Hingga Kabar Hoax)


Pada tindak pidana kekerasan seksual, RUU TPKS mengatur perbuatan kekerasan seksual yang sebelumnya bukan tindak pidana atau baru diatur secara parsial, yaitu tindak pidana pelecehan seksual, pemaksaan kontrasepsi, pemaksaan sterilisasi, pemaksaan perkawinan, penyiksaan seksual, eksploitasi seksual, perbudakan seksual dan kekerasan seksual berbasis elektronik.


Selain tindak pidana di atas, RUU TPKS juga mengakui tindak pidana kekerasan seksual yang diatur dalam undang-undang lainnya, sehingga hukum acara dan pemenuhan hak korban tetap mengacu pada RUU TPKS. RUU ini juga mengakomodir sejumlah masukan koalisi masyarakat sipil seperti memasukkan mekanisme “victim trust fund” atau dana bantuan korban. Kendati demikian, RUU TPKS masih menyisakan catatan seperti, belum diaturnya secara gamblang perkosaan dan pemaksaan aborsi.


(Baca Juga: Intip Serunya Mini Reunion Her World Women of The Year)


Dari sembilan fraksi yang ada di DPR RI, terdapat delapan fraksi yang menyetujui RUU TPKS, yaitu Fraksi PDI Perjuangan, F-Golkar, F-Gerindra, F-NasDem, F-PKB, F-PAN, F-Demokrat, dan F-PPP. Sedangkan satu fraksi, yaitu F-PKS menolak pengesahan RUU TPKS dengan alasan menunggu pengesahan revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). 

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyebut disahkannya RUU TPKS menjadi hadiah bagi wanita di Indonesia pada momen menyambut Hari Kartini.

Wah, semoga dengan adanya undang-undang ini kekerasan seksual terutama bagi kaum wanita bisa semakin minim, ya

(Penulis: Tiara Kandida E)

Life & health