Ini 4 Jenis Yoghurt Yang Bisa Sehatkanmu Selagi Puasa


  • Ini 4 Jenis Yoghurt Yang Bisa Sehatkanmu Selagi Puasa
    Jenis yogurt untuk sehatkanmu selama puasa. (Foto: Dok. Jenna Harma/Pexels)

    Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, bagaimana puasamu sejauh ini? Semoga lancar sampai menyambut Hari Raya nanti ya! Namun kamu juga harus hati-hati, karena tak sedikit orang justru malah naik berat badannya selama berpuasa karena makan berlebihan saat sahur atau berbuka puasa.

    Namun, supaya kamu tak mendadak naik berat badan di bulan puasa, pilihan makanan yang dikonsumsi juga perlu kamu perhatikan. Untuk hal ini, mungkin yoghurt bisa jadi pilihan yang cocok untukmu, baik untuk berbuka puasa maupun saat sahur

    Produk susu yang difermentasi ini telah banyak jadi pilihan makanan buat sebagian orang yang ingin mulai hidup sehat atau menjalani program diet. Jadi sumber protein untuk beri tenaga jalani keseharian sekaligus tekstur kentalnya yang membuatmu merasa kenyang lebih lama, berbagai jenis yoghurt yang ada, bisa menyehatkanmu, selama jalani bulan puasa.




    (Baca Juga: Ini Dia Menu Berbuka Puasa Yang Sehat)


    Intip beberapa jenis yoghurt yang bisa sehatkanmu selagi berpuasa, mungkin ini jadi menu yang muluskan perjalanan dietmu di bulan Ramadhan. Penasaran apa saja?


    1. Greek Yoghurt


    Jenis yoghurt satu ini berhasil menjadi menu yang umum di masyarakat, khususnya bagi sebagian orang yang mengawali hari dengan semangkuk breakfast bowl atau segelas smoothies sebagai misi hidup lebih sehat.


    Teksturnya yang lebih kental dan pekat dibandingkan jenis yoghurt lainnya ini menjadi keunggulan greek yogurt untuk berikan cita rasa yang lebih kaya pada menu sahur sekaligus membuatmu merasa kenyang lebih lama.


    Nikmati beberapa sendok greek yogurt ditambah dengan potongan buah segar, muesli, dan dihiasi dengan berbagai biji-bijian, kamu akan menikmati sarapan atau sahur, kaya nutrisi untuk mengawali hari.


    jenis yogurt, puasa, diet

    (Greek yogurt sebagai menu sahur atau sarapan. Foto: Dok. Lynnsey Schneider/Unsplash)


    2. Yoghurt rendah lemak


    Jika kamu memilih plain yogurt sebagai menu makanan sehatmu, baik saat berbuka puasa maupun sahur sebelum matahari terbit, kamu menentukan pilihan yang tepat. Tanpa tambahan gula dengan kandungan nutrisi yang kaya, plain yogurt sudah jadi menu aman.


    Namun, buat kamu yang benar-benar ingin mengurangi konsumsi lemak pada diet kali ini, ada jenis yoghurt yang bantumu untuk jalani komitmen itu. Low-fat yogurt alias yoghurt rendah lemak adalah salah satu jenis yoghurt yang memiliki kandungan lemak kurang dari tiga gram dan tentunya tanpa gula.


    3. Yogurt drink


    Jenis yoghurt yang bisa sehatkanmu selagi menjalani ibadah puasa adalah yogurt drink. Perpaduan antara susu tanpa menghilangkan asam yoghurt bisa jadi pelepas dahaga saat berbuka puasa. Yogurt drink banyak dinikmati masyarakat di Asia, Rusia, dan India sebelum mulai menarik perhatian masyarakat Barat.

    Kemasan yang lebih praktis, bisa dimasukkan ke botol atau termos, membuat yogurt drink cocok jadi menu buka puasa buat kamu yang seringkali terjebak kemacetan ibukota ketika azan berkumandang. Lagi-lagi lebih sehat tanpa rasa apapun, tetapi yogurt drink memiliki banyak rasa buah-buahan untuk kamu nikmati sesuai selera.


    jenis yogurt, puasa, diet

    (Yogurt drink untuk berbuka puasa. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


    4. Yogurt bar


    Jika minuman yoghurt bukan sesuatu yang kamu nikmati, mungkin berbuka dengan camilan seperti yogurt bar bisa jadi pilihan. Kreasi berbeda menggunakan yoghurt, buah-buahan segar atau kering, kacang-kacangan, granola, dan bahan-bahan lainnya. Mencampur semua bahan-bahan dan sajikan dalam wadah, atau kamu bisa tuang campuran ke cetakan lalu disimpan dalam freezer. Camilan berbuka yang praktis, mudah dibuat, dan sehat untuk dinikmati.


    (Baca Juga: Bisa Bikin Awet Muda, Ketahui 6 Manfaat Chia Seeds)


    Itu dia berbagai jenis yoghurt yang bisa sehatkanmu selagi jalan ibadah puasa. Jika kamu masih ingin coba-coba untuk menemukan jenis yoghurt yang cocok dikonsumsi selama ibadah, Heavenly Blush bisa jadi pilihanmu dengan sistem 3R Healthy Gut System yaitu Reduce, Rebalance, dan Remove yang bisa jadi pilihanmu untuk temukan semua ragam jenisnya. 

    Mungkin setelah berbuka, kamu membuang alias remove sampah di perutmu dengan meminum Tummy Yogurt yang tinggi serat agar pencernaan tetap lancar di bulan puasa.

    Saat sahur, bisa menyeimbangkan nutrisi harian alias rebalance dengan menikmati Yoguruto yang rendah gula dan tinggi kalsium supaya bisa menjalani keseharian dengan kondisi tubuh yang prima.

    Hingga akhirnya, saat berbuka puasa tiba, jangan kejutkan perutmu dengan makan berlebihan. Kamu bisa mengurangi porsi makan berlebih alias reduce dengan Greek Yogurt yang tinggi protein sehingga kamu akan merasa kenyang sebelum menikmati makan malam.

    Nah, kira-kira mana yang tertarik kamu coba?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below