Ini Dia Menu Berbuka Puasa Yang Sehat


  • Ini Dia Menu Berbuka Puasa Yang Sehat
    (Menu berbuka puasa yang sehat. Foto: Dok.ugurhan/iStock)

    Berbuka puasa menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim saat bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, di waktu tersebut kita sudah diperbolehkan makan dan minum. Momen tersebut menjadi sesuatu yang penting, dengan begitu banyak orang yang akhirnya secara khusus menyiapkan beragam menu untuk buka puasa.

    Dalam hal ini, konsumsi menu berbuk puasa yang sehat sangatlah dianjurkan. Sebab, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi setelah seharian berpuasa. Lalu, apa saja menu berbuka puasa yang sehat dan nikmat? Berikut ini ulasannya. 

    1. Kurma

    Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

    (Kurma bisa jadi  menu berbuka puasa yang sehat. Foto: Dok.barmalini/iStock)

    Buah yang satu ini menjadi santapan yang wajib ada saat berbuka puasa karena merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW.



    Kurma merupakan buah yang mempunyai kadar gula alami, sehingga ketika mengonsumsinya akan mengembalikan tenaga yang hilang. Tak hanya itu saja, buah asal Timur Tengah ini juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Sehingga mengonsumsi kurma saat berbuka puasa adalah pilihan yang sehat.  

    2. Sup


    Makanan berkuah seperti sup dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu berbuka puasa. Tak hanya memiliki kandungan cairan, sayur yang ada pada sup juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet)


    3. Pecel

    Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

    (Berasal dari perpaduan sayur membuat pecel jadi menu buka puasa yang sehat. Foto: Dok.ferlistockphoto/iStock)


    Sering disebut pecel atau lotek, makanan yang satu ini menjadi menu berbuka puasa yang sehat. Sebab, sajian ini merupakan perpaduan dari berbagai sayuran rebus seperti kangkung, tauge, kacang panjang dan labu siam yang berpadu dengan bumbu pecel. Cara membuatnya pun mudah dan bahan yang dibutuhkan juga ada di rumah. Jadi makanan ini merupakan menu berbuka puasa yang sehat dan juga murah, lho!


    4. Kolak pisang tanpa santan 


    Kurang afdol rasanya jika berbuka puasa tidak dengan kolak. Bagi kamu yang inin tetap menyantap kolak namun dengan sajian yang sehat, mungkin bisa mencoba cara yang satu ini. Sebab, kamu hanya perlu  mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan. Alih-alih menggunakan santan sebagai bahan kuah kolak, coba gantilah dengan susu. 


    Pilihlah susu skim yang kandungan lemaknya lebih rendah. Kamu juga bisa mengganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat menu takjil buka puasa ini terasa manis, tetapi akan tetap aman jika kamu mengontrol kadar gula darah pada tubuhmu.


    5. Es buah


    Menu buka puasa sehat yang satu ini hampir tidak pernah absen pada waktu buka puasa.

    Biasanya, es buah mengandung gula pasir, berbagai jenis sirup, dan krim kental manis. Hal ini membuat kandungan gulanya menjadi sangat tinggi. Namun, kamu bisa membuat menu buka puasa ini menjadi lebih sehat.

    Hanya dengan mengurangi gula pada menu ini, maka sajian pun akan lebih sehat. Kamu bisa menggant gula dengan membuat kuah dari campuran air, perasan lemon, dan madu. Selain itu, kamu juga bisa membuat kuahnya dari jus buah kaya air, seperti semangka.

    Lengkapi makanan berbuka puasa yang sehat ini dengan aneka ragam buah-buahan. Hal ini lebih menyehatkan karena kamu mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari setiap jenis buah.


    (Baca Juga: Tips Memilih Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat)


    6. Salad sayur


    Salad sayur terdiri dari berbagai macam sayuran segar yang dapat disesuaikan dengan selera. Makanan ini bisa menjadi menu buka puasa sehat, murah dan bergizi.

    Untuk sausnya, siapkan mayonnaise dan keju parut. Cuci dan kukus semua sayuran kecuali selada hingga matang. Kemudian, campurkan semua dalam satu wadah dan masukan kedalam kulkas. Lalu, bahan saus dicampurkan dan tuangkan di atas sayuran setelah dikeluarkan dari kulkas.


    7. Smoothies buah

    Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

    (Campuran buah dengan yoghurt yang dingin dapat menghilangkan dahaga setelah berpuasa. Foto: Dok.Vitalina/iStock)


    Manis dari segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seetelah seharian berpuasa. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Bahkan, penggemar smoothies juga kerap bereksperimen dengan menambahkan sayuran.

    Bila kamu ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Tidak perlu tambahan gula karena buah yang Anda gunakan sudah memiliki rasa manis. Menu buka puasa sehat ini punya keunggulan dibandingkan jus biasa.

    Sudah memutuskan menu berbuka puasa yang sehat mana saja yang akan kamu pilih nanti? Jangan lupa untuk memilih bahan yang segar, ya!

    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below