Tips Memilih Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat


  • Tips Memilih Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat
    Inilah cara dalam memilih menu sahur dan berbuka puasa yang sehat agar kamu dapat menjalankan aktivitas dengan baik . (Foto: Dok. /unsplash)

    Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah, Tirta Prawira Sari, bahwa selama bulan suci Ramadan, penting bagi kamu untuk memilih asupan yang sehat agar kamu bisa berpuasa hingga beraktivitas seharian secara optimal.

    Perlu kamu ketahui, bahwa poin terpenting pada sahur dan berbuka puasa adalah memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi hingga kebutuhan energi total dalam sehari cukup untuk tubuh bergerak kurang lebih 12 jam lamanya. Lalu, rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat dengan 30 persen dari lemak dan 15 persen dari protein.

    Perlu kamu pastikan juga bahwa sumber karbohidrat harus berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana. Maka dari itu, kamu harus pintar dalam memilih menu sahur dan berbuka yang sehat agar kamu dapat berpuasa dengan kuat. Berikut tips memilih menu sahur dan berbuka puasa yang sehat, yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Hal-hal yang Membatalkan Puasa Selama Bulan Suci Ramadan)


    Kurangi Kadar Garam yang Tinggi

    Kamu perlu menghindari kadar garam yang tinggi untuk sahur dan berbuka puasa. (Dok. Unsplash)


    Perlu kamu ketahui, menu yang baik untuk sahur dan berbuka adalah tidak mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi. Hal ini dikarenakan akan membuat kamu lebih haus ketika berpuasa. Maka dari itu, kamu harus menghindari makanan dengan kadar garam yang tinggi seperti makanan cepat saji, keju cottage, oatmeal instan hingga kecap. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran dan buah segar hingga telur.


    (Baca Juga: Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi)


    Mengandung Protein yang Cukup

    Kandungan protein juga baik untuk kamu konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. (Dok. Unsplash)

    Menu sahur dan berbuka puasa lainnya yang perlu kamu konsumsi adalah makanan yang mengandung protein. Alasannya karena protein dapat mengenyangkan perut lebih lama. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti brokoli, alpukat hingga ikan tuna.


    Tidak Mengolah Makanan dengan Digoreng

    Jika kamu sering mengolah makanan dengan cara digoreng untuk sahur, kamu perlu berhati-hati karena akan menyebabkan kolesterol yang tinggi hingga sakit tenggorokan. Makanan seperti ayam dan ikan goreng dapat membuat kesehatanmu terganggu. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dapat direbus dengan baik seperti telur, hingga aneka sup untuk sahur dan berbuka puasa.


    Mengandung Serat yang Tinggi

    Saat berbuka puasa, kamu perlu memastikan makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup seperti buah-buahan. Hal ini dikarenakan kalori di dalamnya bisa mencegah daya tahan tubuhmu menurun. Kamu dapat berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma. Buah ini merupakan pilihan terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu berbuka puasa. Kamu dapat mencampurnya dengan oatmeal dan susu almond untuk dijadikan overnight oats.


    Hindari Gorengan

    Pilihlah makanan utama dengan tidak menggorengnya secara lama atau deep fried. Perlu kamu ketahui, bahwa tidak ada hal yang baik yang dikandung pada gorengan. Namun, jika kamu ingin sekali mengonsumsinya, maka kamu perlu membatasi sedikit mungkin saat sahur dan juga berbuka puasa. Kamu bisa menggunakan metode yang baik jika ingin mengonsumsinya dengan menggunakan airfryer, mengukus, memanggang atau menjadikannya sebagai sup.


    Memperbanyak Asupan Cairan

    Selama kamu melakukan ibadah puasa, tentunya dehidrasi akan melanda tubuhmu setelah kamu melakukan aktivitas yang berat. Kamu perlu memastikan kebutuhan cairanmu saat sahur dan berbuka puasa. Kamu bisa memenuhi cairan sekitar 750 ml dan sisanya dapat kamu penuhi saat berbuka hingga menjelang tidur.


    Nah, inilah tips memilih menu sahur dan berbuka puasa yang sehat agar kamu bisa terus menjalankan aktivitas seharian. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below