Begini Cara Mengukur Lingkar Dada Dengan Benar


  • Begini Cara Mengukur Lingkar Dada Dengan Benar
    (Cara mengukur lingkar dada. Foto: Dok.energyy/iStock)

    Siapa yang tidak suka jika diajak berbelanja pakaian? Memilih dan mencoba pakaian pasti akan membuat setiap orang bersemangat. Namun, salah satu hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli pakaian adalah ukuran dada. Apalagi ketika kamu hendak membeli pakaian secara online. Kamu tidak bisa hanya berpatokan pada ukuran tinggi badan atau ukuran standar baju S, M, L, dan XL saja.


    Kamu juga harus memerhatikan ukuran lingkar dada agar pakaian yang dibeli sesuai dengan ukuran tubuh. Untuk mengetahui ukuran lingkar dada, berikut terdapat beberapa cara mengukur lingkar dada yang benar dan bisa kamu coba. 




    1. Meteran Jahit 

    cara mengukur lingkar dada

    (Gunakan meteran jahit untuk mengukur lingkar dada. Foto: Dok.LuisPortugal/iStock)

    Cara mengukur lingkar dada yang pertama cukup mudah hanya dengan menggunakan meteran jahit. Jika kamu pernah membuat sebuah baju, pasti tidak asing dengan meteran jahit ini. Meteran ini biasanya tidak hanya digunakan untuk mengukur lingkar dada, tapi juga seluruh lekuk tubuh. 

    Caranya, kamu cukup minta tolong orang lain untuk mengikatkan pada bagian punggung dan lengan. Kemudian, jika kamu mempunyai lingkar dada 100 cm, maka sebaiknya tambahkan 3 sampai 4 cm lagi. Hal ini bertujuan agar nantinya baju tidak press body atau ketat, dan akan menjadi sedikit longgar sehingga nyaman digunakan. 


    2. Penggaris 

    Penggaris memang berfungsi untuk mengetahui segala jenis ukuran benda, namun menggunakan penggaris juga dapat membantu mengetahui lingkar dada. Caranya mudah dan tidak banyak membuang waktu, kamu tinggal posisikan penggaris di atas baju yang diletakan di atas permukaan datar, kemudian ukur mulai dari bagian ketiak hingga dada. Jangan lupa tandai dengan spidol pada bagian yang sudah kamu ukur, lalu angka hasil pengukuran tadi dikalikan 2 untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. 


    (Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengukur Cincin Sendiri di Rumah, Anti Ribet!)


    3. Tali Rafia

    cara mengukur lingkar dada

    (Sebagai alternatif, tali rafia juga bisa digunakan untuk mengukur lingkar dada. Foto: Dok.franny-anne/iStock)

    Tali rafia menjadi alternatif jika kamu sedang berada di luar rumah. Sebab, kamu hanya tinggal menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, kemudian lilitkan tali rafia di sekeliling dada. Jika ukuran lingkar dada di bawah 1 meter, berarti termasuk dalam ukuran S pria. Sedangkan jika lingkar dada dengan panjang 95 cm termasuk dalam ukuran M, lebih dari 100 cm masuk dalam ukuran L, dan begitu seterusnya. 

    Biasanya, ketika kamu membeli baju di toko, ada keterangan yang menunjukkan lingkar dada maksimal 100 cm. Hal itu menunjukkan bahwa lingkar dada bisa lebar lagi mencapai 100 cm. 


    4. Jengkal Jari

    Selain dengan tali rafia, kamu juga dapat mengukur lingkar dada dengan jari. Pasalnya, satu jengkal jari manusia setara dengan 2 cm. Untuk memastikannya, kamu dapat mengukur panjang jengkalmu di atas penggaris. Lalu, letakkan jengkal jari di atas punggung. Hitung lingkar dada dari punggung ke arah dada depan. Setelah itu, kamu sudah mendapatkan ukuran lingkar dadamu. 


    (Baca Juga: Cara Memilih Baju Renang Sesuai Bentuk Badan)


    5. Benang 

    cara mengukur lingkar dada

    (Manfaatkan benang untuk mengukur lingkar dada. Foto: Dok.angintaravichian/iStock)

    Kalau kamu tidak memiliki meteran pengukur khusus baju, kamu dapat memanfaatkan benda fleksibel seperti benang. Untuk mengukur dada bagian bawah, kamu hanya perlu lilitkan benang yang sudah diukur di bawah payudara tapi jangan sampai benang dililit terlalu longgar atau terlalu erat. Kemudian, tandai ukuran lingkar dada pada benang menggunakan spidol. Tambahkan ukuran tadi sebanyak 5 inci. Lalu, taruh benang di atas penggaris guna mengetahui ukuran lingkar dada. 


    6. Kertas

    Terkesan aneh, namun ternyata kamu juga bisa mengukur lingkar dada menggunakan kertas. Caranya,kamu harus pastikan terlebih dahulu ukuran panjangnya tetap dan tahu angka pastinya. Kemudian, kamu bisa mengukur mulai dari punggung ke bagian dada. Selain itu, kamu juga tidak perlu menambah lagi jumlah panjang lingkar dada karena panjang kertas sendiri tidak akan berubah. 

    Ukuran uang 50 ribu, mempunyai panjang 149 mm dan lebar 65 mm. Sementara ukuran uang 100 ribu, panjang 151 mm, lebar 65 mm dapat kamu perkirakan sendiri dalam menghitungnya. 


    Itu dia beberapa cara mengukur lingkar dada dengan mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Semoga bermanfaat, ya!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below