6 Cara Mudah Mengukur Cincin Sendiri di Rumah, Anti Ribet!


  • 6 Cara Mudah Mengukur Cincin Sendiri di Rumah, Anti Ribet!
    Cara mengukur cincin sendiri di rumah dengan mudah. (Foto: Dok. TranStudios Photography & Video/Pexels)

    Jika kamu sedang berbelanja untuk sahabat atau salah satu keluargamu, cara terbaik untuk mengetahui ukuran cincinnya adalah dengan bertanya padanya langsung tanpa terlihat mencurigakan. Jika kamu sedang berencana membelikan kekasihmu cincin untuk melamar atau sekadar kado ulang tahun, kamu bisa mencari tahu ukuran cincin dari sahabat dekat dan keluarga mereka. Pada umumnya, ukuran cincin rata-rata yang tersedia untuk wanita berkisar dari ukuran 3 sampai 9.

    Meski tidak dapat dipastikan seratus persen akurat, ukuran cincin standar ini dapat membantu kamu memilih cincin yang pas untuk orang terkasih. Mengetahui ukuran cincin dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.




    (Baca Juga : 9 Cincin Pernikahan Dengan Batu Safir)


    Salah satunya, menggunakan tali atau kertas untuk mengukur jari. Agar tidak salah dalam menentukan, berikut ini cara sederhana untuk mengukur cincin di rumah sebelum membelinya.


    1. Pita pengukur

    Cara mengukur cincin

    (Cara mengukur cincin yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah adalah memanfaatkan pita pengukur baju. Foto: Dok. Michael Burrows/Pexels)


    Cara mudah dan dapat dijangkau untuk mengetahui ukuran cincin jarimu adalah memanfaatkan pita pengukur. Untuk menemukan ukuran cincin dengan pita pengukur, cukup lingkarkan pita di sekitar pangkal jarimu lalu catat dimana letak angka sesaat melakukan pengukuran.

    Adapun hal yang harus diingat saat melakukan pengukuran cincin ini. Sebab sebagian besar pita pengukur lunak menunjukan ukuran dalam satuan inci dan sentimeter, jadi kamu harus mengubah angka-angka ini milimeter untuk mendapatkan ukuran yang akurat.

    Selain itu, jangan menggunakan pita pengukur lunak yang terlalu lebar. Pasalnya, dapat menyebabkan pengukuran yang tidak akurat, karena pita tidak terpasang dengan benar ke lingkar jarimu.


    2. Kertas 

    cara mengukur cincin

    (Manfaatkan kertas biasa untuk mengukur cincin sendiri di rumah. Foto: Dok. Courtney Glassey/Pexels)


    Opsi paling umum yang digunakan oleh mereka yang ingin ukuran cincinnya cepat adalah dengan menggunakan penggaris biasa dan selembar kertas yang dililitkan di jari. Bentuk pengukuran ini jelas tidak terlalu akurat dan ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan

    Meskipun begitu, metode mengukur cincin menggunakan kertas dianggap tidak ribet dan mudah dipraktekan sendiri di rumah. Caranya, potong bagian pinggir secarik kertas dengan ukuran tidak terlalu lebar, balutkan potongan kertas di sekitar pangkal jarimu, lalu beri tanda pada kertas jika ukuran cincin sudah terasa pas.

    Harap diingat sekali lagi untuk tidak melilitkan tali atau kertas terlalu erat pada jarimu, jika tidak ingin mengalami masalah saat pemasangan cincin. Disamping itu, beri sedikit ruang pada jarimu agar cincin tidak terlalu sesak. Sebab jika cincin dibuat terlalu sempit, maka jarimu akan membengkak.


    3. Kertas khusus pengukur cincin


    Jika kamu tipe orang yang tidak ingin repot, kamu bisa mengukur jari dengan cara menggunakan kertas khusus pengukur cincin. Bisa dibeli di toko online, kertas khusus pengukur cincin ini cukup dikaitkan ke ujung kertas pengukurnya yang sudah dilubangi lalu lalu tarik kertas pengukur secara perlahan agar tidak robek, hingga melingkar pas di jari.

    Setelah dirasa sudah pas, lihatlah nomor ukuran jarimu lalu catat dan tinggal pesan cincin pilihan terbaikmu di toko perhiasan terdekat.


    (Baca Juga : Tips Memilih Material Cincin Pernikahan)


    4. Penggaris


    Hanya memanfaatkan penggaris panjang biasa dan cincin lama yang masih muat, kamu bisa mengukurnya dengan teliti lalu catat hasil pengukuran di memo ponsel. Jika pengukuran sudah pasti, bawa hasil angka tersebut ke toko perhiasan kepercayaanmu.


    5. Ring Sizer

    Cara mengukur cincin

    (Dengan membeli ring sizer sendiri di toko online, kamu sudah bisa mengukur cincin secara mandiri di rumah. Foto: Dok. Jordan Rushton/Pexels)


    Salah satu cara yang dianggap akurat dari cara lain untuk mengukur cincin sendiri di rumah adalah dengan ring sizer. Biasanya toko perhiasan profesional menyediakan ring sizer mereka sebelum membuat pesanan dari klien.

    Namun tak jarang ada beberapa toko perhiasaan yang tidak memiliki ring sizer. Supaya lebih memudahkan pembuatan cincin, cobalah untuk membeli sendiri ring sizer di toko online dan setelah kamu bisa melakukan pengukuran mandiri di rumah.


    6. Printable ring sizer


    Mengandalkan kuota internet dan jaringan yang stabil untuk mengunduh printable ring sizer, dengan ini kamu sudah bisa mengukur sendiri ukuran cincinmu di rumah. Untuk mendapatkan ukuran yang akurat, kamu tinggal letakan salah satu koleksi cincinmu di atas gambar ring sizer yang dianggap sesuai dengan ukuran cincinmu.


    (Baca Juga : Inspirasi Cincin Warna Rose Gold)


    Melakukannya tidak membuang banyak waktu, inilah deretan cara mudah untuk mengukur cincin sendiri di rumah. Lakukan perhitungannya dengan teliti, tetap pastikan lagi ukuran cincin yang kamu ukur sendiri di toko perhiasaan kepercayaanmu ya. Selamat mencoba!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below