Ucapan Menyambut Ramadhan 1443 H


  • Ucapan Menyambut Ramadhan 1443 H
    (Ucapan menyambut ramadhan. Foto: Dok.Samlako/iStock)

    Bulan Ramadhan merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ramadhan 1443 H kali ini akan diperkirakan jatuh pada awal April. 


    Di bulan yang penuh berkah nanti, semua umat muslim mulai mempersiapkan berbagai keperluan menjelang Ramadhan. Ucapan menyambut Ramadhan 1443 H pun mulai dikirim kepada sanak saudara, sahabat, maupun rekan kerja. 




    ucapan menyambut ramadhan

    (Bulan Ramadhan identik dengan umat Muslim yang saling bermaafan. Foto: Dok.Heru Anggara/iStock)

    (Baca Juga: 4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa)


    Tak hanya itu, mengingat bahwa Ramadhan identik dengan saling bermaafan. Tak sedikit ucapan menyambut Ramadan yang tersemat kalimat permohonan maaf, bahkan doa yang dipanjatkan. Berharap bisa menikmati bulan suci Ramadhan bersama secara maksimal. 


    Berikut ini beberapa ucapan menyambut Ramadhan 1443 H yang bisa disampaikan kepada orang terdekat: 


    1. "Marhaban ya Ramadhan. Mari kita sambut bulan Ramadhan yang mulia dengan suka cita dengan mengharap rahmat dan ampunan dari Allah SWT."


    2. "Bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim akhirnya datang. Saatnya perkuat ibadah dan lakukan banyak kebaikan dibulan yang penuh berkah."


    3. "Ramadhan Kareem. Semoga Ramadhan 2022 akan menjadi bulan yang diselimuti kebaikan."


    4. "Selamat menunaikan ibadah puasa. Jadikan momentum Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita senantiasa mendapatkan kesehatan, keselamatan, dan keberkahan dari Allah."


    5. "Selamat menyambut bulan suci. Pastikan semangat Ramadhan tetap ada di hati dan selalu menyala dalam jiwamu setiap saat. Ramadhan mubarak!"


    6. "Terima kasih Ya Allah sudah memberikan kami kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci Ramadhan 1443 H. Semoga di bulan suci ini kita semua dapat menjalaninya dengan ikhlas dan berkah." 


    7. "Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, yang tengahnya adalah ampunan, dan yang ujungnya adalah kebebasan dari api. Semoga berkah Ramadhan senantiasa mengiringi kamu."


    Jika kamu perhatikan, ucapan menyambut Ramadhan umumnya disampaikan dengan berbagai pesan yang khas. Misalnya, "Marhaban ya Ramadhan", "Ramadhan kareem" atau "Ramadhan mubarak". Menurut Muhammad Quraish Shihab yang merupakan seorang cendekiawan muslim, ucapan "Marhaban ya Ramadhan" memiliki arti "Selamat datang Ramadhan."


    Ucapan tersebut menunjukkan rasa kegembiraan tuan rumah dalam menyambut 'tamu agung', yaitu bulan Ramadhan. 


    ucapan menyambut ramadhan

    (Kebahagiaan umat Muslim menyambut Ramadhan. Foto: Dok.Rifka Hayati/iStock)

    Sedangkan, ucapan "Ramadhan kareem" dalam bahasa Arab memiliki arti "Ramadan yang murah hati." Selain itu, Al Karim juga merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna (nama Allah) yang mencerminkan keagungan Allah SWT. 


    Dengan begitu,  Al-Karim mempunyai makna sebagai zat yang sangat banyak memiliki kebaikan, Maha Pemurah, Pemberi Nikmat dan keutamaan, baik saat diminta atau pun tidak. Maka bila seseorang mengucapkan kata tersebut maknanya adalah “Ramadhan yang bermurah hati.” Sementara itu, ucapan "Ramadhan mubarak" memiliki arti "Ramadhan yang diberkati" atau "Ramadhan yang bahagia."


    (Baca Juga: Tips Jalani Puasa Ramadan Di Tengah Pandemi Covid19)


    Kementerian Agama (Kemenag) akan segera melaksanakan sidang isbat untuk penetapan awal Ramadhan 2022, yakni tanggal 1 April 2022. Sidang isbat akan digelar secara hybrid mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Namun, kurang lebih bulan Ramadhan akan tiba di pada Sabtu, 2 April 2022 mendatang. 


    Beberapa pihak akan terlibat dalam sidang isbat nanti, diantaranya Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Selain itu ada juga perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan); Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.


    Ucapan menyambut Ramadhan tersebut bisa kamu pilih dan kirim kepada orang terdekat agar menunjukkan bentuk toleransi antar umat Muslim dan juga sebagai bagian dari euforia menjelang bulan Ramadhan. Selamat menyambut Ramadhan yang penuh berkah!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below