UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna


  • UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna
    UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna (Foto : Dok.UNIQLO)

    Uniqlo kembali lagi berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang kerap disapa dengan Bai Populo dalam ‘Batik Motif Collection Spring/Summer 2022’ yang akan dirilis pada tanggal 4 April mendatang. Kolaborasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia melalui perpaduan koleksi LifeWear yang nyaman dan berkualitas dengan desain motif batik eksklusif yang dapat dikenakan sehari-hari.

    Launching event Uniqlo berlokasi di Skye Bar & Restaurant pada Rabu (30/03), berkesempatan mengenalkan produk koleksi batik dengan berbincang bersama Daniel Pieter (Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia) dan sang desainer, Bai Soemarlono.




    uniqlo


    (UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna. Foto : Dok.UNIQLO)


    (Baca Juga : Musim Panas Finlandia Di Koleksi Uniqlo X Marimekko Terbaru)


    Pada kolaborasi ini, Bai Soemarlono mengajak semua konsumen atau penggiat mode untuk tidak hanya memandang batik dengan keindahan visualnya saja, namun dapat memaknai motif- motif sederhana yang sarat penuh makna. Pesan yang diangkat pada koleksi ini yaitu krisis iklim dan dampak pandemi, dengan menyampaikan pesan untuk mendorong adanya upaya menjaga alam.


    Oleh karena itu, Bai merancang dengan gagasan mengikuti filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. ‘Bersama UNIQLO, kami membuat desain dalam skala lebih kecil dengan menggunakan warna monokromatik sederhana untuk menekankan gagasan agar hidup selaras dengan ekosistem.’ ujar Bai Soemarlono.


    UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo terdiri dari sembilan produk koleksi batik diantaranya kemeja pria dengan enam motif dan enam warna, serta satu motif blus wanita dengan tiga pilihan warna yang keseluruhan motifnya memilki makna dan cerita berbeda satu sama lain.


    Ketujuh motif yang diluncurkan oleh UNIQLO, antara lain Sido Mukti, Tirto Tedjo, Grinding, Cakar Ayam, Air Terkurung, Bintang, dan Gunung. ‘Jika koleksi tahun lalu, saya ingin memotivasi setiap orang untuk bertahan menghadapi segala perubahan dan tantangan selama pandemi, namun tahun 2022 ini saya melihat ada dua tantangan besar yaitu selain masih berjuang menghadapi pandemi dan bagaimana kita menghadapi krisis iklim atau global warming,’ Tutur Bai melalui panggilan video dalam konferensi pers.



    (UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna. Foto : Dok.UNIQLO)


    Bai juga menjelaskan arti dari serangkaian motif yang dia rancang, seperti air terkurung. Air terkurung dibuat dengan membentuk pola kotak-kotak, walau secara alami air tidak mungkin terkurung, ia akan terus mengalir. Motif ini bermakna bahwa kita tidak boleh mengatur alam, tetapi hanya bisa mengambil bagian kita dalam ekosistem.


    Salah satu motif yang pas dalam menyambut bulan Ramadhan adalah motif bintang yang juga dalam hal ini dimaknai spiritualisasi dari iman, harapan, dan kejelasan. Motif bintang menggambarkan awal baru yang mengacu pada perubahan iklim kala pandemi.


    (Baca Juga : Daniel Mananta Brand Ambassador Pertama Uniqlo Indonesia)


    uniqlo
    (UNIQLO - Bai Populo dalam Koleksi Motif Batik Penuh Makna. Foto : Dok.UNIQLO)


    Acara peluncuran koleksi UNIQLO terbaru turut dimeriahkan oleh sejumlah influencer dan pelaku industri hiburan seperti Hannah Al-Rashid, Andien, Ricky Harun, Tantri Namirah, Indy Barends, dan lain sebagainya. Seluruh pelanggan UNIQLO Indonesia dapat mendapatkan UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Soemarlono mulai 4 April 2022 mendatang di website dan aplikasi UNIQLO.COM serta seluruh gerai UNIQLO di seluruh Indonesia.


    (Penulis : Fathya Jeehan)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below